Sukses

Bayi Kembar Lima, Seorang Berbobot 400 gr, Mengkhawatirkan!

Meski bahagia, orangtua bayi kembar lima bisa jadi masih khawatir karena kesehatan ibu dan si anak-anak yang hanya berbobot 400 gram

Ekspresi wajah bahagia tercermin dari orangtua yang baru dikaruniai lima anak kembar. Ini bagaikan mendapatkan bonus dari Tuhan. Namun ssepertinya orangtua bayi-bayi ini, Bagus dan erita tidak sepenuhnya merasa lega.

Menurut Dokter Spesialis Kandungan, dr. Ifzal Ali, SpOG risiko gangguan kesehatan akan lebih besar ketika ibu mengandung bayi kembar lebih dari dua.

Seperti kasus bayi kembar lima yang lahir di Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita, hanya memiliki berat 400 gram dengan kelahiran prematur.

"Bayi kembar yang lebih dari dua sudah dipastikan lahir dengan proses persalinan prematur, hal ini karena rahim yang tidak sanggup menahan bobot bayi," jelas dokter yang berpraktek di Rumah Sakit Ibu dan Anak Hermina, Jakarta.

Beberapa risiko penyakit juga dapat dirasakan keduanya baik Ibu maupun Bayi. "Untuk ibu dapat berisiko penyakit jantung akibat dari kerja pompa jantung yang terlalu berat," paparnya saat diwawancarai Liputan6.com, Selasa (20/8/2013).

Tubuh ibu akan bekerja lebih berat ketika mengandung bayi kembar. Saat hamil volume darah ibu bertambah, sehingga kebutuhan zat besi meningkat, karena dengan adanya bayi zat besi dalam darah juga diambil oleh bayi untuk kebutuhan tumbuh kembangnya.

"Bayangkan ketika Ibu mengandung normal satu anak maka volume darah bertambah sekitar 1 liter apalagi jika bayi sampai kembar lima, maka tubuh Ibu perlu menambah volume darah kurang lebih 10 liter," jelasnya.

Hal ini yang membuat jaringan-jaringan dalam sistem organ Ibu dan suplai oksigen terganggu. "Untuk itu Ibu perlu memperhatikan kesehatan dengan rajin berkonsultasi dengan dokter," tambahnya.

Selain itu menurut dr. Ifzal risiko pre-eklampsia (tekanan darah tinggi saat hamil) juga lebih besar.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini