Sukses

6 Manfaat Leunca untuk Kesehatan dan Kecantikan, Efektif Redakan Demam

Berikut ini beberapa manfaat leunca untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu kamu ketahui.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin masih belum banyak orang yang mengetahui manfaat leunca bagi kesehatan dan kecantikan. Padahal, leunca adalah salah satu bahan makanan yang cukup populer. Leunca sering dijadikan lalapan ataupun bahan pelengkap, khususnya pada masakan khas Sunda.

Leunca berbentuk bundar berwarna hijau berukuran kecil. Leunca yang memiliki nama Latin Solanum nigrum ini adalah salah satu jenis sayuran yang masih termasuk ke dalam suku terung. Manfaat leunca bagi kesehatan dan kecantikan tidak terlepas dari tinggi dan beragamnya kandungan yang terdapat di dalamnya. Leunca diketahui memiliki kandungan berupa vitamin A, zat besi, vitamin C, vitamin B1, kalsium, seng, fosfor, dan lainnya.

Melihat dari beragamnya kandungan tersebut, tidak heran apabila ada banyak manfaat leunca untuk kesehatan. Leunca diketahui dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan, mulai dari menjaga kesehatan dan kecantikan kulit hingga mencegah kanker.

Berikut ini dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (24/8/2022), manfaat leunca bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengobati Sakit Kepala dan Demam

1. Mengobati Sakit Kepala

Sakit kepala adalah salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi. Setiap orang pasti pernah merasakan sakit kepala. Masalah ini dapat muncul mendadak ataupun secara bertahap. Rasa nyeri yang ditimbulkan bisa di satu sisi, atau bahkan di seluruh kepala.

Sakit kepala yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa menggunakan manfaat leunca. Leunca dapat membantumu untuk meredakan dan menghilangkan rasa sakit kepala yang membuatmu terganggu. Hal ini tidak terlepas dari kandungan analgetik yang dapat meringankan sakit kepala. Di Meksiko, leunca digunakan sebagai obat sakit kepala.

2. Obat Demam

Selain obat sakit kepala, manfaat leunca untuk kesehatan juga dapat digunakan untuk mengatasi demam.. Hal ini tidak terlepas dari kandungan antipiretik di dalam leunca.

Zat antipiretik sendiri banyak ditemukan di obat-obat demam. Obat antipiretik tersebut bekerja dengan cara menghambat sintesa dan pelepasan prostaglandin E2. Selain itu, kayanya kandungan nutrisi pada leunca juga dapat membantumu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, kamu bisa coba mengkonsumsi leunca sebagai obat demam alami untuk mengatasi masalah tersebut.

3 dari 4 halaman

Mencegah Kanker dan Mengobati Infeksi Saluran Kemih

3. Mencegah Kanker

Manfaat leunca untuk kesehatan tubuh yang berikutnya ialah mencegah kanker. Kanker adalah salah satu penyakit yang serius dan mematikan. Oleh sebab itu, penyakit ini adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang.

Di dalam leunca terdapat kandungan senyawa yang dipercaya dapat mencegah kanker. Senyawa-senyawa tersebut adalah solasonine, solasodine, solamargine, dan solanine. Keempat senyawa itu dipercaya mampu mencegah pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali. Senyawa tersebut dapat mencegah berbagai jenis kanker, mulai dari kanker payudara, leher rahim, lambung, hingga saluran pernapasan.

Selain itu, di dalam leunca juga terdapat kandungan vitamin C. Vitamin C adalah salah satu antioksidan alami yang kuat. Antioksidan berperan untuk melawan dan melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Radikal bebas dipercaya sebagai penyebab berbagai masalah kesehatan yang serius, mulai dari penyakit jantung hingga kanker.

4. Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri pada organ saluran kencing. Bakteri tersebut dapat menyerang dan mengakibatkan infeksi pada ginjal, kandung kemih, dan juga saluran yang mengalir di antara organ-organ tersebut.

Infeksi saluran kencing lebih banyak dialami oleh perempuan dibandingkan laki-laki. Hal ini terjadi karena perempuan memiliki uretra yang lebih pendek. Gejala infeksi saluran kemih meliputi sering buang air kecil (anyang-anyangan), nyeri saat kencing, urin keruh atau berbau, hingga adanya nanah atau darah dalam urin.

Untuk mengobati dan mencegah terjadinya infeksi saluran kemih, kamu dapat menggunakan sayur leunca. Manfaat leunca untuk kesehatan ini tidak terlepas dar kandungan senyawa antipiretik yang ada di dalam leunca.

4 dari 4 halaman

Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit serta Meredakan Nyeri

5. Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Manfaat leunca yang selanjutnya adalah dapat membantumu untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Hal ini tidak terlepas dari kandungan  vitamin A, B1, dan C yang terdapat di dalam leunca.

Kandungan vitamin C di dalam leunca dipercaya dapat membantu merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Sebab, vitamin C memiliki sifat antioksidan yang dapat menangkal serangan sel radikal bebas. Radikal bebas tidak hanya menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti kanker saja, tetapi juga dapat merusak sel-sel kulit. Kerusakan sel kulit tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti munculnya kerutan, flek hitam, dan garis-garis halus.

Di samping itu, leunca juga disebut-sebut mampu mengurangi kualitas dan kuantitas sperma sehingga potensi kehamilan bisa diminimalisir. Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian ilmih yang lebih lanjut untuk membuktikan klaim ini.

6. Meredakan Nyeri Badan dan Kram Karena Menstruasi

Sakit perut adalah masalah kesehatan yang sering terjadi dan dialami oleh banyak orang. Rasa sakit tersebut dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau juga kram akibat menstruasi. Kamu bisa menggunakan leunca untuk mengatasi masalah tersebut. Manfaat leunca ini tidak terlepas dari kandungan antipiretik yang terdapat di dalamnya. Kandungan tersebut dapat meredakan rasa sakit dan banyak ditemukan pada obat-obatan pereda nyeri.

Leunca juga dapat digunakan untuk meredakan sakit lambung. Selain itu, para penderita arthritis juga dapat mengkonsumsi leunca untuk peradangan dan rasa kaku di pagi hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.