Sukses

9 Gajala Vertigo yang Sering Terjadi, Ketahui Pertolongan Pertamanya

Vertigo bukanlah sebuah penyakit, melainkan suatu gejala dari penyakit lain atau kondisi lain.

Liputan6.com, Jakarta Gejala vertigo yang umum terjadi adalah pusing yang berputar. Vertigo bukanlah sebuah penyakit, melainkan suatu gejala dari penyakit lain atau kondisi lain. Vertigo dapat terjadi pada siapapun, namun pengidap vertigo adalah kalangan orang lanjut usia (lansia).

Vertigo adalah kondisi yang bisa muncul sementara atau jangka panjang. Hal inilah yang membuat vertigo memiliki banyak penyebab. Melansir Medical News Today, penyebab vertigo bisa berasal dari gangguan telinga bagian dalam, otak, atau masalah saraf sensorik.

Gejala vertigo yang utama adalah sensasi seperti berputar yang biasanya dipicu oleh gerakan atau perubahan posisi kepala. Dengan mengetahui gejala vertigo, maka dapat dilakukan pertolongan yang tepat.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai gejala vertigo dan pertolongan pertamanya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Vertigo

Vertigo adalah sensasi pusing yang ditandai dengan seolah-olah ruangan atau lingkungan sekitar berputar-putar. Kondisi ini dapat terjadi beberapa menit hingga berjam-jam. Vertigo bukan sebuah penyakit, tetapi gejala dari kondisi yang mendasarinya. Banyak kondisi yang berbeda dapat menyebabkan vertigo. Vertigo biasanya membaik sendiri dalam banyak kasus tanpa pengobatan. Namun, jika vertigo terus datang atau mengganggu kehidupan sehari-hari, penting untuk memeriksakannya ke dokter. Vertigo sendiri memiliki jenis yang perlu anda ketahui, antara lain:

1. Vertigo perifer

Vertigo perifer adalah jenis vertigo yang paling umum terjadi. Kondisi ini terjadi sebagai akibat dari masalah di telinga bagian dalam, atau saraf vestibular yang mengontrol keseimbangan.

2. Vertigo sentral

Vertigo sentral terjadi sebagai akibat dari masalah di otak. Ini dapat disebabkan oleh berbagai kondisi yang berbeda, termasuk:

a. Pukulan

b. Tumor otak

c. Migrain

d. Cedera otak traumatis

e. Infeksi

f. Sklerosis ganda

3 dari 5 halaman

Gejala Vertigo

Gejala vertigo yang umum terjadi yaitu pusing berputar-putar. Sehingga membuat ruangan atau lingkungan di sekitar menjadi bergerak. Mengutip dari Health Line, terdapat beberapa gejala vertigo adalah sebagai berikut:

1. Gejala vertigo adalah peningkatan keringat pada tubuh.

2. Gejala vertigo adalah merasa mual

3. Gejala vertigo adalah muntah

4. Gejala vertigo adalah sakit kepala

5. Gejala vertigo adalah dering atau berdengung di telinga Anda

6. Gejala vertigo adalah gangguan pendengaran

7. Gejala vertigo adalah kehilangan keseimbangan

8. Gejala vertigo adalah bola mata bergerak tak terkendali, biasanya dari satu sisi ke sisi lainnya.

9. Gejala vertigo adalah seperti merasakan mabuk perjalanan

4 dari 5 halaman

Faktor yang dapat Menyebabkan Vertigo

1. Vertigo Posisi Paroksismal Jinak (BPPV)

Penyakit ini adalah penyebab paling umum dari vertigo yang menciptakan perasaan intens dan singkat saat Anda berputar atau bergerak. Kondisi ini dipicu oleh perubahan cepat dalam gerakan kepala, seperti pukulan ke kepala.

2. Labirinitis

Infeksi virus pada saraf vestibular yang disebut neuritis vestibular atau labirinitas, dapat menyebabkan vertigo yang intens dan konstan. Selain pusing dengan vertigo, pengidap labirinitis mungkin mengalami gangguan pendengaran, tinitus, sakit kepala, sakit telinga, dan perubahan penglihatan.

3. Penyakit Meniere

Penyakit ini menyebabkan penumpukan cairan di telinga bagian dalam, yang dapat memicu serangan vertigo dengan telinga berdenging dan gangguan pendengaran. Kondisi ini dapat berlangsung selama beberapa jam.

4. Migrain

Vertigo akibat migrain dapat berlangsung beberapa menit hingga berjam-jam. Migrain vestibular adalah masalah sistem saraf yang menyebabkan pusing berulang (atau vertigo) pada orang yang memiliki riwayat gejala migrain.

5. Cedera Kepala atau Leher

Vertigo juga bisa mnenjadi gejala umum adanya cedera traumatis pada kepala atau leher, terutama jika ada kerusakan pada sistem vestibular.

6. Kolesteatoma

Kolesteatoma adalah pertumbuhan kulit non-kanker abnormal yang dapat berkembang di bagian tengah telinga, di belakang gendang telinga. Kolesteatoma sering disebabkan oleh infeksi telinga tengah yang berulang. Saat tumbuh di belakang gendang telinga, ia dapat merusak struktur tulang telinga tengah, yang menyebabkan gangguan pendengaran dan pusing.

7. Neuritis vestibular

Neuritis vestibular adalah gangguan yang memengaruhi saraf telinga bagian dalam yang disebut saraf vestibulocochlear. Saraf ini mengirimkan informasi keseimbangan dan posisi kepala dari telinga bagian dalam ke otak. Neuritis vestibular menyebabkan vertigo yang mungkin menyertai penglihatan kabur, mual parah, atau perasaan tidak seimbang.

5 dari 5 halaman

Pertolongan Pertama saat Vertigo

Manuver Semont-Toupet adalah serangkaian gerakan serupa yang dapat dilakukan di rumah untuk mengatasi vertigo. Manuver ini kurang dikenal, tetapi beberapa penelitian mengklaim teknik ini sama efektifnya dengan Epley maneuver. Semont-Toupet maneuver sangat mirip dengan Epley maneuver, tetapi membutuhkan fleksibilitas leher yang lebih sedikit. Berikut pertolongan pertama apabila anda sedang vertigo, yaitu:

1. Mulailah dengan duduk tegak di permukaan datar, dengan bantal di belakang dan dengan kaki terentang.

2. Berbaringlah, posisikan tubuh ke kanan, dan arahkan pandangan ke kiri dan ke atas.

3. Duduk dengan cepat dan putar kepala ke sisi kiri, pertahankan kepala menghadap ke kiri. Arahkan pandangan ke bawah.

4. Perlahan kembali ke posisi semula, arahkan pandangan ke depan dan duduk tegak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.