Sukses

Cara Menghilangkan Tinta di Jari Bekas Nyoblos Usai Pemilu, Mudah Banget

Cara mudah menghilangkan tinta di jari bekas nyoblos.

Liputan6.com, Jakarta Pemilihan Umum atau Pemilu 2019 telah selesai dilaksanakan pada siang hari, Rabu (17/4/2019). Banyak masyarakat Indonesia yang sangat antusias untuk merayakan pesta demokrasi ini. Hal ini dibuktikan dengan masyarakat yang turun ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah disediakan di setiap wilayah mereka tinggal.

Tentunya, hal ini dilakukan guna untuk turut memilih Presiden dan Wakil Presiden. Selain itu, juga memilih anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Baca Juga

Tidak hanya proses tata cara mencoblos saja yang turut menjadi perhatian untuk memilih salah satu pemimpin ini. Namun yang dibutuhkan masyarakat setelah mencoblos pun juga menjadi perhatian.

Ya, salah satunya adalah cara untuk menghilangkan atau menghapus tinta setelah mencoblos tersebut. Memang, bukti kalau kamu sudah ikut berpartisipasi memilih atau mencoblos adalah dengan adanya tinta biru pada jari kelingking.

Sekarang kamu tidak perlu khawatir. Ternyata tinta yang terdapat di jari kamu ini bisa dihilangkan dalam waktu singkat. Tentu saja, kamu juga memerlukan alat bantu untuk menghilangkannya. Tak perlu repot, aneka alat bantu untuk menghilangkan bekas tinta ini bisa ditemukan di rumah kamu.

Berikut Liputan6.com, Rabu (17/4/2019) telah mengulas beberapa cara mudahnya. Telah dirangkum dari berbagai sumber, ini cara mudah untuk menghilangkan tinta di jari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menggunakan Pasta Gigi hingga Lotion

Pasta Gigi

Pasta gigi dapat menghilangkan bekas tinta coblosan. Cukup oleskan sedikit pasta gigi, sebelum kering, gosok perlahan.

Garam dan Lemon

Campurkan garam dan lemon pada segelas air, kemudian celupkan jari dan urut perlahan.

Lotion

Selain pasta gigi, lotion tubuh nyatanya ampuh melunturkan tinta di jari. Caranya sama, gosokkan pada bagian yang terkena tinta dan guyur dengan air.

3 dari 3 halaman

Menggunakan Alkohol hingga Cairan Pembersih Kaca

Alkohol

Alkohol selain dapat sebagai pembunuh bakteri pada luka, juga sebagai alternatif menghilangkan tinta.

Cairan Pembersih Kaca

Benda lain yang dapat melenyapkan tinta adalah cairan pembersih kaca. Celupkan jari yang ditandai oleh tinta, diamkan sejenak kemudian gosok dengan halus.

Lem Kertas Cair

Meskipun terasa lengket dan kurang nyaman di tangan, ternyata lem kertas cair juga ampuh mengusir tinta biru setelah kamu pulang dari TPS terdekat. Oleskan dan gosok dengan air, tinta akan memudar bersama aliran air bercampur lem tersebut.

Aseton

Pembersih cat kuku atau aseton ini juga bisa banget untuk menghilangkan tinta bekas nyoblos. Kamu hanya perlu menuangkan aseton pada kapas, kemudian gosok perlahan pada bagian yang terkena tinta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini