Sukses

16 Manfaat Minum Susu untuk Tubuh, dari Kesehatan hingga Kecantikan

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minum susu tidak hanya berguna untuk kesehatan namun juga untuk kecantikan. Sayangnya manfaat minum susu ini belum banyak diketahui oleh orang-orang saat ini. Bahkan segelas susu sering dianggap sebagai satu makanan utuh karena mengandung Sembilan nutrisi yang penting bagi tubuh.

Manfaat minum susu dapat dirasakan mulai dari ujung kuku hingga untuk ujung rambut, susu bahkan sudah dikenal sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk kecantikan bangsawan-bangsawan pada masa lalu karena manfaatnya yang sangat banyak.

Nilai gizi yang tinggi dalam susu membuatnya sering dimasukan sebagai bahan pokok dari makanan sehari-hari dan juga makanan untuk diet seimbang.dimana susu mengandung banyak nutrisi diantaranya vitamin A, B12, D, kalsium, karbohidrat, fosfor, selenium, magnesium, protein, seng, dan riboflavin. Sehingga kebiasaan minum susu setiap hari perlu dibiasakan untuk bisa mendapat manfaat minum susu yang maksimal.

Konsumsi susu disarankan minimal satu gelas sehari karena jika kekurangan susu, tubuh mungkin dapat mengalami anemia, osteoporosis dan penyakit-penyakit lainnya. Manfaat minum susu yang didapat juga akan maksimal adanya pembiasaan konsumsi susu yang cukup.

Melihat begitu banyaknya manfaat yang didapat dengan konsumsi susu, berikut ini Liputan6.com rangkum pada Jumat (8/7/2022) dari berbagai sumber, manfaat minum susu yang dapat diperoleh tubuh untuk kesehatan maupun kecantikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Manfaat Minum Susu

1. Sumber Protein Baik

Manfaat minum susu yang pertama adalah sebagai sumber beragam protein baik untuk tubuh. Susu mengandung banyak nutrisi berupa protein baik yang membantu pembentukan jaringan-jaringan dalam tubuh.

Seperti kandungan protein dan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi, kemudian kandungan magnesium yang baik untuk menjaga fungsi otot dan jantung serta kandungan whey dan kasein yang terbukti untuk menurunkan tekanan darah.

2. Membangun Massa Otot

Manfaat minum susu berikutnya adalah membantu membangun massa otot, hal ini karena selain kalsium susu juga mengandung protein, yang dapat membantu membangun kembali otot. Minum segelas susu setelah berolahraga juga membantu memberikan tubuh anda apa yang dibutuhkan untuk pulih Kembali dari kelelahan.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat minum susu yang sudah banyak diketahui adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Susu yang kaya akan kalsium penting untuk pertumbuhan dan perkembangan yang tepat dari struktur tulang yang kuat.

Gangguan tulang seperti osteoporosis dapat dicegah dengan asupan susu harian, penelitian juga menunjukan anak yang kekurangan susu sapi memiliki peluang lebih besar untuk menderita patah tulang saat terluka, dan waktu penyembuhan mereka akan jauh lebih lama jika mereka tidak memiliki kalsium yang stabil untuk membantu pertumbuhan kembali materi tulang.

4. Mencegah Kenaikan Berat Badan

Dalam beberapa studi yang telah dilakukan sebelumnya, menunjukkan bahwa wanita yang minum susu rendah lemak atau susu skim mengalami penurunan berat badan lebih banyak daripada mereka yang tidak mengkonsumsi susu. Hal ini membuktikan bahwa manfaat minum susu juga dapat membantu mencegah adanya kenaikan berat badan.

5. Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat minum susu selanjutnya adalah untuk membantu meningkatkan kualitas tidur. Hal ini disebabkan oleh kandungan tryptophan dan asam amino yang terdapat dalam susu yang mampu membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Selain itu susu juga mengandung melatonin yang membantu mengontrol hormon alami tubuh yang berperan untuk mengatur pola tidur.

3 dari 4 halaman

Manfaat Minum Susu Untuk Kecantikan

6. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Memperkuat tulang bukan satu-satunya manfaat minum susu yang didapat dari kandungan kalsium di dalamnya. Kalsium juga turut membantu memperkuat otot jantung dalam memompa darah keseluruh tubuh.  Sehingga konsumsi segelas susu dapat mencegah penyakit fatal seperti tekanan darah tinggi dan kemungkinan terkena stroke.

7. Membantu Mencegah Penyakit Berbahaya

Menjaga tubuh dari berbagai penyakit berbahaya adalah manfaat minum susu yang didapat dari kandungan laktosa dalam susu. Dimana laktosa dalam susu juga membantu organ hati mengurangi produksi kolesterol jahat.

Laktosa juga membantu tubuh dalam melawan jenis kanker tertentu karena membantu organ hati untuk mengurangi produksi kolesterol yang dapat berbahaya bagi tubuh dan perkembangan sel abnormal.

