Sukses

12 Cara Mengobati Cantengan yang Aman dan Efektif, Jangan Salah Langkah

Cara mengobati cantengan dengan aman dan efektif, lengkap dengan penyebab dan cara mencegahnya.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengobati cantengan penting untuk diketahui, hal ini agar pembengkakan dan infeksi yang terjadi akibat cantengan bisa segera diatasi dan tidak menyebab. Cantengan adalah kondisi dimana kuku bagian tepi menancap ke kulit disekitar kuku dan menyebabkan bengkak, kemerahan serta rasa nyeri setiap kali bengkak tersentuh.

Cara mengobati cantengan dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami atau melalui tindakan medis sederhana. Menggunakan bahan alami yang bersifat antiseptic, anti inflamasi dan anti bakteri adalah pilihan terbaik untuk mengobati cantengan dengan gejala ringan seperti bengkak dan nyeri.

Sedangkan untuk cara mengobati cantengan yang sudah parah dan menimbulkan infeksi di area sekitarnya, maka diperlukan pengobatan dengan tindakan medis yang aman dan efektif, agar tidak terjadi komplikasi di area sekitarnya.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang cara mengobati cantengan yang aman dan efektif, Kamis (8/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Mengobati Cantengan Yang Aman dan Efektif

1. Rendam dalam air sabun hangat

Cara mengobati cantengan yang pertama adalah dengan merendam kaki yang terkena dalam air sabun hangat, hal ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit. Anda dapat merendam kaki anda dalam air sabun hangat selama 20 menit. Menambahkan garam Epsom ke dalam air hangat dapat memberikan efek tambahan untuk menyembuhkan cantengan.

2. Rendam dalam cuka sari apel

Cuka sari apel adalah obat tradisional untuk kuku kaki yang tumbuh ke dalam.Cuka sari apel diyakini memiliki kemampuan antiseptik, anti-inflamasi, dan penghilang rasa sakit. Untuk mencoba obat ini, siapkan baskom berisi air hangat yang dicampur dengan 1/4 cangkir cuka sari apel. Rendam kaki yang terkena hingga 20 menit setiap hari. Keringkan kaki secara menyeluruh setelah berendam.

3. Oleskan salep antiseptik

Menggunakan krim antiseptik dapat meningkatkan penyembuhan dan membantu mengurangi risiko infeksi cantengan. Oleskan salep ke kuku kaki yang terkena mengikuti instruksi dari pabriknya, biasanya sampai tiga kali sehari.

Salep antiseptic yang direkomendasikan mencakup neomisin (Neosporin), bacitracin/polymyxin B (Polysporin) dan mupirocin (Baktroban). Setelah menggunakan salep pada area yang terkena. Pastikan untuk membalut kuku kaki setelahnya.

3 dari 6 halaman

Cara Mengobati Cantengan Yang Aman dan Efektif

4. Rendaman Garam Epsom

Garam epsom mengandung magnesium dalam jumlah tinggi yang diketahui dapat melawan peradangan menurut banyak penelitian yang telah dilakukan. Perendaman dengan garam Epsom dapat memberi rasa lega dari pembengkakan dan rasa sakit pada kaki anda yang terkena.

Dalam ember atau baskom lebar, tambahkan 1 hingga 2 sendok makan garam Epsom per liter air hangat. Rendam kaki anda dan pijat lembut area kulit yang terkena ke bawah. Lakukan ini 2 hingga 3 kali setiap hari selama 15 hingga 20 menit.

5. Rendam Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida adalah pilihan bagus lainnya untuk merawat kuku kaki yang tumbuh ke dalam di rumah. Hidrogen peroksida adalah desinfektan alami, itulah alasan mengapa itu biasa digunakan untuk membersihkan luka.

Rendam kaki anda yang terinfeksi dalam seember air dan larutan hidrogen peroksida selama 15 hingga 20 menit. Lakukan ini 2 hingga 3 kali sehari. Pastikan untuk menambahkan setidaknya 3% hidrogen peroksida untuk setiap setengah cangkir air hangat.

6. Kapas dan Benang Gigi

Menggunakan kapas dan benang gigi adalah cara yang lebih mudah untuk menghilangkan bagian kuku yang mungkin tumbuh jauh ke dalam kulit. Setelah anda merendam kaki dan menggunakan garam Epsom juga, letakkan kapas di sekitar area yang terkena.

Setelah ini selesai, anda dapat menggunakan benang gigi untuk mencabut sebagian kuku dengan menggunakan benang gigi. Pastikan untuk lembut dan tidak kasar pada kulit, karena ini adalah area sensitif.

Jika anda yakin jari kaki telah terinfeksi, jika anda memiliki sirkulasi yang buruk, atau jika anda mengalami kerusakan saraf, maka anda disarankan untuk mengunjungi spesialis perawatan kaki sebelum infeksi menyebar dan berpotensi berkembang menjadi sesuatu yang jauh lebih buruk.

