Sukses

8 Wisata Tretes di Pasuruan Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

Rekomendasi wisata Tretes di Pasuruan.

Liputan6.com, Jakarta - Tretes adalah nama sebuah desa di kawasan lereng Gunung Welirang. Lokasi wisata Tretes, tepatnya berada di sebuah desa di kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Potensi alam di wisata Tretes Pasuruan ini tidak perlu dipertanyakan lagi pesonanya.

Wisata Tretes di Pasuruan Jawa Timur yang wajib dikunjungi adalah coban atau air terjunnya yang konon masih perawan. Berbagai binatang hutan masih bisa ditemukan di kawasan air terjun wisata Tretes.

Apa lagi yang paling istimewa dari wisata Tretes di Pasuruan Jawa Timur? Selain menyejukkan, di sini wisatawan bisa menikmati pemandangan hutan pinus, akasia, kaliandra, mahoni atau vegetasi hutan heterogen. Kota Seribu Villa ini pun cocok sekali untuk berlibur bersama keluarga.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam delapan wisata Tretes di Pasuruan Jawa Timur yang wajib dikunjungi, Jumat (16/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wisata Tretes di Pasuruan Jawa Timur

Jangan lewatkan potensi wisata alam di kawasan Tretes Pasuruan ini. Melansir dari situs website resmi Kabupaten Pasuruan, wisata Tretes memiliki potensi wisata alam yang luar biasa indah. Berikut pesonanya:

1. Kawasan yang Menyejukkan

Kawasan wisata Tretes di Pasuruan Jawa Timur, dikenal memiliki suasana yang menyejukkan. Tak heran, sejak dulu di wisata Tretes sudah dibangun villa-villa. Selain menyejukkan, di sini wisatawan bisa menikmati pemandangan hutan pinus, akasia, kaliandra, mahoni atau vegetasi hutan heterogen.

2. Memiliki Sebutan Kota Seribu Villa

Kawasan wisata Tretes di Pasuruan Jawa Timur ini dulunya tempat peristirahatan para petinggi jaman kolonial Belanda. Kini, pembangunan villa semakin banyak. Memiliki sebutan Kota Seribu Villa, kini kawasan Tretes sudah satu kompleks dengan fasilitas seperti play ground dan kolam renang.

3. Wisata Tretes di Malam Hari

Di malam hari, kawasan wisata Tretes di Pasuruan Jawa Timur menyuguhkan banyak lokasi wisata kuliner. Wisatawan bisa berjalan-jalan menikmati berbagai macam kuliner yang dijajakan di pinggir jalan. Mulai dari sate kelinci, jagung bakar,dan menu kuliner khas Kabupaten Pasuruan lainnya.

4. Wisata Sejarah

Kawasan wisata Tretes di Pasuruan Jawa Timur tidak hanya memiliki potensi wisata alam yang memesona. Wisatawan bisa sekaligus belajar sejarah dengan banyaknya bangunan-bangunan khas peninggalan Belanda. Villa peninggalan Belanda di wisata Tretes, disebut sebagai Lodji.

Ini bangunan kuno dengan arsitektur unik, rumah dengan cerobong asap di bagian tengah dan atapnya sangat curam. Bahannya terbuat dari kayu dan dicat dengan warna merah dan hitam. Bagian ini berfungsi untuk menyerap panas dan menjaga kehangatan di dalam rumah.

Uniknya lagi dari bangunan kuno di kawasan wisata Tretes di Pasuruan Jawa Timur, berpondasi batu kali, berdinding batu setinggi kurang lebih setengah sampai satu meter dengan bentuk atap yang memiliki kemiringan sangat tajam dengan dinding berbahan kayu.

3 dari 3 halaman

Wisata Tretes di Pasuruan Jawa Timur Selanjutnya

Apalagi yang paling istimewa dan unik dari potensi wisata Tretes di Pasuruan Jawa Timur ini? Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, kawasan wisata Tretes ini memiliki banyak air terjun yang indah, berikut ulasannya:

5. Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo sekitar 60 km dari pusat Kota Surabaya. Bisa ditempuh 1 jam perjalanan darat. Mengingat lokasinya yang berada di lereng gunung Arjuno, pemandangan sepanjang perjalanan didominasi oleh hamparan tumbuhan hijau.

Dari pintu gerbang menuju lokasi air terjun, para pengunjung harus berjalan kaki menanjak sekitar 2 km, atau setara dengan 1 jam perjalanan. Wisatawan tak perlu khawatir dengan track yang becek dan licin, pengelola telah membuat akses jalan bagus, sehingga mudah dilewati oleh semua pengunjung dari berbagai kalangan usia.

Di sepanjang perjalanan menuju wisata Tretes ini mata pengunjung akan dimanjakan dengan hijaunya pegunungan. Curug Kakek Bodo sendiri memiliki ketinggian pancur mencapai 40 meter dan airnya bersumber dari aliran Sungai Kaligetik. Konon, curug ini dulunya adalah tempat pertapaan seorang kakek yang disebut kakek Bodo.

6. Air Terjun Alap-Alap

Air Terjun Alap-alap adalah potensi wisata Tretes yang berada tak jauh dari Air Terjun Kakek Bodo, tepat berada di atasnya. Air Terjun Alap-Alap mempunyai tinggi sekitar 40 meter dan mempunyai tiga tingkatan. Medan menuju wisata Tretes ini cukup curam sehingga tak banyak orang yang menjangkaunya. Namun, keindahan yang disajikan air terjun ini tak dapat diragukan lagi.

7. Air Terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno adalah wisata Tretes yang berada di Jl. Putuk Truno, Prigen, Pasuruan. Air terjun ini dikenal dengan legenda kisah cinta tak direstui Pangeran Joko Taruno dan Putri Sri Gading Lestari, yang hidup pada era kejayaan Kerajaan Majapahit.

Konon wisata Tretes ini tempat Putri Sri Gading Lestari diasingkan agar tidak bertemu lagi dengan sang pangeran. Namun, dengan kekuatan cinta, keduanya dapat bersatu mengalahkan halangan yang melintang. Sampai sekarang, wisatawan percaya, jika berkunjung ke air terjun Putuk Truno, akan diberkahi cinta yang kekal abadi.

8. Air Terjun Kebo Glundung

Air Terjun Kebo Glundung adalah potensi wisata Tretes yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Lokasinya berada di areal hutan pinus Perhutani (Lingkungan Pesanggrahan, Prigen). Wisata Tretes ini bisa ditemukan di ketinggian 850 meter di atas permukaan air laut (dpl).

Kedalaman wisata Tretes ini sekitar 2 meter dan tinggi mencapai 151 meter. Ini termasuk air terjun atau coban tertinggi di Kabupaten Pasuruan. Jika dibanding dengan air terjun yang lain di Pasuruan, kawasan Coban Kebo Glundung masih mudah ditemukan binatang hutan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.