Sukses

14 Penyebab Sering Ngantuk, Pola Makan Hingga Depresi

Penyebab sering ngantuk, salah satunya karena stres hingga pola makan yang tidak teratur.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab sering ngantuk biasanya terjadi ketika pola makan yang tidak sehat. Mengantuk merupakan kondisi umum yang selalu  terjadi, juga dialami setiap orang. Kondisi seperti ini membuat tubuh terasa lelah juga lemas. Ketika kantuk menyerang, maka mata terasa berat, sehingga muncul keinginan untuk merebahkan tubuh dan tidur. Kondisi ini wajar terjadi saat sore hari setelah melakukan banyak aktivitas, atau di malam hari saat menjelang tidur.

Penyebab sering ngantuk juga bisa terjadi sepanjang waktu. Bukan hanya setelah selesai bekerja atau saat jam tidur di malam hari, akan tetapi saat siang hari dan menjalani aktivitas, akan tetapi kerap merasa ngantuk dan ingin tidur sepanjang hari. Stres juga menjadi pemicu sering merasa ngantuk. Stres yang tidak bisa dikelola dengan baik dan semakin berkepanjangan, akan memberikan pengaruh pada keseharian, termasuk membuat Anda sering mengantuk dan ingin tidur

Walaupun penyebab sering ngantuk sering terjadi, namun jika kondisi ini dialami setiap saat, mungkin ada yang salah dengan tubuh. Dalam hal ini, terdapat berbagai faktor yang bisa menjadi penyebab sering ngantuk, mulai dari faktor bertambahnya berat badan, kurang tidur, hingga kurang hidrasi.

Berikut ini penyebab sering ngantuk yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (2/8/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab Sering Ngantuk

1. Narkolepsi

Salah satu penyebab sering ngantuk meski telah cukup beristirahat juga terjadi karena narkolepsi. Apabila sering merasa ngantuk berlebihan saat siang hari, bisa jadi Anda terkena Narkolepsi. Seseorang yang terkena Narkolepsi biasanya akan merasakan otot yang lemas secara tiba-tiba ketika sedang merasakan gembira bahkan bisa sampai terjatuh.

2. Ibu Hamil dan Obesitas

Rasa kantuk berlebih biasanya juga dirasakan oleh ibu hamil. Ibu hamil pada umumnya akan merasakan kantuk secara berlebih saat usia kandungan 12 minggu pertama. Selain itu, obesitas juga menjadi salah satu penyebab seseorang mudah mengantuk. Karena jika berat badan di atas normal akan memaksa tubuh untuk mengeluarkan energi lebih ketika beraktivitas.

3.Tidur Siang Berlebihan

Beberapa orang melakukan tidur siang untuk beristirahat dan mengembalikan energi. Meski tidur siang itu baik, tetapi jika dilakukan terlalu lama dan secara berlebihan, maka dapat menyebabkan sering mengantuk. Hal ini dikarenakan tidur siang terlalu lama dapat berdampak pada kualitas tidur di malam hari. 

4. Gaya Hidup 

Gaya hidup juga sangat berpengaruh pada kualitas tidur seseorang. Bekerja dalam kurun waktu yang panjang hingga sering shift malam (bekerja di malam hari) juga menjadi penyebab seseorang sering mengantuk. Jika seseorang yang belum terbiasa dengan jam kerja seperti itu akan merasakan kantuk yang berlebih. 

3 dari 5 halaman

Penyebab Sering Ngantuk

5. Konsumsi Makanan Olahan Berlebihan

Penyebab sering ngantuk juga terjadi karena mengonsumsi makanan olahan berlebihan. Makanan olahan yang sarat dengan karbohidrat juga gula, yang bertindak sebagai sumber energi instan. Terlebih lagi, jika sering mengonsumsi makanan instan sehari-hari. Oleh sebab itu, usahakan agar dapat  memenuhi kebutuhan nutrisi yang baik dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.

6. Stres

Penyebab sering ngantuk juga bisa terjadi, karena faktor stres. Stres tidak hanya menyebabkan kelelahan mental, tetapi juga kelelahan fisik. Itu sebabnya Anda merasa ingin tertidur, ketika tubuh merasa lelah. Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Environment Research and Public Health menunjukkan bahwa stres menurunkan jumlah jam tidur, yang mempengaruhi produktivitas keesokan harinya.

7. Konsumsi Minuman Beralkohol

Dengan mengonsumsi minuman beralkohol, bisa menjadi penyebab sering mengantuk. Hal ini karena alkohol dapat mempersulit seseorang untuk mendapat fase tidur secara nyenyak. Berdasarkan penelitian dari National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism, mengonsumsi minuman beralkohol beberapa jam sebelum tidur dapat menjadikan pola tidur seseorang menjadi tidak teratur.

8. Depresi 

Penyebab sering ngantuk juga bisa terjadi karena mengalami depresi. Kondisi ini merupakan tingkat lanjut dari stres, serta membuat seseorang menjadi cepat lelah dan merasa sering mengantuk. Seseorang yang mengalami depresi biasanya akan kehilangan semangat, juga merasa kurang berenergi, kehilangan minat hingga merasa cemas yang berlebihan.

4 dari 5 halaman

Penyebab Sering Ngantuk

9. Otot Tegang dan Lelah

Otot yang tegang juga lelah, termasuk dalam salah satu penyebab sering ngantuk. Jika Anda termasuk orang yang memiliki mobilitas pekerjaan yang padat atau berolahraga secara berlebihan tidak selalu berdampak baik pada tubuh apalagi kurang waktu dalam beristirahat.

Alih-alih mendapatkan energi, pola rutinitas ini justru membuat tubuh semakin lelah juga menimbulkan risiko otot tegang yang semakin meningkat. Perlu memperhatikan keseimbangan antara aktivitas fisik dengan kebutuhan istirahat yang cukup, agar tubuh juga membutuhkan waktu yang cukup untuk berhenti dan beristirahat supaya bisa mendapatkan energi yang lebih baik.

10. Kelaparan

Penyebab sering ngantuk selanjutnya yaitu kelaparan. Jika sering melewatkan waktu makan dan kelaparan, maka dipastikan tubuh akan merasa mengantuk sepanjang waktu. Kelaparan tidak akan membuat tubuh rileks, justru melepaskan hormon yang membuat mudah tersinggung atau sensitif, bahkan tidur juga akan terganggu. 

11. Kurang Hidrasi

Kurang hidrasi juga bisa menjadi penyebab sering ngantuk. Tubuh yang terhidrasi dengan baik, akan membantu dalam mempertahankan energi dengan lebih baik. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The British Journal of Nutrition menunjukkan bahwa sedikit dehidrasi dapat menurunkan tingkat energi, sehingga berdampak pada kesehatan kognitif seseorang.

5 dari 5 halaman

Penyebab Sering Ngantuk

12. Pola Makan Tidak Sehat

Penyebab sering ngantuk juga dipengaruhi oleh faktor pola makan yang tidak sehat. Jika sering mengonsumsi makanan dengan olahan yang kurang nutrisi, maka dapat menurunkan kualitas tidur sehari-hari. Sebab, dengan mengonsumsi makanan yang sehat serta bergizi memang sangat dibutuhkan tubuh agar mendukung fungsi kerja tubuh secara keseluruhan.

Bukan hanya kualitas, akan tetapi kuantitas tidur juga secara otomatis akan berkurang ketika tidak dapat tidur dengan nyenyak. Tidak heran, keesokan hari saat melakukan aktivitas dengan kondisi tubuh yang lemas, kurang bertenaga, jugamengantuk.  Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan asupan nutrisi harian dengan baik. Selain itu, usahakan untuk makan tepat waktu agar sistem metabolisme tubuh dapat bekerja dengan baik. 

13. Berat Badan Bertambah

Penyebab sering ngantuk juga terjadi karena faktor bertambahnya berat badan. Seperti diketahui, kelebihan berat badan sering menyebabkan kelelahan, sehingga membaut kamu sering mengantuk dan ingin tidur. Selain itu, kelebihan berat badan juga akan memberikan tekanan berlebih pada otot dan persendian. Secara otomatis, kondisi ini membuat Anda lemas dan tidak bertenaga.

14. Kurang Tidur

Penyebab sering ngantuk juga umumnya terjadi akibat kurang tidur. Seperti dijelaskan sebelumnya, kurang tidur membuat tubuh cukup lelah dan tidak bertenaga. Oleh sebab itu durasi tidur harus diperhatikan, agar metabolisme tubuh tidak terganggu. Tubuh juga harus menyesuaikan kondisi dengan lebih keras karena tidak mendapatkan istirahat yang cukup.

Tidak heran, jika Anda akan merasakan kantuk yang luar biasa di tengah-tengah aktivitas. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan jam tidur dan bangun yang teratur sehingga tubuh bisa bekerja dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.