4 dari 6 halaman

Cara Mengobati Cantengan Yang Aman dan Efektif

7. Memotong kuku

Saat merawat kuku yang tumbuh ke dalam atau cantengan, kuku yang terkena pada akhirnya akan tumbuh kembali. Pastikan anda memotongnya dengan benar: lurus dan tidak terlalu pendek. Selain itu, ini adalah metode yang disarankan untuk menghindari kuku kaki yang tumbuh ke dalam. Namun, jangan memotong kuku yang tumbuh ke dalam jika masih ada peradangan. Jika ragu, konsultasikan dengan ahli penyakit kaki.

8. Kenakan Alas Kaki yang Nyaman

Mengenakan sepatu yang mendorong jari kaki anak anda dapat menyebabkan iritasi dan rasa sakit lebih lanjut pada kuku kaki yang tumbuh ke dalam. Kuku kaki yang terkompresi dan terjepit memiliki risiko lebih tinggi menembus kulit di sekitarnya, yang bisa menyakitkan.

Meskipun diperbolehkan memakai sepatu dan kaus kaki, pastikan alas kaki pas dengan nyaman dan memberi ruang yang cukup untuk jari kaki. Gunakan sandal atau sepatu kaki terbuka jika memungkinkan.

9. Mengonsumsi Obat Pereda Sakit OTC

Untuk mengatasi rasa sakit yang disebabkan oleh kuku yang tumbuh ke dalam, anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas. Salah satu contohnya adalah Panadol, yaitu parasetamol. Pastikan untuk mengambil hanya jumlah harian yang disarankan yaitu 3.000 miligram untuk menghindari efek samping.

Voltaren adalah diklofenak  dan juga dapat membantu meringankan rasa sakit di jari kaki anda. Kedua obat ini disebut obat antiinflamasi nonsteroid dan semuanya dapat menyebabkan sakit perut dan usus.

5 dari 6 halaman

Cara Mengobati Cantengan Yang Aman dan Efektif

10. Mengonsumsi Antibiotik Oral

Dokter biasanya tidak meresepkan antibiotik oral untuk kasus ringan seperti cantengan. Namun, anda mungkin memerlukan antibiotik oral jika anda memiliki sistem kekebalan yang lemah. Antibiotik umum yang digunakan untuk mengobati cantengan adalah Amoksisilin, Flukloksasilin, Sefaleksin dan Eritromisin.

Pemberian antibiotic juga berlaku jika kuku yang tumbuh ke dalam menunjukkan tanda-tanda infeksi seperti bau busuk, adanya nanah, sakit berdenyut-denyut, peningkatan kemerahan, peningkatan pembengkakan dan rasa hangat di dalam serta di sekitar jari kaki yang sakit.

11. Gunakan pelindung kaki

Cara mengobati cantengan selanjutnya adalah dengan menggunakan pelindung kaki. Pelindung jari kaki memberikan penghalang bantalan untuk kuku kaki yang tumbuh ke dalam. Pelindung kaki tersedia sebagai cincin yang pas di sekitar area yang terkena atau sebagai penutup untuk seluruh jari kaki.

Beberapa merek pelindung kaki, seperti Dr. Scholl's, hadir dengan gel obat didalamnya untuk membantu melembutkan kuku kaki agar mudah dipotong. Gunakan perawatan sesuai petunjuk sampai kuku yang tumbuh ke dalam hilang.

12. Pengangkatan Kuku

Jika cantengan tidak membaik dengan pengobatan rumahan, pengangkatan sebagian atau seluruh kuku mungkin diperlukan. Menggunakan anestesi lokal, dokter dapat menghilangkan bagian dari perbatasan kuku, dasar kuku yang mendasarinya, atau bagian dari lempeng pertumbuhan kuku.

Pada kasus yang parah dan berulang, dokter mungkin menyarankan untuk mencabut seluruh kuku yang tumbuh ke dalam. Ini adalah upaya terakhir dan solusi untuk masalah yang berpotensi dapat meningkatkan risiko infeksi di masa depan.

6 dari 6 halaman

Penyebab dan Cara Mencegah Cantengan

Penyebab Cantengan Terjadi

Jempol kaki paling rentan tumbuh ke dalam, tetapi kuku kaki mana pun bisa tumbuh ke dalam dan membuat anda mengalami cantengan. Penyebab paling umum cantengan adalah:

- Memotong kuku kaki terlalu pendek

- Memotong kuku kaki secara miring dan membiarkannya tumbuh

- Trauma pada kuku jari kaki yang dapat terjadi jika anda menjatuhkan sesuatu yang berat ke jari kaki

- Alas kaki yang tidak pas, seperti sepatu yang terlalu ketat atau sangat runcing

 

Cara Mencegah Cantengan

Mengingat betapa menyakitkan dan rawan infeksi dari cantengan, mencegah kuku kaki yang tumbuh ke dalam sebenarnya sangat mudah. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah cantengan:

- Gunakan hanya alat yang bersih untuk memotong kuku.

- Potong kuku kaki secara lurus dan tidak miring melengkung.

- Jangan memotongnya lebih pendek dari ujung jari kaki.

- Kenakan alas kaki pelindung, seperti sepatu boot toe cap baja, jika anda memindahkan benda berat.

- Kenakan sepatu yang pas dan kendorkan tali itu serta biarkan jari-jari kaki memiliki ruang untuk melakukan peregangan kecil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.