Sukses

Deduksi adalah Metode Penalaran, Kenali Pendekatan dan Contohnya

Deduksi adalah salah satu bentuk dasar dari penalaran.

Liputan6.com, Jakarta Deduksi adalah istilah yang berkaitan dengan logika penalaran. Dalam berpikir ilmiah, deduksi adalah penalaran yang digunakan untuk mencapai kesimpulan logis yang benar. Sebutan lain dari metode deduksi adalah penalaran deduktif.

Deduksi adalah salah satu bentuk dasar dari penalaran. Deduksi adalah penalaran yang biasa disandingkan dengan penalaran induktif. Kedua pendekatan tersebut digunakan dalam berbagai jenis penelitian. Tak jarang induktif dan deduksi adalah penalaran yang digabungkan dalam satu penelitian besar. 

Deduksi adalah pendekatan yang selalu diawali dengan teori. Penalaran ini merupakan pendekatan yang digunakan dalam sains dan kehidupan. Berikut pengertian deduksi sebagai metode penalaran, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(16/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Mengenal deduksi

Menurut KBBI, deduksi adalah penarikan kesimpulan dari keadaan yang umum. Ini meliputi penyimpulan dari yang umum ke yang khusus. Penalaran deduksi adalah proses penalaran dari satu atau lebih pernyataan umum (premis) untuk mencapai kesimpulan logis tertentu.

Penalaran deduksi adalah bentuk dasar dari penalaran yang valid. Penalaran deduktif, atau deduksi, dimulai dengan pernyataan umum, atau hipotesis, dan memeriksa kemungkinan untuk mencapai kesimpulan logis yang spesifik.

3 dari 8 halaman

Cara kerja penalaran deduksi

Deduksi adalah digunakan dalam metode ilmiah untuk menguji hipotesis dan teori. Penalaran deduktif biasanya mengikuti langkah-langkah. Pertama, ada premis pertama, lalu premis kedua, dan akhirnya inferensi.

Bentuk umum dari penalaran deduktif adalah silogisme, di mana dua pernyataan (premis mayor dan premis minor) lalu mencapai kesimpulan logis. Silogisme dianggap sebagai cara yang baik untuk menguji penalaran deduktif untuk memastikan argumen tersebut valid.

Penalaran deduksi adalah penalaran yang selalu diawali dengan teori. Bernalar secara deduktif berarti menguji teori-teori tersebut. Pemikiran deduktif hanya menggunakan informasi yang dianggap akurat. Itu tidak termasuk emosi, perasaan, atau asumsi tanpa bukti.

4 dari 8 halaman

Proses penalaran deduksi

Memahami proses penalaran deduksi dapat membantu menerapkan logika untuk memecahkan tantangan. Pemikiran deduksi hanya menggunakan informasi yang dianggap akurat. Itu tidak termasuk emosi, perasaan, atau asumsi tanpa bukti. Berikut proses penalaran deduksi:

1. Premis awal

Penalaran deduksi dimulai dengan asumsi. Asumsi ini biasanya merupakan pernyataan umum bahwa jika sesuatu itu benar, maka itu pasti benar dalam semua kasus.

2. Premis kedua

Premis kedua dibuat sehubungan dengan asumsi pertama. Jika pernyataan pertama benar, maka pernyataan terkait kedua juga harus benar.

3. Pengujian

Selanjutnya, asumsi deduktif diuji dalam berbagai skenario.

4. Kesimpulan

Berdasarkan hasil pengujian, informasi tersebut ditentukan valid atau tidak valid.

5 dari 8 halaman

Contoh penalaran deduksi

Berikut contoh penalaran deduksi:

Premis 1: Semua makhluk hidup membutuhkan air

Premis 2: Gajah adalah makhluk hidup

Kesimpulan: Gajah membutuhkan air

Premis pertama menyatakan bahwa semua yang diklasifikasikan sebagai makhluk hidup memiliki atribut membutuhkan air. Premis kedua menyatakan bahwa gajah diklasifikasikan sebagai makhluk hidup.

Kesimpulannya kemudian menyatakan bahwa gajah pasti membutuhkan air karena ia diklasifikasikan sebagai makhluk hidup.

Contoh lain:

Premis 1: Semua kucing memiliki dua telinga

Premis 2: hewan itu adalah kucing

Kesimpulan: hewan itu memiliki dua telinga

6 dari 8 halaman

Jenis-jenis penalaran deduksi

Silogisme

Jenis penalaran ini adalah ketika menyimpulkan dari dua premis yang diasumsikan bahwa keduanya memiliki istilah yang sama dengan hasilnya.Contohnya: semua kucing adalah mamalia, dan semua mamalia memiliki empat kaki. Karena itu, semua kucing memiliki empat kaki. Meskipun pernyataan ini belum tentu benar, ini menunjukkan bagaimana dua premis yang diasumsikan dapat mengarah pada kesimpulan yang sama.

Modus ponens

Modus ponens, juga disebut sebagai affirming the antecedent, adalah jenis penalaran di mana rumus berikut digunakan: Jika P benar, dan P menyiratkan Q, maka Q akan benar. Misalnya, jika Jane pergi bekerja pada hari Selasa, dan hari ini adalah Selasa, maka Jane akan bekerja hari ini.

Modus tollens

Modus tollens adalah kebalikan dari modus ponens karena menyimpulkan bahwa jika P menyiratkan Q, dan Q tidak benar, maka P tidak benar. Misalnya, jika Jane pergi bekerja pada hari Selasa, dan Jane tidak pergi bekerja hari ini, maka hari ini bukanlah hari Selasa.

 

7 dari 8 halaman

Kelebihan penalaran deduksi

Penalaran deduksi adalah keterampilan penting yang dapat membantu berpikir logis dan membuat keputusan. Pendekatan ini memungkinkan para profesional untuk sampai pada kesimpulan berdasarkan premis yang dianggap benar atau dengan mengambil asumsi umum dan mengubahnya menjadi ide atau tindakan yang lebih spesifik.

Beberapa orang akan berpendapat bahwa penalaran deduksi adalah keterampilan hidup yang penting. Ini memungkinkan untuk mengambil informasi dari dua atau lebih pernyataan dan menarik kesimpulan yang masuk akal secara logis. Penalaran deduksi bergerak dari generalisasi ke kesimpulan khusus.

8 dari 8 halaman

Kekurangan penalaran deduksi

Kesimpulan penalaran deduksi hanya bisa benar jika semua premis yang ditetapkan dalam studi induktif benar dan istilahnya jelas. Meskipun penalaran deduksi dianggap sebagai bentuk pengujian yang andal, penting untuk mengenali bahwa terkadang hal ini dapat mengarah pada kesimpulan yang salah.

Ini umumnya terjadi ketika salah satu pernyataan asumsi pertama salah. Dimungkinkan juga untuk sampai pada kesimpulan yang akurat bahkan jika salah satu atau kedua premis yang digeneralisasi salah.

Contoh:

Premis 1: Semua anjing memiliki kutu

Premis 2: Bleki adalah seekor anjing

Kesimpulan: Bleki memiliki kutu

Premis 1 merupakan premis yang salah karena tidak semua anjing memiliki kutu. Ini membuat kesimpulan juga berpotensi salah. Berdasarkan premis yang dimiliki, kesimpulannya harus benar. Namun, jika premis pertama ternyata salah, kesimpulan bahwa Bleki memiliki kutu tidak dapat diandalkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.