Sukses

Telat Haid Belum Tentu Hamil, Cek 7 Alasan Ini

Wanita yang aktif secara seksual mungkin bisa panik jika sudah waktunya haid tapi tamu bulanan itu tak kunjung datang. Cek 7 alasan ini.

Wanita yang aktif secara seksual mungkin bisa panik jika sudah waktunya haid tapi tamu bulanan itu tak kunjung datang. Bisa saja wanita itu waktu menstruasinya mundur.

Wanita yang menstruasinya telat belum tentu karena hamil. Berikut tujuh alasan yang paling mungkin waktu menstruasi Anda terlambat selain karena kehamilan seperti dikutip TheFrisky, Minggu (10/11/2013).

1. Perubahan rutinitas

Apakah Anda memulai pekerjaan baru? Apakah Anda mengubah jadwal bangun tidur? Ini semua bisa membuat tubuh membutuhkan sedikit waktu untuk menyesuaikan dirinya terhadap perubahan dalam rutinitas yang bisa memengaruhi siklus. Terutama, jika perubahan itu dimulai saat Anda mengalami ovulasi, yang menyebabkan keterlambatan atau siklus terlewati.

2. Stres

Emosi Anda, terutama stres bisa berdampak besar pada siklus menstruasi yang teratur. Dan jika Anda stres mengapa menstruasi terlambat, maka itu benar-benar akan menunda kedatangannya/

3. Penyakit

Sakit pada saat waktu ovulasi bisa menunda ovulasi. Jadi jika Anda terlambat berovulasi, Anda akan terlambat haid juga.

4. Pil

Minum obat baru atau mengubah dosis obat bisa memengarugi semua aspek kesejahteraan, termasuk siklus menstruasi di tubuh Anda. Itu sebabnya, dokter termasuk dokter kandungan selalu ingin tahu obat yang Anda minum.

5. Masalah berat badan

Perubahan berat badan, apakah itu naik atau turun bisa memengaruhi siklus menstruasi Anda. Orang yang kurus atau sangat gemuk terkadang tak memiliki periode menstruasi yang pas sama sekali, ini tak sehat.

6. Olahraga berlebihan

Jika Anda melakukan olahraga baru dan intens, periode Anda bisa terpengaruhi.

7. Salah perhitungan

Siklus menstruasi rata-rata adalah 28 hari, tapi banyak wanita yang memiliki siklus lebih pendek atau lebih panjang, serta tidak mencatatnya dengan benar sehingga Anda tak tahu pasti apakah itu benar-benar terlambat.

Selain itu, sebagian besar wanita memiliki siklus yang tak teratur dan tak selalu menyadarinya. Jika haid datang lebih awal meski hanya beberapa hari dalam sebulan, mungkin bulan berikutnya akan terlambat.

Jika Anda telat haid dan sudah menggunakan tes kehamilan tapi negatif, Anda sebaiknya mendatangi dokter kandungan untuk memastikan semuanya baik-baik saja.

(Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini