Sukses

Cara Mudah Lenyapkan Stres

Ada cara mudah menghilangkan stres: tarik napas dalam-dalam lalu letakkan tangan di perut. Bayangkan perut bergoyang-goyang seperti bila Anda mulai tertawa. Dengan cara ini, Anda mengambil satu langkah maju untuk mengurangi hormon stres.

Temuan ini adalah hasil dari studi kecil terhadap 16 pria sehat. Mereka dibagi dalam dua kelompok. Kelompok eksperimental diberi antisipasi atas sesuatu yang lucu, sisanya sebagai pembanding.

Peneliti menguji kadar tiga hormon stres dalam darah partisipan dan membandingkannya dengan kelompok kontrol. Mereka menemukan bahwa kelompok yang telah mengantisipasi tertawa lebih dulu, kadar tiga hormon stresnya menurun, seperti dirilis WebMD.

Kadar kortisol (hormon stres) turun 39 persen. Adrenalin, yang diketahui sebagai epinefrin, turun 70 persen. Kadar dopak, yaitu zat kimia yang berhubungan dengan perasaan baik (dopamin), berkurang 38 persen.

Secara persisten naiknya kadar hormon stres dalam darah dikaitkan dengan melemahnya sistem kekebalan.

“Temuan ini membuat kami yakin bahwa dengan mencari pengalaman positif yang membuat tertawa, kita bisa tetap sehat,” ujar Lee Berk.
Peneliti melanjutkan studi serupa yang telah mereka lakukan dua tahun sebelumnya, yakni bahwa tertawa memicu meningkatnya hormon yang menyehatkan seperti betaendorfin.

(Abd)