Sukses

Mengeluh Sulit Napas, Rongga Hidung Pria Ini Ternyata Ditumbuhi Gigi

Kisah pria yang rongga hidungnya ditumbuhi gigi.

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria mengeluhkan sulit bernapas di lubang hidung bagian kanan. Siapa sangka, hal mengejutkan diketahui telah tumbuh gigi tepat di dalam rongga hidung pria tersebut. Pria berusia 38 tahun itu mengatakan kepada sebuah klinik bahwa dia telah menderita masalah pernapasan selama beberapa tahun.

Sudah sewajarnya gigi manusia tumbuh di dalam mulut. Berbagai perawatan memang dibutuhkan untuk  menunjang kesehatan gigi dan mulut. Mulai dari menggosok gigi, berkumur, hingga melakukan tes kesehatan ke dokter gigi. Jika tidak, berbagai penyakit gigi dan mulut bisa terjadi. Namun hal ini tak bisa menolong pria dengan keluhan hidung yang ditumbuhi gigi. 

Kejadian ini ditemui di negara Inggris yang telah dipublikasikan oleh The New England Journal of Medicine. Fenomena medis langka ini telah mendapat tindakan medis pihak dokter. Gigi yang tumbuh tidak normal di luar tempatnya ini dijuluki sebagai gigi ektopik. 

Meski sering ditemukan gigi ektopik pada manusia, namun gigi ektopik yang tumbuh hingga ke rongga hidung memang jarang terjadi. Melihat foto X-ray, sangat jelas bagaimana sebuah gigi tumbuh di dalam rongga hidung. Berikut Liputan6.com merangkum kisahnya melansir dari Lad Bible, Rabu (23/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gigi Sepanjang 14 mm

Tim dokter THT kemudian melakukan prosedur rinoskopi. Teknik ini akan melihat secara detail bagian dalam rongga hidung pasien. Setelah melakukan pemeriksaan, akhirnya dokter dapat menemukan benda putih bersarang di lubang hidungnya. Mereka segera mendiagnosa bahwa gigi ektopik tumbuh di hidungnya.

Segera tim dokter melakukan tindakan pencabutan gigi yang berbeda dari umumnya. Bukan di rongga mulut, kali ini di rongga hidung. Hingga ditemukan gigi putih sepanjang 44 mm yang sebelumnya mencuat ke rongga hidung pasien.

"Gigi dicabut selama operasi mulut dan otolaringologi melalui pendekatan intranasal dan diukur panjangnya 14 mm. Tidak ada komplikasi pasca operasi,” ujar tim dokter mengutip dari Sagar Khanna dan Michael Turner. 

3 dari 3 halaman

Gigi Ektopik yang Unik

Sudah seharusnya gigi tumbuh di dalam rongga mulut. Namun apa yang terjadi pada pria 38 tahun asal Inggris tersebut memang unik. Meskipun dijuluki sebagai kelainan medis, namun fenomena gigi ektopik yang tumbuh di rongga hidung sangatlah langka. 

Sebagaimana mengutip dari National Health Service (NHS) Queen Victoria Hospital di Grinstead, Inggris, Terkadang satu atau lebih gigi tumbuh di posisi yang salah, akhirnya tersangkut dan tetap terkubur di tulang rahang di bawah gusi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.