Sukses

Doa Keluar Masjid Lengkap Arab, Latin, dan Artinya, Muliakan Rumah Allah

Doa keluar masjid merupakan adab ketika berada di masjid.

Liputan6.com, Jakarta Doa keluar masjid bisa dibaca ketika hendak meninggalkan masjid. Masjid merupakan tempat ibadah yang suci dan harus dihormati. Membaca doa keluar masjid menjadi salah satu adab ketika berada di masjid.

Sama seperti kegiatan lainnya, ketika akan keluar dari masjid, hendaknya membaca doa keluar masjid. Dalam penerapannya, ada dua jenis doa keluar masjid yang bisa dibaca salah satu. Doa keluar masjid ini ada yang versi panjang dan pendek. Kamu bisa membaca salah satu doa keluar masjid ini sesuai kebutuhan.

Selain doa keluar masjid, ada doa-doa lain yang juga bisa dibaca ketika berada di masjid. Doa keluar masjid dan doa lainnya menjadi wujud memuliakan rumah Allah. Berikut doa keluar masjid dan doa lainnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (7/5/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Doa menuju masjid

Ketika hendak berangkat ke masjid, dianjurkan untuk membaca doa menuju masjid. Berikut doanya:

Alloohummaj-'al fii qolbhii nuuroon wa fii lisaanii nuuroon wa fii bashorii nuuroon wa fii sam 'ii nuuroon wa 'an yamiinii nuuroon wa'an yasaarii nuuroon wa fauqii nuuroo wa tahtii nuuroo wa amaamii nuuroon wa kholfii nuuroon waj-'al lii nuuroon."

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah di hatiku cahaya, pada lisanku cahaya dalam pendengaranku cahaya, di pandanganku cahaya, dari kananku cahaya, dari kiriku cahaya, dari atasku cahaya, dari bawahku cahaya, dari depanku cahaya, belakangku cahaya, dan jadikanlah untukku cahaya."

 

3 dari 6 halaman

Doa masuk masjid

Doa pendek

اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Allahummaftahlii abwaaba rahmatika.

Artinya: " Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu."

Doa panjang

بِسْمِ اللهِ, وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ ,اللَّهُمَّ اغْفِرْلِيْ ذُنُوْبِيْ, وَافْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Bismillah wash-shalaatu was salaamu ‘ala rasuulillah. Allahummaftahlii abwaaba rahmatik.

Artinya: " Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah padaku pintu rahmat-Mu."

Doa panjang lainnya

"A‘uudzu billaahil ‘azhiim wa biwajhihil kariim wa sulthaanihil qadiim minas syaithaanir rajiim. Bismillaahi wal hamdulillaah. Allaahumma shalli wa sallim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin. Allaahummaghfirlii dzunuubii waftahlii abwaaba rahmatik."

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah sholawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukalah bagiku segala pintu rahmat-Mu."

 

4 dari 6 halaman

Doa keluar masjid

Doa pendek

اَللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Allahummaghfirlii dzunubii waftahlii abwaba fadhlika.

Artinya: " Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu akan segala keutamaan-Mu."

Doa panjang

أعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ فَضْلِكَ

"A‘uudzu billaahil ‘azhiim wa biwajhihil kariim wa sulthaanihil qadiim minas syaithaanir rajiim. Bismillaahi wal hamdulillaah. Allaahumma shalli wa sallim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin. Allaahummaghfirlii dzunuubii waftahlii abwaaba fadhlik."

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukakanlah bagiku segala pintu kemurahan-Mu."

5 dari 6 halaman

Doa saat di dalam masjid

Berikut doa saat di dalam masjid:

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ كُلُّهُ وَلَكَ الْمُلْكُ كُلُّهُ , وَبِيَدِكَ الْخَيْرُ كُلُّهُ , وَإِلَيْكَ يَرْجِعُ الأَمْرُ كُلُّهُ عَلانِيَتُهُ وَسِرُّهُ فَأَهْلٌ أَنْ تُحْمَدَ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي جَمِيعَ مَا مَضَى مِنْ ذَنْبِي وَاعْصِمْنِي فِيمَا بَقِيَ مِنْ عُمْرِي وَارْزُقْنِي عَمَلًا زَاكِيًا تَرْضَى بِهِ عَنِّي

Allahumma lakal hamdu kulluhu wa lakal mulku kulluhu wa biyadikal khoiru kulluhu wa ilaika yarji'ul amru kulluhu 'alaniyyatuhu wa sirruhu fa ahlun antuhmada innaka 'ala kulli syaiin qodir. Allahummaghfirli jami'a ma madla min dzunbi wa'shimni fima baqiya min 'umri warzuqni 'amalan zakiyan tardla bihi 'anni.

Artinya: " Ya Allah, bagi-Mu segala puji, bagi-Mu segala kekuasaan, pada kekuasaan-Mu segala kebaikan dan kepada-Mu pula kembali segala urusan, yeng terang maupun yang samar. Bagi-Mu segala puji, sungguh Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ampunilah dosa-dosaku yang telah lewat dan perihalah aku pada sisa umurku dan anugerahilah aku perbuatan-perbuatan suci yang mana dengannya Engkau ridha kepadaku."

6 dari 6 halaman

Doa pulang dari masjid

Ketika keluar dari masjid dan hendak pulang, ada doa yang bisa dibaca. Berikut doa pulang dari masjid:

Allahumma inni a'udzu bika biwashlika min shaddika wa a'udzu biqobulika min raddika wa a'udzu biqurbika min thordika. Allahummaj'alna min ahli tho'atika wa widdika wa ahhilna lidzikrika wa hamdika ya arhamar rahimin.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan ketersambungan-Mu dari penolakan-Mu, dan aku berlindung dengan penerimaan-Mu dari berpaling-Mu, aku berlindung dengan kedekatan-Mu dari mengusir-Mu. Ya Allah, jadikanlah kami termasuk orang-orang yang taat kepada-Mu dan senang kepada-Mu, dan jadikanlah kami orang-orang yang senantiasa mengingat-Mu dan memuji-Mu, dengan rahmat-Mu, wahai Dzat Yang Maha Paling Pengasih di antara para pengasih."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.