Sukses

6 Wisata Aceh yang Hits dan Memukau, Wajib Kamu Datangi

Liputan6.com, Jakarta Wisata Aceh tidak hanya soal museum tsunami atau wisata pantai saja. Banyak sekali wisata Aceh yang terkenal dan pastinya bisa memanjakan mata sekaligus sebagai tempat untuk eksis di media sosial. Beberapa tempat wisata Aceh, menyuguhkan wisata alam yang menakjubkan dan menarik. Namun di Aceh tidak hanya wisata alamnya saja yang diandalkan. Ada beberapa tempat wisata lainnya yang berada di Aceh, yang wajib dikunjungi.

Aceh adalah salah satu provinsi di Indonesia yang diberi status sebagai daerah istimewa dan juga diberi kewenangan otonomi khusus. Letaknya berada di ujung pulau Sumatera, dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia. Aceh memiliki sumber daya alam yang cukup melimpah termasuk minyak bumi dan gas alam. Selain itu, Aceh juga terkenal dengan hutannya yang terletak di sepanjang jajaran Bukit Barisan dari Kutacane di Aceh Tenggara sampai Ulu Masen di Aceh Jaya.

Sebagian besar wilayah Aceh tidak jauh dari garis khatulistiwa, sehingga iklim di hampir seluruh daerahnya adalah tropis. Aceh memiliki bentangan pantai dan laut yang cukup luas. Selain itu, juga banyak hutan dengan lahan yang cukup luas. Tidak hanya itu, di Aceh juga ada beberapa gunung, pulau, dan juga sungai utama.

Untuk itulah banyak sekali tempat wisata alam di Aceh. Namun tidak hanya wisata alam, ada juga beberapa jenis wisata lain seperti tempat bersejarah hingga bangunan-bangunan kuno yang menarik untuk dikunjungi. Lebih lengkapnya, berikut ini beberapa tempat wisata Aceh yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/03/2019).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

1. Masjid Raya Baiturrahman

Wisata Aceh yang pertama adalah Masjid Raya Baiturrahman. Masjid ini adalah salah satu ikon penting dan cukup terkenal di Aceh. Jika kamu ke Aceh, belum lengkap jika kamu tidak berkunjung ke masjid ini. Letak masjid ini berada di pusat kota Banda Aceh, Provinsi Aceh. Masjid Raya Baiturrahman adalah simbol agam, budaya, semangat dan kekuatan, perjuangan dan juga nasionalisme rakyat Aceh. Masjid ini juga menjadi salah satu masjid yang selamat dari terjangan tsunami pada tahun 2004 lalu yang memporak-porandakan sebagian besar wilayah Aceh.

3 dari 7 halaman

2. Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Danau ini memiliki luas sekitar 5.400 hektar dan panjangnya kurang lebih 3.219 kilometer. Di wisata Aceh ini kamu bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan juga menikmati berbagai fasilitas yang disediakan di sana. Kamu bisa bermain air, menaiki kapal, memancing, dan masih banyak lagi.

4 dari 7 halaman

3. Pulo Aceh

Di Kecamatan Pulo Aceh, kamu bisa menemukan berbagai objek wisata Aceh berupa pantai yang indah dan eksotis. Banyak pantai di Kecamatan ini seperti Pantai Nipah, Pantai Deumit, Pantai Dudap, Pantai Alue Reuyeng, Pantai Pasi Raya, Pantai Meulingge, Pantai Balu, Pantai Alue Raya, Pantai Pasi Lambaro, Pantai Mata-ie, Pantai Krisek, Pantai Lapeng dan masih banyak lagi. Kebayangkan banyaknya pantai di daerah ini. Mungkin satu hari tidak cukup untuk mengunjungi semua pantai yang ada di Kecamatan Pulo Aceh.

Kecamatan ini berada di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Banda Aceh. Di pantai-pantai ini kamu bisa menikmati keindahan pemandangan bawah laut dengan snorkelling. Terumbu karang dan biota laut di ini masih terjaga dan beragam.

5 dari 7 halaman

4. Museum Tsunami

Museum Tsunami di pusat Kota Banda Aceh menjadi pengingat sekaligus monumen penghargaan bagi orang-orang yang telah berjuang untuk bertahan hidup dan berjuang melawan tsunami yang terjadi di Aceh pada 26 Desember 2004. Museum ini dibuka gratis untuk umum. Di sini kamu bisa melihat foto-foto serta kisah warga yang selamat dan keadaan tsunami pada waktu itu. Di sini juga terdapat daftar nama-nama korban dari bencana ini.

6 dari 7 halaman

5. Museum Aceh

Wisata Aceh selanjutnya masih berbau sejarah, yaitu Museum Aceh. Museum Aceh telah didirikan sejak tahun 1915 pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Bangunan utama dari museum ini berbentuk seperti Rumoh Aceh atau rumah adat Aceh yang penuh dengan nilai-nilai filosofi Islam. Di wisata Aceh ini kamu juga akan menemukan banyak peninggalan-peninggalan bersejarah dan juga artefak-artefak kuno.

7 dari 7 halaman

6. Tugu Nol Kilometer

Tugu Nol Kilometer adalah wisata Aceh yang juga tidak boleh kamu lewatkan. Di sini merupakan titip terujung Indonesia, atau yang biasa disebut juga dengan titik nol Indonesia. Biasanya wisatawan akan berfoto mengabadikan kenangan mereka karena pernah menginjakkan diri di tempat terujung Indonesia. Lokasinya berada di Desa Iboih Ujong Ba'u, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Pulau Weh, Aceh.

Itulah beberapa wisata Aceh yang wajib kamu kunjungi saat berada di sana. Tidak hanya wisata-wisata yang sudah disebutkan di atas saja, namun masih banyak wisata Aceh lainnya mulai dari wisata alam, bahari, hingga wisata sejarah yang patut untuk kamu kunjungi dan jelajahi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS