Sukses

Agar Karyawan Tak Gampang Flu, Perusahaan Sebaiknya Beri Vaksin

Vaksin Flabio bisa mencegah penyakit yang disebabkan virus influenza. Perusahaan akan lebih untuk jika memberikan karyawannya vaksin itu.

Bila rencana Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) lebih berfokus pada pengobatan semata, diharapkan ke depannya tidak hanya obat yang ter-cover oleh BPJS, tetapi juga vaksin harus diikutsertakan.

Kalau hal seperti ini diberlakukan akan memberikan upaya preventif untuk perusahaan dan sudah pasti perusahaan akan untung. Sebab yang sakit akan berkurang.

"Umpamanya ya, kalau tidak diberikan vaksin Flubio, akan banyak yang pilek ya. Akan banyak yang alasan sakit. Tapi, kalau diberikan suntikan Flubio, kemungkinan dalam setahun tidak akan ada yang sakit flu. Jadi akan mengurangi biaya. Ini kan preventif," kata Direktur Utama Bio Farma Indonesia, Iskandar, kepada tim Health Liputan6.com, Ujung Genteng, Sukabumi Selatan, Jawa Barat, ditulis Senin (16/9/2013)

Vaksin Flabio sendiri bermanfaat untuk pencegahan terhadap penyakit yang disebabkan virus influenza. Vaksin ini diberikan untuk usia di atas 12 tahun. Iskandar merekomendasikan, pemberian vaksin ini satu tahun sekali.

Harapan ke depan, lanjut Iskandar, justru komponen preventif seperti ini masuk ke dalam skema asuransi. Bila sekarang fokusnya masih kepada pengobatan, harapan ke depan, ya hal seperti ini diberlakukan.

"Justru preventif akan berguna untuk mengurangi biaya. Itu yang kita harapkan," terang Iskandar.

(Adt/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Vaksin adalah bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit.

    vaksin

  • Influenza atau common cold (pilek, selesma) adalah suatu reaksi peradangan saluran pernapasan yang disebabkan oleh infeksi virus.

    Influenza

  • Penyakit Flu