Sukses

Hilangkan Kerut dengan Pepaya

Menghilangkan kerutan tidak perlu biaya mahal. Untuk menyamarkannya dapat menggunakan pepaya.

Menghilangkan kerutan tidak perlu biaya mahal dengan perawatan ke salon atau bahkan operasi. Untuk menyamarkannya dapat menggunakan pepaya. Buah yang satu ini sepertinya tidak sulit menemukannya.

Menurut Surtaningsih dalam bukunya cantik dengan bahan alami, pepaya dapat mengurangi kerutan dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Buah yang juga banyak dimanfaatkan untuk gangguan pencernaan ini mengandung enzim papain dan khimopapain, alkaloid carpin dan pseudocarpin serta ekspressin.

Enzim tersebut dikatakan mampu membuat kulit menjadi halus dan mengurangi noda, mengurangi kerutan dan jerawat.

Penelitian yang ditulis dalam Indian Journal of Traditional Knowledge mengatakan buah pepaya, air mawar dan putih telur bermanfaat untuk tonik kulit.

"Pepaya juga berkhasiat mengagkat sel kulit mati serta mengurangi kerutan pada kulit wajah karena kandungan enzim pada pepaya," ujar beauty consultant dan penulis buku cantik dengan bahan alami, seperti ditulis Senin (21/10/2013).

Cara pemakaiannya tidaklah sulit. Cukup haluskan dua sendok makan pepaya yang telah matang lalu campurkan dengan satu sendok makan madu dan aduk rata.

Kemudian oleskan pada wajah dan hindari daerah sekitar mata. Diamkan selama 15 menit dan bersihkan dengan air hangat. Rasakan khasiatnya. (Mia/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.