Sukses

8 Cara Mengobati Mata Bintitan yang Benar, Simak Penjelasan Ahli

Liputan6.com, Jakarta - Mata bintitan adalah kondisi ketika area sekitar kelopak mata memiliki benjolah merah seperti jerawat dan berisi nanah. Penyebab mata bintitan adalah penyumpatan minyak, sel kulit mati, dan kotoran di sekitar mata. Penyumbatan ini yang akan menyebabkan bakteri tumbuh dan menjadi penyebab bintitan.

Lalu bagaimana cara mengobati mata bintitan yang benar?

Mata bintitan pada kondisi yang ringan bisa diobati dengan pengobatan rumahan. Melansir dari Health Line, pada Senin (8/8/2022) cara mengobati mata bintitan adalah mengompres hangat, membersihkannya dengan sabun lembut dan air, konsumsi obat pereda nyeri, salep antibiotik, hingga menghindari riasan serta lensa kontak terlebih dahulu.

Meski mata bintitan umumnya bisa hilang secara alami dalam kurun waktu 7 hingga 10 hari, cara mengobati mata bintitan yang benar diperlukan bagi yang merasa tidak nyaman dengan kondisinya. Mata bintitan umumnya akan menimbulkan gejala nyeri dan bengkak, meningkatkan produksi air mata, menimbulkan kerak di sekitar kelopak, dan terasa gatal.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas cara mengobati mata bintitan yang benar, Senin (8/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Cara Mengobati Mata Bintitan yang Benar

1. Menggunakan Kompres Hangat

Cara mengobati mata bintitan yang benar adalah mengompresnya dengan air hangat atau kompres hangat. Cara mengobati mata bintitan yang benar dengan kompres hangat bisa membantu membawa nanah ke permukaan, dan melarutkan nanah serta minyak sehingga bintil dapat mengalir secara alami.

Cara mengobati mata bintitan yang benar adalah basahi waslap bersih dengan air hangat. Pastikan airnya tidak terlalu panas. Kemudian cara mengobati mata bintitan yang benar. peras kain agar lembab tetapi tidak menetes. Lalu dengan lembut letakkan di atas mata selama sekitar 5 hingga 10 menit. Jangan memencet atau mencoba menusuknya.

Cara mengobati mata bintitan yang benar dengan kompres hangat ini bisa dilakukan sebanyak tiga hingga empat kali setiap hari.

2. Bersihkan dengan Sabun Lembut dan Air

Cara mengobati mata bintitan yang benar adalah membersihkannya dengan sabun lembut dan air. Green menyarankan untuk menghindari bahan kimia sintetis yang keras saat membersihkan area mata. Sebaliknya, katanya, bahan-bahannya harus hipoalergenik dan tidak menyebabkan iritasi.

“Kulit di sekitar mata jauh lebih tipis daripada bagian wajah lainnya. Karena itu, harus sangat berhati-hati dengan produk yang diaplikasikan ke area mata,” kata Dokter Kulit Kosmetik yang Berbasis di New York, Dr. Michele Green.

Cara mengobati mata bintitan yang benar juga dapat dilakukan dengan sampo bayi yang tidak pedih di mata dan mencampurnya dengan sedikit air hangat. Cara mengobati mata bintitan yang benar adalah gunakan kapas atau waslap bersih untuk menyeka kelopak mata dengan lembut.

Cara mengobati mata bintitan yang benar ini bisa dilakukan setiap hari sampai bintitan hilang. Membersihkan kelopak mata secara rutin juga membantu mencegah bintitan di masa depan. Pilihan lain dari cara mengobati mata bintitan yang benar adalah menggunakan larutan garam. Ini dapat membantu meningkatkan drainase dan memecah membran bakteri.

3. Menggunakan Kantong Teh Hangat

Cara mengobati mata bintitan yang benar adalah bisa menggunakan kantong teh hangat. Alih-alih menggunakan kompres kain hangat, cobalah cara mengobati mata bintitan yang benar menggunakan teh celup hangat. Teh hitam bekerja mengurangi pembengkakan dan memiliki beberapa sifat antibakteri.

Tambahkan air matang ke dalam cangkir, lalu cara mengobati mata bintitan yang benar adalah masukkan kantong teh ke dalamnya, seolah-olah sedang membuat teh untuk diminum. Biarkan teh terendam selama sekitar 1 menit.

Tunggu sampai kantong teh cukup dingin untuk diletakkan di atas mata, lalu cara mengobati mata bintitan yang benar adalah tempelkan di mata selama sekitar 5 hingga 10 menit. Cara mengobati mata bintitan yang benar adalah pastikan menggunakan kantong teh terpisah untuk setiap mata.

"Anda dapat menggunakan teh hitam sebagai kompres dua kali sehari untuk mengurangi pembengkakan dan ketidaknyamanan yang terkait dengan bintitan," kata Dr. Green.

4. Minum Obat Pereda Nyeri OTC

Cara mengobati mata bintitan yang benar adalah mengonsumsi obat pereda nyeri. Minum obat pereda nyeri yang dijual bebas (OTC) seperti ibuprofen (Advil) atau acetaminophen (Tylenol) untuk meredakannya.

Cara mengobati mata bintitan yang benar adalah ikuti petunjuk pada paket untuk memastikan sudah mengonsumsi sesuai dengan dosis yang benar. Jika bintitan menyebabkan rasa sakit yang serius dan mengganggu aktivitas sehari-hari, jangan ragu untuk segera mengunjungi dokter.

3 dari 3 halaman

Cara Mengobati Mata Bintitan yang Benar Selanjutnya

5. Menghindari Riasan Mata dan Lensa Kontak

Cara mengobati mata bintitan yang benar adalah sementara waktu hindari menggunakan riasan mata dan lensa kontak. Riasan dapat semakin mengiritasi mata dan menunda proses penyembuhan.

Risiko yang lebih parah lagi, hal ini dapat memindahkan bakteri ke riasan dan peralatan, kemudian menyebarkan infeksi ke mata yang lain. Pencegahannya, cuci sikat yang dapat digunakan kembali secara teratur. Buang produk mata yang berusia lebih dari 3 bulan.

Jika terbiasa memakai lensa kontak, pada kondisi mata bintitan lebih direkomendasikan menggunakan kacamata sampai bintitan sembuh. Bakteri dari tembel bisa masuk ke kontak dan menyebarkan infeksi.

Kemudian cara mengobati mata bintitan yang benar adalah ganti ke lensa kontak dengan yang baru saat bintitan sembuh untuk mencegah infeksi ulang.

6. Menggunakan Salep Antibiotik

Cara mengobati mata bintitan yang benar adalah menggunakan salep antibiotik. Cara mengobati mata bintitan ini cocok diterapkan pada kondisi yang masih ringan atau belum parah. Dikatakan oleh Dr. Green caranya adalah mengoleskan salep antibiotik OTC ke area tersebut.

Aka tetapi, temui dokter kulit atau dokter mata untuk mengobati tembel yang:

- Terasa sangat menyakitkan

- Sudah mengganggu penglihatan

- Tidak akan hilang dengan pengobatan OTC

Cara mengobati mata bintitan yang benar dengan menggunakan salep OTC, tarik kelopak mata yang terkena dan oleskan sekitar seperempat inci salep di dalam kelopak mata.

Kemudian hindari penggunaan steroid topikal untuk bintitan. Mereka dapat menyebabkan efek samping. Pastikan bahwa setiap produk yang digunakan sebagai cara mengobati mata bintitan dibuat untuk digunakan di dalam atau di mata.

7. Pijat Area untuk Melancarkan Drainase

Cara mengobati mata bintitan yang benar adalah memijat area bintitan untuk melancarkan peredaran darah atau drainase. Cara mengobati mata bintitan yang benar, cobalah dengan memijat area dengan menggunakan tisu penutup untuk melancarkan drainase.

Pijat area dengan lembut dengan tangan bersih. Setelah bintitan mengering, cara mengobati mata bintitan yang benar adalah jaga kebersihan area tersebut, dan hindari menyentuh mata. Berhenti jika cara mengobati mata bintitan yang benar dengan memijat terasa sakit.

8. Melakukan Perawatan Medis

Cara mengobati mata bintitan yang benar adalah terakhir melakukan perawatan medis, terutama jika perawatan rumahan tidak memberi kesembuhan. Dokter akan meresepkan krim antibiotik untuk infeksi bakteri.

Sementara untuk peradangan, dokter akan memberi suntikan steroid untuk mengurangi pembengkakan. Untuk tembel atau mata bintitan yang internal atau memengaruhi penglihatan, dokter akan mengeringkannya secara profesional.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS