Sukses

Wanita, Jangan Takut Kulit Hitam Karena Terpapar Sinar Matahari!

Sayang rasanya bila wanita takut terpapar sinar matahari, baik di pagi atau sore hari. Bila Anda merasa, terpapar sinar matahari akan membuat kulit hitam dan jelek, itu salah. Justru yang akan terjadi adalah sebaliknya, tulang Anda akan jauh lebih kuat dan sehat, yang membuat Anda terhindar dari penyakit pengeroposan tulang, osteoporosis.

"Tidak perlu lama, cukup 10 sampai 15 menit. Lakukan pada pukul 9 pagi dan 4 sore. Karena sinar matahari di jam itu sangat baik untuk tulang,"  ujar ahli gizi dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM) Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK, ditulis Sabtu (19/10/2013).

Bagi Anda yang sibuk bekerja dan ingin mendapatkan paparan sinar matahari, cukup berdiri di dekat jendela ruangan kantor Anda. Biarkan tubuh terpapar sinar matahari. Bila tak kuat berdiri, Anda dapat melakukannya dalam kondisi duduk.

Sedangkan bagi yang berjilbab, Anda dapat membuka sedikit kain penutup yang ada di bagian leher, agar sinar matahari dapat memaparkannya ke bagian leher Anda.

Cara sederhana ini menurut Fiastuti, merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari osteoporosis. Selain itu, untuk lebih memaksimalkan hasilnya, Anda dapat melakukan cara lainnya, seperti mengonsumsi susu dua kali per hari, mengonsumsi ikan bersama tulangnya seperti teri, juga mengonsumsi sayuran hijau.

"Untuk susu, pilihlah susu yang kaya kalsium. Sebab, susu biasa nilai kalsiumnya hanya 200 sampai 250 mg. Sedangkan susu yang kaya kalsium, sudah jelas kandungannya lebih besar, sekitar 500 mg. Mengapa ini perlu? Sebab, kebutuhan kalsium harus benar-benar terpenuhi, dan jangan sampai kurang," terang ia.

(Adt/Abd)
Membanggakan, Via Vallen Raih Penghargaan Musik Di Rusia
Loading