Sukses

Ahli Kesehatan Amerika Sibuk Debatkan Manfaat Susu

Jenis susu sapi memang beragam. Secara kebutuhan, ada susu untuk bayi, anak, dewasa hingga lansia. Dan secara manfaat, ada susu sapi murni, susu pasteurisasi, susu skim serta susu lowfat.

Memilih jenis susu untuk diminum sesuai kebutuhan juga ternyata masih diperdebabatkan oleh ahli kesehatan hingga kini. Apalagi belum lama ini ada penelitian yang menyebutkan bahwa The American Academy of Pediatrics menyarankan wanita hamil dan anak-anak tidak minum susu mentah karena bahaya bakteri termasuk salmonella, E. coli dan listeriosis yang dapat berakibat fatal untuk janin.

Belum lagi,  adanya larangan penjualan susu mentah atau pasteurisasi dan juga produk susu di seluruh Amerika Serikat termasuk penjualan keju. Ini bertujuan untuk melindungi penderita asma dan intoleransi laktosa.

Tak cukup sampai di situ, sebuah studi yang diterbitkan Minnesota pekan lalu menyimpulkan bahwa orang yang sakit akibat minum susu mentah telah diakui. Dan ilmuwan di studi lain melaporkan bahwa susu organik menawarkan asam lemak lebih baik untuk jantung daripada susu konvensional. Tapi tak satu pun ahli yang mengatakan bahwa susu sapi bernutrisi bagi anak-anak.

Seperti dikutip laman Chicagotribune, Jumat (27/12/2013) ahli gizi, Maureen Bligh mengatakan bahwa kontroversi ini memang sewajarnya terjadi karena susu sering dianggap lebih baik daripada makanan olahan.

Sebelumnya disebutkan bahwa susu pasteurisasi sudah dikenalkan di Amerika Serikat pada 1920-an yang diklaim bisa menjamin keamanan bagi seluruh penduduk.

Bahkan para dokter anak di Amerika memperkirakan bahwa 1 hingga 3 persen dari produk susu tidak dipanaskan (pasteurisasi). Dan dari  1998 sampai 2009 susu sapi mentah telah mengakibatkan 1.837 penyakit.

(Fit/Igw)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca Juga:

 

Anak-anak Minum Susu Sapi Cukup 2 Cangkir Sehari

 

Anak Laki-laki yang Rajin Minum Susu, Tulangnya Tak Kuat?

 

Susu Ini Paling Aman Dikonsumsi

 

Dua Petani Tewas Tertabrak di Tepi Sawah

Tutup Video
Loading