Sukses

10 Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda, Pahami Keuntungan dan Kerugian Pemakaiannya

Baking soda merupakan salah satu bahan populer untuk memutihkan gigi, salah satunya karena harganya yang murah dan mudah ditemukan.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki gigi sehat, bersih dan putih adalah impian semua orang. Tidak ada orang yang tidak ingin memiliki gigi yang sempurna seperti itu. Akan tetapi, untuk mendapatkannya juga memerlukan usaha dan beberapa di antaranya membutuhkan konsistensi.

Terdapat berbagai cara untuk memutihkan gigi. Mulai dari yang membutuhkan biaya besar hingga yang bisa dilakukan di rumah dengan biaya yang cukup murah. Cara memutihkan gigi dengan baking soda adalah salah satu contoh yang hemat biaya.

Baking soda atau yang juga dikenal dengan soda kue dan sodium bikarbonat merupakan bubuk putih halus yang memiliki banyak fungsi atau kegunaan dalam kehidupan rumah tangga. Mungkin manfaat soda kue yang paling dikenal adalah sebagai bahan pengembang pada kue atau roti.

Cara memutihkan gigi dengan baking soda merupakan salah satu bentuk manfaat baking soda yang paling populer selain untuk membuat kue mengembang. Meskipun dilansir dari Healthline soda kue tidak bisa melindungi dari gigi berlubang seefektif pasta gigi fluoride, soda kue tetap masih dianggap baik sebagai pembersih gigi.

Pasta gigi yang mengandung soda kue memiliki sifat antibakteri yang bisa membantu melindungi gigi dari pembusukan. Berikut Liputan6.com rangkum cara memutihkan gigi dengan baking soda dari berbagai sumber, Rabu (19/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda

1. Baking Soda dengan Air

Cara memutihkan gigi dengan baking soda yang pertama adalah mencampur baking soda dan air. Untuk menyikat gigi dengan cara ini, Anda membutuhkan baking soda, sikat gigi, mangkuk kecil dan air. Pertama, campurkan soa kue dan air di dalam mangkuk hingga menyerupai pasta. Setelah itu, Anda dapat menggunakan sikat gigi untuk menutupi  setiap gigi secara menyeluruh dengan pasta soda kue itu. Sikat gigi selama satu menit lalu bilas mulut hingga bersih.

2. Baking Soda dengan Garam

Anda dapat memadukan garam laut atau sea salt dengan baking soda untuk memutihkan gigi. Hal ini karena garam yang memiliki sifat antimikroba sehingga memungkinkan menghilangkan mikroba dan plak gigi bersama dengan soda kue. Campuran baking soda dan garam laut juga dapat membantu mengobati peradangan dan pembengkakan.Untuk membuat campurannya, Anda perlu mencampurkan setengah sendok teh soda kue dengan setengah sendok teh garam. Setelah itu, gosokkan pada seluruh bagin gigi dan biarkan selama dua hingga tiga menit sebelum dibilas.

3. Baking Soda dan Minyak Kelapa

Cara memutihkan gigi dengan baking soda selanjutnya adalah dengan mencampurnya dengan minyak kelapa. Minyak kelapa merupakan salah satu bahan alami yang efektif untuk memutihkan gigi. Minyak kelapa memiliki sifat anti mikroba yang dapat membantu menghempaskan mikroba dalam mulut Anda dan sifat anti plak.

Anda dapat mencampur satu sendok makan minyak kelapa dengan baking soda untuk menyikat gigi selama dua menit. Anda dapat melakukan cara ini dua hingga tiga kali dalam satu minggu. ‘

 

3 dari 6 halaman

Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda

4. Pasta Gigi yang Mengandung Soda Kue

Dilansir dari Healthline bahwa beberapa penelitian menyebutkan jika pasta gigi dengan soda kue akan lebih baik dalam menghilangkan plak daripada pasta gigi yang tidak mengandung soda kue. Jika Anda tidak mempunyai pasta gigi yang mengandung soda kue, maka Anda dapat mencoba mencampurnya dengan soda kue. Anda hanya perlu untuk mencampur setengah sendok teh baking soda dan satu sendok teh pasta gigi untuk menyikat gigi selama dua hingga tiga menit. Anda dapat menggunakan cara ini sebanyak dua kali dalam satu minggu selama satu bulan.

5. Baking Soda dan Tea Tree Oil

Tea tree oil memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri yang dinilai dapat menjadi campuran baking soda yang bisa memutihkan gigi dan menjaga kesehatan gigi dengan efektif. Anda dapat mencampurkan satu sendok makan baking soda dengan dua hingga empat tetes tea tree oil dan digunakan untuk menggosok gigi sesekali.

6. Baking Soda dan Minyak Peppermint

Cara kerja minyak peppermint tidak jauh berbeda dengan minyak esensial sejenisnya, yaitu tea tree oil.Cara memutihkan gigi dengan baking soda dan minyak peppermint pun cukup mudah. Anda bisa mencampurkan dua sampai empat tetes minyak peppermint dengan satu sendok makan baking soda lalu gunakan untuk menyikat gigi.

7. Baking Soda dan Lidah Buaya

Cara memutihkan gigi dengan baking soda, lidah buaya dan gliserin nabati juga bisa Anda coba. Anda dapat mencampurkan masing-masing bahan dalam jumlah sedikit dengan perbandingan yang sama untuk dicampur menjadi pasta dan menggunakannya untuk menggosok gigi selama beberapa menit. Bilas mulut dengan air biasa hingga bersih setelah menyikat gigi dengan campuran baking soda, lidah buaya dan gliserin nabati ini.

4 dari 6 halaman

Cara Memutihkan Gigi dengan Soda Kue

8. Baking Soda dan Strawberry

Strawberry menjadi bahan selanjutnya yang dapat bergabung dalam cara memutihkan gigi dengan baking soda. Strawberry juga memiliki sifat untuk memutihkan gigi. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mencampur satu buah strawberry yang telah dihaluskan dengan soda kue dan gunakan campuran tersebut untuk menyikat gigi selama dua menit.

9. Baking Soda dengan Hidrogen Peroksida

Cara memutihkan gigi dengan baking soda dan hidrogen peroksida juga menjadi campuran yang terkenal untuk memutihkan gigi. Hidrogen peroksida merupakan pemutih ringan untuk membantu memutihkan gigi yang bernoda. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda dapat menyikat gigi dengan satu sendok makan baking soda dengan dua sendok makan hidrogen peroksida 3% selama satu hingga dua menit sebanyak dua kali dalam sehari selama seminggu.

Anda hanya disarankan melakukan ini sesekali karena meskipun dianggap efektif memutihkan gigi, campuran baking soda dan hidrogen peroksida juga cukup kontroversial. Hidrogen peroksida dapat meningkatkan sensitivitas gigi sehingga tidak disarankan digunakan dalam jangka waktu panjang dan perlu berhati-hati dalam penggunaannya. Ini juga dapat merusak gigi layaknya campuran gigi dengan bahan korosif lainnya, seperti cuka atau asam sitrat.

10. Baking Soda dengan Cuka Putih

Sebelum anda mencelupkan sikat gigi atau kuas Anda ke dalam soda kue, Anda dapat membasahinya terlebih dahulu dengan cuka putih yang sudah dicampur dengan garam. Cara memutihkan gigi dengan baking soda ini juga bukan ide yang baik meskipun cuka mampu meningkatkan kekuatan pemutihan dari baking soda karena kemungkinan efek sampingnya yang dapat merusak gigi.

 

5 dari 6 halaman

Keuntungan Penggunaan Soda Kue pada Gigi

Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa keuntungan penggunaan baking soda pada gigi :

1. Memutihkan Gigi

Sifat abrasif ringan dari soda kue membuatnya menjadi pembersih noda dan pemutih gigi yang ideal.

2. Mengurangi Plak dan Radang Gusi

Selain memutihkan gigi, soda kue juga dapat menganggu biofilm atau koloni bakteri yang menempel pada permukaan gigi. Biofilm ini dapat menjadi sebab gusi radang dan gigi berlubang. Soda ampuh untuk menganggu biofilm tersebut, mengurangi jumlah bakteri dan membantu mencegah kerusakan pada gigi dan gusi.

3. Mengurangi Bakteri

Ketika Anda berkumur dengan baking soda dan air, pH di mulut Anda akan meningkat dan mengurangi keasamannya. Dengan demikian, soda kue sebagai pasta gigi akan memepersulit perkembangan bakteri penyebab gigi berlubang.

4. Opsi Bebas Fluoride

Toksisitas fluorida dapat muncul jika salah satunya digunakan terlalu banyak. Ini dapat menyebabkan muntah, rasa sakit, diare, ginjal dan bahkan masalah jantung. Oleh karena itu, banyak orang yang lebih senang menggunakan pasta gigi, termasuk yang mengandung soda kue yang bebas dari fluoride.

5. Harganya Murah

Sudah menjadi rahasia umum bahwa harga soda kue yang terjangkau membuatnya menjadi kegemaran banyak orang.

6 dari 6 halaman

Kerugian Menggunakan Baking Soda pada Gigi

Berikut kerugian penggunaan baking soda pada gigi :

1. Rasanya Tidak Menarik

Jika menggunakan soda kue pada mulut Anda, maka Anda akan merasakan sensasi memiliki pasir di dalam mulut Anda. Hal ini tentu bukan sesuatu yang enak atau nyaman. Untuk mengurangi atau menghindari rasa tidak nyaman ini, Anda dapat menggunakan pasta gigi yang mengandung baking soda atau menambahkan beberapa tetes minyak peppermint pada baking sod.

2. Kemampuan Pemutihan yang Kurang

American Dental Association (ADA) menyebut jika soda kue aman untuk enamel dan dentin, tetapi beberapa peneliti memberikan rating atau peringkat rendah pada soda kue sebagai pemutih gigi karena mungkin tidak seefektif menghilangkan noda dibandingkan produk lain.

3. Kekurangan Fluoride

Meskipun penggunaan flouride dalam jumlah besar berisiko, tetapi pasta gigi yang disetujui oleh ADA untuk mencegah gigi berlubang adalah yang mengandung flouride. Menggunakan soda kue sebagai satu-satunya pasta gigi mungkin tidak memberikan floruride secara topikal meskipun flouride sebenarnya ada di tulang dan gigi kita. Akan tetapi, flouride tambahan diperlukan unntuk memberikan perlindungan yang lebih maksimal.

Nah, demikian berbagai cara untuk memutihkan gigi dengan baking soda. Meskipun banyak caranya, mungkin beberapa campuran baking soda, termasuk cuka, lemon, strawberry atau asam lainnya dan hidrogen peroksida kurang disarankan apalagi jika digunakan secara terus menerus.

 

Reporter magang: Friska Nur Cahyani

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.