8. Melembabkan Rambut

Manfaat minum susu tidak hanya untuk kesehatan namun juga untuk kecantikan, dimana susu dapat menjadi pelembab alami dalam tubuh. Selain dikonsumsi susu juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk perawatan diluar tubuh seperti masker yang berfungsi menjaga kelembaban rambut.

Susu membantu mengatasi masalah dengan rambut kering dan kusam. Dalam beberapa penelitian susu juga dapat membantu meremajakan rambut dan menambahkan lapisan kemilau agar rambut terlihat lebih sehat dan mudah diatur.

9. Membantu Mencerahkan Kulit

Tidak hanya rambut, manfaat minum susu juga dapat dirasakan pada kulit. Susu juga sering dijadikan sebagai bahan utama untuk perawatan eksternal dengan digabungkan bahan-bahan lain seperti madu dan buah-buahan.

Manfaat susu ini sudah dikenal bahkan di masa kolonial, dimana menurut catatan sejarah yang ditemukan diketahui bahwa banyak bangsawan yang mandi dengan menggunakan susu untuk menjaga kelembaban dan mencerahkan kulit mereka.

10. Membantu Melawan Depresi

Manfaat minum susu yang masih jarang diketahui berikutnya adalah membantu kita melawan depresi yang menyerang akibat stress. Dimana kandungan Vitamin D dalam susu membantu menjaga produksi serotonin, hormon yang berhubungan dengan suasana hati, nafsu makan dan tidur.

Sebuah penelitian tahun 2020 baru-baru ini menemukan bahwa terkadang perasaan depresi dapat dikaitkan kembali dengan kekurangan vitamin D dalam tubuh. Susu diperkaya dengan penguat Vitamin D oleh produsen dan dapat membantu mengatasi suasana hati yang buruk.

4 dari 4 halaman

Manfaat Minum Susu Untuk Kesehatan

11. Membantu Mencegah Perut Mengalami Mulas

Manfaat minum susu juga dirasakan oleh perut kita, dimana susu bermanfaat untuk menjaga perut agar tidak mengalami mulas setelah mengkonsumsi makanan yang asam atau pedas. Hal ini karena susu memiliki efek pendingin yang melapisi lapisan perut dan kerongkongan.

Capsaicin dalam makanan pedas dan asam merupakan senyawa kimia berminyak yang menciptakan sensasi terbakar. Karena minyak dan air tidak bercampur, konsumsi air putih tidak cukup untuk menghilangkan sensasi terbakar setelah konsumsi makanan pedas. Namun, capsaicin dapat larut dalam lemak yang terkandung dalam susu dan membantu agar sensasi terbakar cepat hilang.

12. Membantu Menjaga Kesehatan Gigi

Telah banyak diketahui manfaat minum susu yang sangat berguna untuk membantu memperkuat tulang, namun tidak hanya tulang saja tapi juga gigi turut mendapat manfaat dari mengkonsumsi susu. Manfaat minum susu ini tidak hanya untuk memperkuat gigi namun juga mencegah kerusakan.

Tidak hanya kandungan kalsium, susu juga mengandung fosfor dan protein yang disebut kasein yang mana jika digabungkan bersama dapat membentuk lapisan pelindung pada email yang akan mencegah gigi mengalami kerusakan karena asam bakteri yang umum ada dalam mulut saat makan.

13. Mengurangi Resiko Obesitas

Manfaat minum susu yang sebelumnya telah dibahas adalah untuk menjaga kenaikan berat badan yang mana konsumsi susu ini juga membantu untuk mengurangi resiko terjadinya obesitas. Kandungan susu yang kaya juga membuat anda tetap kenyang dan mengurangi asupan makanan yang dapat menyebabkan obesitas.

14. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat minum susu terutama susu rendah lemak adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini karena kadar kalium yang didapat dari konsumsi susu dapat menjaga fungsi otot dan relaksasi dinding pembuluh darah.

Kandungan magnesium dalam darah juga menjaga fleksibilitas pembuluh darah sehingga membantu mengendalikan tekanan darah tetap normal dan menurunkan tekanan darah tinggi yang dialami.

15. Membantu Mengatasi Masalah Peradangan

Kombinasi protein hewani lengkap, asam lemak omega-3, dan senyawa antioksidan dalam susu membuat susu memiliki efek antiinflamasi yang kuat. Sehingga sering direkomendasikan untuk konsumsi susu sebagai obat untuk masalah peradangan agar bisa mendapatkan efek anti inflamasi yang ada pada susu.

16. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat minum susu yang terakhir adalah untuk meningkatkan imun atau kekebalan tubuh. Karena selain kalsium dan protein, susu juga mengandung mikronutrien yang sangat baik yaitu senyawa antioksidan seperti vitamin E, selenium dan seng. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa konsumsi susu sapi alami yang diberi makan rumput dapat meningkatkan kekebalan dan perlindungan imun terhadap penyakit. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS