Sukses

Alat Uji Golongan Darah, Cukup 5 Menit dan 96 Persen Akurat

Seorang mahasiswa Portugis Ana Ferraz merancang sebuah perangkat portabel yang dapat menentukkan golongan darah empat kali lebih akurat.

Di mana biasanya Anda melakukan tes  golongan darah? Pastinya di laboratorium bukan? Mungkin Anda berpikir hasil tes dari laboratorium sangatlah akurat. Namun, jangan salah, hasilnya belum tentu 100 persen benar. Selain itu, hal ini juga menyita waktu yang cukup lama.

Untuk mengatasi hal itu, seorang mahasiswa Portugis yang bernama Ana Ferraz merancang sebuah perangkat portabel yang dapat menentukkan golongan darah empat kali lebih cepat dibandingkan dengan tes darah di laboratorium. Hanya dalam waktu 5 menit, Anda sudah dapat mengetahui golongan darah Anda. Meski begitu, hasil tes dari alat ini sudah terbukti 96 persen akurat.

Bentuk dari alat ini sangat sederhana yaitu hanya dilengkapi dengan sentrifugal dan wadah berukuran kecil untuk pengujian darah. Pertama, darah yang sudah diambil dicampur dengan reagen (zat yang biasanya digunakan untuk analisis kimia) dan kemudian memasukannya ke dalam perangkat yang dapat dihubungkan dengan aplikasi di telepon genggam, komputer, ataupun tablet dan hasil golongan darah langsung dapat Anda ketahui.

Teknologi ciptaan Ferraz ini berhasil mengalahkan 309 siswa yang turut mengikuti kompetisi Microsoft Imagine Cup Worldwide yang diselenggarakan di St. Petersburg, Rusia dan ia pun mendapatkan hadiah sebesar $50,000 atau sekitar Rp508 juta-an.

"Dengan menggunakan alat ini, masalah kesehatan dapat teratasi. Proses transfusi darah pun juga dapat dilakukan dengan cepat dan dalam situasi darurat nyawa manusia dapat diselamatkan," ujar Ferraz, seperti dilansir Mashable, Kamis (18/7/2013).

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini