Sukses

Apa Itu Link? Fungsi, Jenis, Cara Membuat, dan Contohnya

Link bisa ditemukan pada tautan web dan program komputer

Liputan6.com, Jakarta Apa itu link? Apa itu link adalah kependekan dari hyperlink. Mengenali apa itu link adalah bisa ditemukan pada tautan web dan program komputer. Apa itu link adalah akan berwarna ungu atau biru atau digaris bawahi ketika diikuti (klik).

Link sangat populer pada dokumen HTML. Melansir dari Techopedia, pada Rabu (12/1/2022) hyperlink atau apa itu link adalah elemen dalam dokumen HTML yang menautkan ke bagian lain dari dokumen atau ke dokumen lain yang berhubungan. 

Apa itu link adalah bagian dari antarmuka yang bisa menghubungan dengan tujuan atau target. Contoh target dari apa itu link adalah menautkan teks, gambar-gambar, URL, kontrol atau tombol, atau anchor teks yang penting dalam SEO (Search Engine Optimization).

Dalam buku berjudul Presentasi dengan Infografis oleh Agus Supriyono, dkk menjelaskan hyperlink atau apa itu link adalah cara untuk menghubungkan satu bagian di dalam program dengan program lainnya atau halaman web dengan sebuah program.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang apa itu link dan jenis-jenisnya, Rabu (12/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fungsi dan Jenis Link atau Hyperlink

Dalam buku berjudul Pemrograman Website dengan PHP-MySQL untuk Pemula oleh Rusli, dkk dipaparkan fungsi dan jenis link. Apa saja?

Fungsi Link

1. Menghubungan Antar Dokumen

Fungsi link adalah mengubungkan antar dokumen atau file dalam sebuah pemrograman di komputer. Fungsinya agar saat presentasi atau membuat dokumen, bisa dengan mudah menghubungkannya dengan dokumen lain. 

2. Memudahkan Kunjungan Web

Fungsi link adalah memudahkan visitor atau pengunjung web melihat tulisan, video, gambar atau lainnya dalam sebuah tampilan situs yang sama. Sehingga pengunjung tidak perlu mencarinya secara manual, karena bisa langsung membuka link tersebut.

3. Memudahkan Mencari Informasi

Fungsi link adalah memudahkan dalam pencarian informasi. Misalnya dengan membagikan link ke orang lain, sehingga orang tersebut juga bisa membaca atau membukanya.

Jenis-Jenis Link

1. Absolute Address

Penulisan hyperlink atau link ini dilakukan dengan menuliskan alamat dokumen atau halamannya yang disertai alamat situsnya. Hyperlink ini harus dituliskan dengan menggunakan jaringan internet.

Absolute address berarti membuat pintasan atau shortcut baru dari alamat situs tertentu. Biasanya hyperlink jenis ini mudah ditemukan pada situs web yang mencantumkan link pada dokumen atau tulisannya.

2. Relative address 

Penulisan hyperlink atau link ini dilakukan dengan mencantumkan nama file dan path-nya. Saat menuliskan tidak membutuhkan sinyal atau jaringan internet. Relative address sering digunakan dalam sebuah blog atau web. 

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Link atau Hyperlink

Bagaimana cara membuat link? Dalam buku berjudul Cara Mudah Mendesain Web untuk Pemula oleh Adhi Prasetio, proses pembuatan link adalah diperlukan “tag” dan “href” (kepanjangan dari hyperlink reference.

Pada proses pencantuman tag dan href bisa dilakukan oleh pengguna, tepat sebelum penulisan nama situs yang diinginkan. Pembuatan hyperlink atau apa itu link ini bisa diterapkan pada web, program email, bookmark atau pada halaman pemrograman.

Untuk pembuatan hyperlink atau link khusus di program Microsoft Word, Power Point atau Excel juga memiliki caranya masing-masing yang disesuaikan dengan menu di dalamnya. Bisa pula menggunakan menu tab "Insert" dan pilih menu hyperlink atau link.

Pada tahap akan mencantumkan hyperlink atau link di tiga program komputer tersebut, maka pengguna bisa mulai menggunakan absolute address atau penulisan hyperlink atau link secara lengkap. Agar saat mengklik, mengetuk, atau menyentuh akan langsung terarah ke web atau dokumen yang diinginkan.

4 dari 4 halaman

Contoh Penggunaan Link atau Hyperlink

Merriam Webster menjelaskan hyperlink atau apa itu link adalah penyedia akses langsung dari satu halaman ke halaman berbeda atau dari dokumen sama ke dokumen berbeda. Bagaimana contohnya?

Dicontohkan, apa itu link dalam sebuah pesan yang mengalihkan pada StarMED Healthcare, ini perusahaan yang telah membantu penduduk Charlotte mendapatkan vaksin COVID-19. Hal sama berlaku ketika ada pesan dari Satuan Tugas COVID-19 di Indonesia dengan pesan berwarna biru.

Lakukan metode klik atau mengetuk. Contoh penggunaan link adalah ketika mengklik, mengetuk, atau memilih link melansir Computer Hope, pada Rabu (12/1/2022) dijelaskan browser akan meninggalkan halaman yang sedang dilihat dan membuka link untuk halaman baru.

Apabila penerima pesan mengklik, mengetuk, dan memilihnya untuk membuka link berwarna biru dari Satuan Tugas COVID-19 itu, maka pesan akan mengarahkan penerima pesan ke halaman website Satuan Tugas COVID-19 di Indonesia. Dalam website akan lebih rinci menginformasikan tentang vaksinasi dan berita seputar COVID-19.

Hal sama dipaparkan Britannica, tautan dari apa itu link adalah paling efektif digunakan untuk menyampaikan informasi dalam jumlah besar atau banyak yang disusun menjadi lebih sederhana dan mudah dipahami penerima dalam satu waktu. Hyperlink atau apa itu link paling berhasil digunakan pada situs web di internet.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.