Sukses

CRM adalah Customer Relationship Management, Kenali Manfaatnya

CRM adalah salah satu sistem penting dalam bisnis.

Liputan6.com, Jakarta CRM adalah salah satu sistem penting dalam bisnis. CRM adalah sistem yang berkaitan dengan hubungan pelanggan. Biasanya CRM memanfaatkan teknologi komputer dan internet.

CRM adalah strategi bisnis yang harus dipertimbangkan. Mengelola CRM adalah salah satu cara embantu bisnis meningkatkan pengalaman, kepuasan, retensi, dan layanan pelanggan. CRM memungkinkan bisnis dari semua ukuran untuk mendorong pertumbuhan dan keuntungan.

Dalam bisnis, CRM adalah sistem yang juga bisa membantu meningkatkan reputasi perusahaan. Fitur utama dari CRM adalah mengoptimasi pemasaran. CRM adalah sistem yang dibutuhkan setiap bisnis. Berikut pengertian CRM, cara kerja, dan manfaatnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (19/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apa itu CRM?

CRM merupakan singkatan dari Customer relationship management atau manajemen hubungan pelanggan. Melansir Investopedia, CRM adalah prinsip, praktik, dan pedoman yang diikuti organisasi saat berinteraksi dengan pelanggannya.

CRM adalah kombinasi praktik, strategi, dan teknologi yang digunakan perusahaan untuk mengelola dan menganalisis interaksi dan data pelanggan di seluruh siklus hidup pelanggan. Tujuan CRM adalah untuk meningkatkan hubungan layanan pelanggan dan membantu dalam retensi pelanggan dan mendorong pertumbuhan penjualan.

CRM sering digunakan untuk merujuk pada perusahaan teknologi dan sistem yang membantu mengelola interaksi eksternal dengan pelanggan. Elemen CRM berkisar dari situs web dan email perusahaan hingga surat massal dan panggilan telepon.

Biasanya CRM berbentuk perangkat lunak khusus. Sistem CRM dimulai dengan mengumpulkan situs web pelanggan, email, telepon, data media sosial, dan banyak lagi, di berbagai sumber dan saluran. Ini juga dapat secara otomatis menarik informasi lain, seperti berita terbaru tentang aktivitas perusahaan, dan dapat menyimpan detail pribadi, seperti preferensi pribadi klien pada komunikasi.

3 dari 6 halaman

Cara kerja CRM

Melansir crm.org, cara kerja CRM adalah menarik informasi dari email, panggilan suara, dan saluran lain untuk membantu mendapatkan lebih banyak pelanggan dan mempertahankan yang dimiliki. Organisasi atau perusahaan dapat menggunakan perangkat lunak CRM untuk melacak interaksi, data, dan catatan tentang pelanggan atau calon pelanggan. Data disimpan dalam database pusat dan dapat diakses oleh banyak orang dalam suatu organisasi.

CRM membantu optimasi pemasaran dan tenaga penjualan, kontak, dan manajemen proyek. CRM memberi satu tempat untuk mengatur alur kerja dan proses bisnis, sehingga kamu dapat berkolaborasi, menyelesaikan lebih banyak transaksi, dan menyelesaikan lebih banyak hal. Sistem CRM umumnya dirancang untuk merampingkan dan meningkatkan interaksi pelanggan, proses penjualan, dan menjalankan kampanye pemasaran.

Sistem CRM juga dapat memberikan informasi rinci kepada anggota staf yang menghadapi pelanggan tentang informasi pribadi pelanggan, riwayat pembelian, preferensi pembelian, dan masalah.

4 dari 6 halaman

Manfaat memiliki CRM

Berikut manfaat dari CRM melansir crm.org:

Meningkatkan layanan pelanggan

Sistem CRM mengelola semua kontak dan mengumpulkan informasi prospek dan pelanggan untuk membangun profil semua orang yang berinteraksi dengan. Ini memberi akses mudah ke informasi penting untuk lebih memahami perilaku pelanggan seperti catatan pembelian dan komunikasi sebelumnya dengan kontak di berbagai saluran.

