Sukses

Dikira Buatan Alien, Fenomena Pasir Beku Ini Bikin Heboh

Fenomena unik pasir beku yang bikin heboh.

Liputan6.com, Jakarta Terkadang benda-benda aneh muncul di sekitar kita yang tanpa disadari menghasilkan bentuk yang unik. Tak heran benda-benda aneh ini menjadi perhatian publik. Mulai dari bagaimana bisa terbentuk, atau siapa yang membuat benda aneh tersebut. Salah satunya ialah fenomena alam pasir beku di tepian Danau Michigan, Amerika Serikat. 

Beberapa potret pasir beku yang aneh ini berhasil diabadikan oleh fotografer alam, Terri Abbott. Umumnya kering terdiri dari butiran halus yang tidak mudah dipegang. Lain halnya dengan pasir beku ini yang membentuk penampakan patung yang menjulang.

"Saya berbaring di tanah dan memotret melalui patung-patung ini, membuatnya tampak seperti berada di planet asing," kata Abbott kepada Live Science (15/1/2022).

Gambar-gambar yang sekarang telah menjadi viral telah membuat orang berspekulasi tentang bagaimana mereka dibuat. Tak heran masyarakat menyebut patung-patung tersebut dibuat oleh alien. Sementara yang lain menyebutnya dengan bidak catur yang terbuat dari pasir. 

Bentuk patung pasir ini memang seperti bidak dalam permainan catur. Terlepas dari bentuknya, patung pasir aneh ini punya alasan ilmiah yang membentuknya. Berikut selengkapnya Liputan6.com merangkumnya dari Live Science, Senin (17/1/2022)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bentuk Pasir Beku Unik

Diketahui patung-patung pasir tersebut dijuluki dengan hoodoo. Setiap pilar pasir ini memiliki ketinggian yang beragam. Mulai dari 7,6 hingga 51 sentimeter. Kala itu Abbott Mengunjungi Taman Tiscornia di St. Joseph, Michigan, Minggu (8/1/2022). Kala itu sebagian pantai diselimuti dengan salju. 

Hampir mirip dengan bidak catur, patung-patung pasir beku ini menjulang ke atas dengan bentuk beragam. Beberapa patung pasir berbentuk silinder asimetris. Sedangkan patung pasir lainnya menimbulkan motif yang halus sehalus pasir pantai. 

Joshua Nowicki, seorang fotografer yang berbasis di Michigan Barat Daya mengungkapkan bentuk pasir beku ini sangatlah beragam. Meskipun jarang terjadi, namun jika ada pasir basah dan angin kencang berkelanjutan selama beberapa hari, hal ini sangat memungkinkan terjadinya patung pasir. 

3 dari 3 halaman

Bukan Buatan Alien

Rasa penasaran masyarakat akhirnya terbayarkan. Pasalnya pilar-pilar pasir ini bukan diciptakan oleh alien. Pilar pasir beku yang aneh ini memiliki penyebab terbentuknya secara ilmiah.

Melalui Live Science, Bonn seorang peneliti senior menjelaskan lebih lanjut proses terbentuknya patung pasir. Ia mengungkapkan adanya bercak air yang meresap pada pasir. Kondisi danau yang berangin akan mengikis pasir dan meninggalkan pasir yang mengandung air. Cuaca dingin akhirnya membuat pasir tetap berdiri karena air yang terkandung membeku. 

“Di tempat lain, angin dan pasir yang dibawanya dapat mengikis pilar pasir, menghilangkan pasir, yang mengarah ke cincin dan bentuk silinder yang asimetris," kata Bonn.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.