Sukses

23 Wisata Depok Populer, dari Danau sampai Kebun Belimbing

Wisata Depok bisa menjadi pilihan rekreasi keluarga.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Depok bisa menjadi pilihan rekreasi keluarga. Depok merupakan sebuah kota di Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Jakarta. Wisata Depok cocok dikunjungi untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. 

Wisata Depok memiliki beragam destinasi menarik. Pilihan wisata Depok seperti taman kota, waduk, waterpark, hutan kota, dan objek wisata lainnya. Wisata Depok cukup mudah dijangkau dan pastinya tak akan menguras kantong.

Jika kamu sedang berada di Jakarta dan sekitarnya, wisata Depok layak untuk disambangi. Berikut 23 wisata Depok populer, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(6/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wisata Depok Jawa Barat

Taman Rekreasi Wiladatika

Taman Rekreasi Wiladatika merupakan wisata Depok yang berada di daerah Cimanggis. Di taman ini juga terdapat Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pramuka Nasional (Pusdiklatmas), Balai Pembinaan Pendidikan Pelaksanaan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4), aula resepsi yang biasa digunakan untuk acara resepsi pernikahan dan halaman hijau yang biasa digunakan para pengunjung untuk piknik bersama keluarga.

Taman Lembah Mawar

Taman Lembah Mawar merupakan sebuah taman kota di Depok yang biasa jadi tujuan rekreasi warga. Selain dihiasi dengan sejumlah pepohonan dan tanaman bunga berwarna-warni, taman ini juga dilengkapi tempat bermain anak, track jogging, ruang bermain anak, danau buatan, tempat ibadah sampai area parkir.

Taman Lembah Gurame

Selain Taman Lembah Mawar, di Depok ada juga Taman Lembah Gurame. Wisata Depok ini berada di kawasan Perumnas Depok I, tepatnya berada di alamat Jl. Nangka Raya, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat. Taman ini merupakan ruang terbuka hijau dengan luas kurang lebih 3 hektare. Di sini terdapat taman bermain, gazebo, dan pepohonan yang menjadi paru-paru kota.

Kampung 99 Pepohonan

Kampung 99 Pepohonan merupakan wisata Depok yang menyuguhkan keasrian lingkungan dengan suasana alam yan akrab, ramah, dan kehidupan yang sangat harmoni. Kampung 99 Pepohonan adalah tempat hunian sekaligus wisata bagi keluarga. Kampung ini berkonsep menyatu dengan alam. Kampung 99 Pepohonan juga menjual sapi, kambing, daging dan olahan-olahan pasca produksinya.

Cagar Alam Depok

Cagar Alam Depok atau juga dikenal dengan Taman Hutan Raya Depok adalah sebuah taman hutan raya yang terletak di Pancoran Mas, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat. Ini merupakan salah satu cagar alam yang tertua di Indonesia. Penelitian yang dilakukan pada 2011 masih mendapatkan sejumlah 83 spesies dari 43 familia tumbuhan, di antaranya 27 jenis pohon, 30 jenis tumbuhan bawah, dan 4 jenis liana.

3 dari 6 halaman

Wisata Depok Jawa Barat

Situ Cilodong

Situ Cilodong merupakan sebuah danau kecil di Depok. Situ Cilodong berada di Jl. Abdul Ghani, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat. Situ ini memiliki nuansa yang sejuk dan menenangkan. Di wisata Depok ini, pengunjung bisa berkeliling danau, menikmati panorama alam yang cantik, atau memancing. Ada juga wahana permainan seperti bebek air dan rakit.

Situ Jatijajar

Situ Jatijajar merupakan wisata Depok yang cukup terkenal. Di sini juga terdapat Desa Wisata Jatijajar. Situ Jatijajar pernah menjadi salah satu tempat wisata yang pernah menyelenggarakan kompetisi perahu Naga se-Indonesia, dan kompetisi memancing. Saat berada di danau ini, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan pepohonan hijau serta hamparan danau yang airnya masih sangat bersih.

Situ Asih Pulo

Tak kalah menariknya dengan Situ Jatijajar, Situ Asih Pulo pun menawarkan keindahan yang cukup memukau. Di sekeliling situ, bisa dijumpai pepohonan hijau yang tumbuh subur sehingga sangat sedap untuk dipandang mata. Danau ini menjadi salah satu lokasi mancing yang bisa dituju di Kota Depok. Suasana yang adem, dan juga tenang membuat danau ini bisa menjadi destinasi wisata murah meriah untuk sekedar refreshing.

Situ Cilangkap

Situ Cilangkap menjadi surga bagi para pemancing di Kota Depok dan sekitarnya. Setiap hari, pada tepian danau selalu dipadati wisatawan yang tengah asyik melempar kail pancing ataupun meracik umpan. Tak hanya bisa memancing, pengunjung juga akan dimanjakan dengan suasana danau yang masih alami dan hijunya pepohonan.

Situ Pengasinan

Situ Pengasinan merupakan danau yang cukup populer di Depok. Dengan luas yang mencapai 6 hektar, banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di Situ Pengasinan. Mulai dari memancing ikan, berkeliling naik bebek-bebekan, hingga sekedar nongkrong menikmati suasana alam.

Situ Citayam

Situ Citayam memiliki luas sekitar 6,5 hektar. Danau ini menjadi destinasi wisata Depok yang bisa dikunjungi untuk sekadar menyegarkan pikiran. Berbagai aktivitas pun bisa dilakukan saat berkunjung ke situ ini. Seperti berkeliling dengan sepeda air, memancing, ataupun sekedar duduk-duduk dipinggir danau sembari menikmati keindahan alam.

 

4 dari 6 halaman

Wisata Depok Jawa Barat

Agrowisata Belimbing Dewa

Belimbing menjadi ikon untuk Kota Depok. Buah belimbing yang terkenal di kota ini adalah belimbing dewa. Di Depok, ada sebuah lokasi agrowisata yang khusus membudidayakan belimbing. Agrowisata Belimbing Dewa berada di Jl. Kramat Asem No.54, RT.03/RW.14, Pancoran MAS, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok. Belimbing Dewa Terkenal berdaging buah tebal. Tak hanya itu, buahnya memiliki warna tajam dan segar.

D’Kandang Amazing Farm

D’Kandang Amazing Farm berada di Jl. Penarikan No.RT 01 / 02, Pasir Putih, Kec. Sawangan, Kota Depok. Di wisata Depok ini menawarkan wisata edukasi untuk keluarga. Di sini terdapat peternakan, pertanian, yang diiringi dengan permainan seru dan menantang.

Taman Mekarsari Depok

Taman Mekarsari ini bukan Mekarsari yang ada di Bogor. Kota Depok juga memiliki Taman Mekarsarinya sendiri. Taman mekarsari merupakan taman yang didirikan Pemkot Depok melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Untuk tempat sarana masyarakat untuk berekreasi. Ruang terbuka hijau ini bisa dimanfaatkan untuk berkumpul, bersantai, hingga hunting foto. Taman Mekarsari Depok berada di Jl. Bunga Raya No.22, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok.

Godong Ijo

Godong Ijo merupakan wisata Depok yang cukup populer. Ada banyak wahana yang ditawarkan seperti lokasi khusus aneka tanaman dan reptil, tempat outbond, dan wahana edukasi lain khusus anak-anak. Tak heran, banyak rombongan sekolah yang berkunjung ke sini untuk refreshing. Godong Ijo berada di Jl. Raya Cinangka Raya No.KM 10 No. 60, Serua, Kec. Bojongsari, Kota Depok.

5 dari 6 halaman

Wisata Depok Jawa Barat

Taman Wisata Pasir Putih

Taman Wisata Pasir Putih merupakan wisata Depok berupa taman air atau waterpark. Taman Wisata Pasir Putih Depok memiliki berbagai wahana dan fasilitas yang seru. Dari wahana permainan air dan outbond untuk anak-anak, hingga bungalow, karaoke, kolam pemancingan, dan lapangan futsal untuk remaja dan orang dewasa bisa dijadikan untuk seru-seruan. Taman Wisata Pasir Putih berada di Jl. Garuda Raya No.1, RT.1/RW.7, Pasir Putih, Kec. Sawangan, Kota Depok.

Pondok Zidane

Pondok Zidane merupakan taman rekreasi sekaligus edukasi. Wisata Depok ini berada di Jalan Kekupu Blok, Blok Porek 1, Bedahan, Kec. Sawangan, Kota Depok. Pondok Zidane menawarkan paket menginap yang cukup murah anda bisa menikmati sejuknya alam, rimbun nya pepohonan, dengan nuasa asri yang masih bersih.

Arina Waterpark

Wisata Depok ini bisa menjadi pilihan bagi keluarga yang hendak berlibur beserta anak-anaknya. Arina Waterpark menawarkan 2 kolam renang khusus anak-anak, dan 1 kolam renang untuk dewasa. Wahana permainan airnya pun cukup lengkap dan seru, terdapat perosotan air dan juga wahana air tumpah.

Kolam Renang Paragon

Kolam Renang Paragon berada di Sukamaju, Cilodong, Depok. Kolam renang di Depok ini menawarkan konsep semi outdoor ini membuat wisatawan leluasa berenang tanpa terpengaruh kondisi cuaca. Fasilitas yang ditawarkan pun terbilang lengkap, seperti ruang bilas, gazebo, wifi, mushola hingga loker. Adanya wahana perosotan dan air tumpah akan membuat pengalaman berenang semakin seru.

Kolam Renang Ceria

Kolam Renang Ceria berada di Jl. K.H.M. Usman No.110, Kukusan, Kecamatan Beji, Kota Depok. . Kolam Renang Ceria ini menawarkan beberapa kolam renang yang juga dilengkapi dengan seluncuran air. Tak hanya itu, terdapat pula kolam arus yang sangat diminati oleh wisatawan.

6 dari 6 halaman

Wisata Depok Jawa Barat

Studio Alam TVRI

Dulunya, Studio Alam TVRI merupakan tempat syuting program TVRI dan film-film kolosal Indonesia. Ditumbuhi berbagai pepohonan rindang, tempat ini menawarkan nuansa alami yang mampu menyegarkan pikiran. Didalamnya juga terdapat rumah-rumah tradisional, dan juga danau buatan yang bisa dikunjungi wisatawan. Studio Alam TVRI berada di Jl. Studio Alam TVRI, Sukmajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok.

Rumah Keramik F Widayanto

Rumah Keramik F Widayanto berada di Jl. Curug Agung No.1, Tanah Baru, Kecamatan Beji, Kota Depok. F. Widayanto saat ini adalah perupa Indonesia paling terkemuka yang terkenal karena ciptaannya yang orisinal dan unik. Pada Rumah Keramik F Widayanto, pengunjung bisa melihat langsung karya-karya keramik dari seorang seniman bernama F Widyanto. Tak hanya melihat saja, terdapat pula workshop sehingga wisatawan bisa langsung belajar bagaimana cara membuat kerajinan keramik.

Kampung Warna-warni Depok

Tak mau kalah dengan Malang, wisata Depok juga punya kampung warna-warni. Kampung ini dihiasi dengan payung dan rumah yang dicat warna-warni. Kampun ini berada di Jalan Bhakti, RW 10 Kecamatan Cimanggis, Depok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.