Peningkatan penjualan

Manfaat CRM adalah menyederhanakan dan meningkatkan proses penjualan. Ia membangun jalur penjualan, mengotomatiskan tugas, dan menganalisis data penjualan. Hasilnya, peningkatan penjualan dan produktivitas penjualan. Sistem CRM memungkinkan untuk mengakses semua kontak suara, obrolan, dan email yang menghadap pelanggan di satu tempat.

Pertahankan lebih banyak pelanggan

Alat CRM seperti analisis sentimen, tiket otomatis, dan dukungan pelanggan serta otomatisasi layanan pelanggan dapat membantu mempertahankan lebih banyak pelanggan.

Analisis yang lebih baik

Alat CRM analitik membuat data tersedia, dapat dipahami, dan relevan dengan kebutuhan bisnis. Semua tumpukan data penjualan, data keuangan, dan data pemasaran mengalir ke CRM untuk menjadi metrik yang terlihat, dengan pergudangan data dan penambangan data di sana untuk memahami segalanya. Manfaat bersihnya adalah akuisisi pelanggan, retensi pelanggan, dan manajemen data yang lebih baik.

5 dari 6 halaman

Manfaat memiliki CRM

Tingkatkan efisiensi

CRM membantu otomatisasi pekerjaan. Otomatisasi tugas menghilangkan pekerjaan kasar dan berulang dan memberi lebih banyak waktu untuk tugas-tugas kognitif yang paling baik dilakukan manusia.

Berbagi pengetahuan yang lebih baik

Miskomunikasi dan kurangnya transfer informasi adalah dua pemborosan waktu utama. Alat CRM kolaboratif dapat merampingkan kerja tim dengan memungkinkan membangun basis pengetahuan, menetapkan alur kerja praktik terbaik, dan memungkinkan komunikasi tanpa gesekan antara anggota tim.

Lebih transparan

Sistem CRM memungkinkan untuk mendorong transparansi yang lebih besar dalam organisasi dengan menetapkan tugas, menunjukkan pekerjaan, dan menggambarkan dengan tepat siapa adalah siapa dan siapa melakukan apa. Platform CRM memungkinkan semua orang di organisasi untuk mendapatkan visibilitas pada proses bisnis, mendorong lebih banyak saling pengertian dan kolaborasi.

6 dari 6 halaman

Jenis teknologi CRM

Melansir Tech Target, ada empat vendor utama sistem CRM adalah Salesforce, Microsoft, SAP dan Oracle. Penyedia lain populer di kalangan usaha kecil hingga menengah, tetapi keempat ini cenderung menjadi pilihan bagi perusahaan besar. Jenis-jenis teknologi CRM yang ditawarkan adalah:

CRM berbasis cloud

Dengan CRM berbasis cloud, data disimpan di jaringan eksternal dan jarak jauh yang dapat diakses karyawan kapan saja, di mana saja selama ada koneksi internet, terkadang dengan pihak ketiga. penyedia layanan pihak yang mengawasi pemasangan dan pemeliharaan.

CRM Lokal

Sistem ini menempatkan tanggung jawab administrasi, kontrol, keamanan dan pemeliharaan database dan informasi pada perusahaan menggunakan perangkat lunak CRM. Dengan pendekatan ini, perusahaan membeli lisensi di muka, alih-alih membeli langganan tahunan dari penyedia cloud CRM. Perangkat lunak berada di server perusahaan sendiri dan pengguna menanggung biaya upgrade apa pun.

CRM sumber terbuka

Sistem CRM open source membuat kode sumber tersedia untuk umum, memungkinkan perusahaan untuk membuat perubahan tanpa biaya kepada perusahaan yang menggunakan sistem tersebut. Sistem CRM sumber terbuka juga memungkinkan penambahan dan penyesuaian tautan data di saluran media sosial, membantu perusahaan yang ingin meningkatkan praktik CRM sosial.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.