Sukses

10 Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan, Redakan Stres Hingga Tidur Lebih Nyaman

Manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan di antaranya membuat tubuh lebih rileks hingga baik untuk jantung.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat mendengarkan musik bisa berpengaruh terhadap kesehatan kamu. Hal ini tentunya sangat menguntungkan, karena mendengarkan musik mungkin sudah menjadi kegiatan sehari-hari bagi sebagian orang, terutama anak muda. Jadi, musik bukan sekadar karya seni yang menghibur.

Musik dapat memberikan manfaat kesehatan pada jiwa dan raga manusia. Sebagai bahasa universal, musik bisa memberikan efek yang positif pada tubuh, baik secara fisik maupun mental. Musik secara tidak langsung bisa memengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang.

Manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan di antaranya membuat tubuh lebih rileks hingga baik untuk jantung. Dengan begitu banyaknya manfaat mendengarkan musik, tidak ada salahnya untuk melakukannya dengan teratur untuk menenangkan pikiran.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (24/10/2022) tentang manfaat mendengarkan musik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Mendengarkan Musik

Meredakan Stres

Manfaat mendengarkan musik yang pertama adalah dapat menurunkan tingkat stres. Hal ini karena mendengarkan musik dapat mengurangi pelepasan hormon kortisol atau hormon stres dalam tubuh. Bila kamu mendengarkan musik setiap sore hari atau ketika berangkat kerja, hal ini dapat membuat kondisi psikologis menjadi lebih baik.

Berdasarkan penelitian di University of Gothenburg, mendengarkan musik yang disukai setiap hari bisa menurunkan tingkat stres. Kamu akan lebih tenang dan stres yang mengganggu dapat berkurang setelah mendengarkan musik.

Meningkatkan Mood

Mendengarkan musik favorit akan membantu kamu untuk lebih tenang dan juga dapat membantu meningkatkan mood. Musik dapat mengalihkan energi kamu dari rasa marah untuk bahagia dengan bantuan genre yang berbeda. Cobalah mendengarkan musik yang membuat suasana hati kamu lebih nyaman. Manfaat mendengarkan musik dapat membantu kamu lebih tenang.

Tidak heran metode terapi ini banyak digunakan oleh Rumah Sakit. Musik juga dapat membantu kamu lebih relaks sehingga memberikan efek menenangkan. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Depression and Anxiety, terapi musik memiliki efek menenangkan yang sama dengan terapi pijatan. Peneliti menemukan bahwa partisipan yang melakukan terapi pijatan selama lebih dari 12 minggu memiliki tingkat stres yang sama dengan orang yang mendengarkan musik.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Kualitas tidur kamu juga bisa ditingkatkan dengan manfaat mendengarkan musik. Saat ini, elemen utama yang mengganggu tidur adalah stres dan kekhawatiran. Untuk itu, musik bisa membantu orang tidur lebih nyenyak dengan menenangkan sistem saraf otonom, yang menghasilkan pernapasan yang lebih lambat, detak jantung yang lebih rendah, dan tekanan darah yang lebih rendah. Musik lambat atau klasik lebih menenangkan dan bisa membantumu tertidur.

3 dari 4 halaman

Manfaat Mendengarkan Musik

Meningkatkan Kreativitas

Musik bahagia bisa meningkatkan kreativitas dengan memicu pelepasan dopamin, zat kimia otak yang berhubungan dengan kesenangan. Musik bahagia yang membangkitkan emosi yang kuat, khususnya, meningkatkan kreativitas. Manfaat mendengarkan musik ini meningkatkan jumlah ide secara spesifik. Musik harus memiliki dampak emosional yang kuat serta ketukan yang menarik.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Musik memiliki efek pada otak, dan kekhawatiran serta stres memiliki efek pada sistem kekebalan tubuh. Musik memiliki dampak langsung pada diagnostik dan kadar hormon karena efek emosional dan psikologisnya.

Manfaat mendengarkan musik bisa meningkatkan kemanjuran sistem kekebalan dengan meningkatkan pembentukan antibody immunoglobulin A dan sel pembunuh alami, yang menargetkan virus yang menyerang. Jadi, sistem kekebalan tubuh kamu pun akan meningkat.

Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat mendengarkan musik selanjutnya adalah menyehatkan jantung. Penelitian University Maryland Medical Center menemukan kaitan antara jantung yang sehat dan kebiasaan mendengarkan musik. Penelitian mengungkap bahwa orang yang mendengarkan musik ceria memiliki aliran darah yang lebih lancar hingga 26 persen. Namun jika mereka mendengarkan musik yang sedih, aliran darah akan menurun hingga enam persen.

4 dari 4 halaman

Manfaat Mendengarkan Musik

Memperkuat Daya Ingat

Berdasarkan penelitian dari Hong Kong, musik bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan otak anak-anak. Partisipan yang mengambil kelas musik diketahui memiliki nilai yang lebih baik dalam tes daya ingat dibandingkan partisipan yang tidak mendengarkan musik. Jadi, manfaat mendengarkan musik dapat memperkuat daya ingat.

Memengaruhi Gelombang Otak

Menurut sebuah penelitian medis, musik menghasilkan getaran suara yang bisa merangsang gelombang otak kamu. Hal ini tergantung dengan getaran pada musik. Kecepatannya akan mempengaruhi kewaspadaan kamu.

Bahkan, berdasarkan survei yang dilakukan pada tahun 2001, orang yang sering mendengarkan musik memiliki otak yang lebih tajam. Penelitian dari University of Kansas Medical Center menemukan bahwa orang yang terkait dengan musik, seperti belajar musik dan terbiasa mendengarkan musik memiliki otak yang lebih awet muda dibandingkan dengan orang yang tidak menyukai musik.

Melindungi Pendengaran

Manfaat mendengarkan musik selanjutnya adalah bisa melindungi pendengaran. Mungkin selama ini kamu mengetahui bahwa mendengarkan musik dengan volume keras dapat merusak pendengaran. Namun sebuah penelitian pada tahun 2001 yang dimuat dalam Washington Post mengungkap bahwa orang yang sering bermain musik selama hidup mereka memiliki kemampuan mendengar yang lebih baik.

Sama seperti ketika seseorang melatih otot mereka, begitu juga dengan pendengaran yang terlatih untuk mendengarkan musik. Namun tentu saja kamu harus berhati-hati. Jangan mendengarkan musik dalam volume keras, terutama ketika menggunakan headphone.

Meredakan Sakit

Selain itu, penelitian di University of Utah Pain Research Center mengungkap bahwa manfaat mendengarkan musik bisa membantu partisipan untuk menurunkan rasa sakit dan nyeri. Ini disebut dengan pengalihan, musik ditengarai bisa membuat partisipan melupakan rasa sakit fisik mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.