Sukses

7 Cara Mengobati Batuk Kering pada Anak, Aman dan Mudah Dilakukan

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi batuk kering anak, bisa diatasi dengan cara mengobati batuk kering pada anak, khususnya dengan pengobatan rumahan. Batuk kering pada anak membuat tenggorokannya terasa gatal dan mengganggu sekali. Ini kondisi batuk tanpa disertai lendir atau batuk non produktif.

Ada tujuh cara mengobati batuk kering pada anak yang bisa dicoba. Melansir dari Health Line, pada Sabtu (10/9/2022) cara mengobati batuk kering pada anak adalah dimulai dengan mencukupkan konsumsi air, menjaga kelembapan udara di sekitarnya, memanfaatkan udara dingin, hingga menggunakan minyak esensial.

Jika cara mengobati batuk kering pada anak di rumah ini tidak membuat kondisinya membaik, jangan ragu membawanya ke dokter. Dokter pasti akan memberikan beberapa resep obat dan hal-hal yang bisa menunjang kesembuhan anak.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang cara mengobati batuk kering pada anak di rumah yang aman, Sabtu (10/9/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Cara Mengobati Batuk Kering pada Anak dan Penjelasannya

1. Mencukupkan Konsumsi Air

Cara mengobati batuk kering pada anak adalah mencukupkan konsumsi air padanya. Mengonsumsi lebih banyak air saat batuk, akan menjadikan anak tetap terhidrasi.

Air membantu tubuh melawan penyakit dan menjaga saluran udara tetap lembab dan kuat, terutama pada anak yang mengalami batu kering. cara mengobati batuk kering pada anak ini, paling tidak tawarkan air dengan bebas (setidaknya setiap satu atau dua jam), tetapi jangan memaksa mereka untuk meminumnya.

Selain air yang cukup, cara mengobati batuk kering pada anak bisa dengan menawarkan es loli untuk menambah cairan dan meredakan sakit tenggorokan. Cobalah cara mengobati batuk kering pada anak ini.

2. Memberinya Madu

Cara mengobati batuk kering pada anak adalah memberinya madu. Ini pemanis alami yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan, terutama ketika anak mengalami batuk kering.

Madu memiliki sifat antibakteri dan dapat membantu melawan infeksi. Catatan penting! Cara mengobati batuk kering pada anak dengan madu tidak aman bagi mereka yang masih berusia di bawah satu tahun karena ada risiko botulisme.

Cara mengobati batuk kering pada anak, terutama yang balita di atas satu tahun, berikan sesendok madu sesering yang dia suka, tetapi perhatikan asupan gula yang menyertainya. Bisa pula mencampurkan madu ke dalam air hangat untuk memudahkan anak mengonsumsi madu.

3. Tinggikan Kepala Anak saat Tidur

Cara mengobati batuk kering pada anak adalah cobalah dengan meninggikan kepala anak saat tidur. Cara mengobati batuk kering pada anak ini bisa dilakukan dengan bantal yang nyaman baginya.

Pilihan lain, cara mengobati batuk kering pada anak bisa dengan bantal di boks atau tempat tidur untuk mengangkat kepala balita. Lakukan dengan mengangkat salah satu ujung kasur.

Cara mengobati batuk kering pada anak ini, letakkan handuk yang digulung di bawah kasur di ujung tempat kepala anak bersandar. Akan lebih aman jika bertanya kepada dokter anak sebelum mencoba ini.

3 dari 3 halaman

Cara Mengobati Batuk Kering pada Anak dan Penjelasannya

4. Pelembap Udara

Cara mengobati batuk kering pada anak adalah menjaga kelembapan udara di sekitar ruangan anak. Kelembapan udara akan menjaga saluran napas anak dari kekeringan dan mengendurkan lendir. Ini dapat meredakan batuk sekaligus hidung tersumbat.

Pilihlah pelembab udara dingin. Cara mengobati batuk kering pada anak ini lebih aman dan sama efektifnya dengan pelembab udara hangat. Jika memungkinkan, gunakan air murni atau suling untuk memperlambat penumpukan mineral.

Hidupkan pelembab udara sepanjang malam di kamar tempat anak tidur. Pada siang hari, cara mengobati batuk kering pada anak hidupkan di ruangan mana pun mereka akan menghabiskan waktu paling banyak.

5. Air Panas

Cara mengobati batuk kering pada anak adalah menggunakan air panas jika tidak memiliki pelembap udara. Cobalah memanfaatkan pancuran atau keran air panas dan menutup celah di bawah pintu kamar mandi dengan handuk. Duduklah di kamar mandi beruap untuk memberi anak kelegaan sementara.

6. Mengandalkan Udara Dingin

Cara mengobati batuk kering pada anak adalah mengandalkan udara dingin. Jika di luar dingin, manfaatkan kekuatan udara segar dan olahraga untuk meredakan gejala batuk pada anak.

Tetap jaga kehangatan tubuh anak untuk berjalan-jalan dalam cuaca dingin dan bawa beberapa menit di luar. Beberapa orang tua bahkan mencoba cara mengobati batuk kering pada anak, dengan membuka pintu freezer dan meletakkan balita di depannya selama beberapa menit.

7. Gunakan Minyak Esensial

Cara mengobati batuk kering pada anak adalah menggunakan atau memanfaatkan minyak esensial. Produk herbal ini semakin populer dan banyak yang efektif meredakan batuk atau nyeri otot saat dioleskan pada kulit atau disebarkan ke udara.

Sangat disarankan sebelum menerapkan cara mengobati batuk kering pada anak, bicarakan. Ini karena tidak semua minyak aman untuk balita dan dosisnya tidak diatur.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS