Sukses

Doa Mustajab Saat Haid Hari Pertama, Bebas dari Dosa dan Siksa Api Neraka

Haid Hari Pertama? Baca Doa Ini dan Rasakan Keajaibannya! Bisa Mengubah Sakit Menstruasi Jadi Kafarat atau Penutup Dosa.

Liputan6.com, Jakarta - Saat mengalami haid hari pertama, perempuan dianjurkan untuk membaca doa yang dapat menjadikan datang bulan sebagai kafarat atau penutup dosa.

Melansir NU Online pada Rabu, 10 Juli 2024, doa yang bisa diucapkan para perempuan saat haid hari pertama berasal dari Sayyidah Aisyah, yang dikutip oleh Syekh As-Shafuri dalam kitabnya, Nuzhatul Majalis.

وقالت عائشة: ما من امرأة تحيض إلا كان حيضها كفارة لما مضى من ذنوبها وإن قالت عند حيضها

Artinya: "Sayyidah Aisyah Ra berkata: Tiada seorang wanita yang ketika mengalami haid, kecuali haidnya tersebut dapat menjadi kafarat bagi dosa-dosanya yang telah terlewat. Bila dia berdoa saat mengalami haid."  

 اَلْحَمْدُ ِللهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ  

Artinya: "Segala puji bagi Allah atas segala kondisi dan aku memohon ampunan kepada Allah dari segala dosa."

كتب لها براءة من النار وجواز على الصراط وأمان من العذاب  

"Maka dia akan dicatat terbebas dari api neraka, selamat melewati shirath, dan aman dari siksa,"

(As-Shafuri, Nuzhatul Majalis, [Beirut, Darul Kutub ‘Ilmiyyah], halaman 294).  

Ustadz M Ryan Romadhon, Alumnus Ma’had Aly Al-Iman Bulus Purworejo, menyatakan bahwa doa Sayyidah Aisyah ini bersifat umum dan sangat baik dibaca oleh perempuan yang pertama kali mengalami haid.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penjelasan Haid Dalam Al-Quran

Haid atau menstruasi adalah darah yang keluar dari farji atau kemaluan seorang wanita setelah usia sembilan tahun.

Darah ini keluar secara rutin setiap bulan dalam keadaan tubuh sehat, bukan karena sakit atau melahirkan, dan merupakan kodrat wanita.

Dasar haid di dalam Al-Quran adalah surat Al-Baqarah ayat 222:

 وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّى يَطْهُرْنَ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللَّهُ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ 

Artinya:

"Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah 'Haid itu adalah kotoran'. Sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haid."

"Dan, janganlah kamu mendekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang tobat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri." (QS Al-Baqarah: 222).

3 dari 4 halaman

Disebut Apakah Haid Dalam Ilmu Kedokteran?

Melansir dari Medical News Today, menstruasi terjadi ketika lapisan rahim luruh dan berubah menjadi darah, yang kemudian mengalir keluar tubuh melalui vagina.

Proses menstruasi dipengaruhi oleh siklus naik turunnya hormon, seperti estrogen dan progesteron, yang memengaruhi kesuburan wanita selama sekitar 21 hingga 35 hari.

Kesuburan mencapai puncaknya kira-kira di pertengahan siklus dengan ovulasi, yaitu saat ovarium melepaskan sel telur. Hal ini menyebabkan lapisan rahim menebal sebagai persiapan menghadapi potensi kehamilan. Jika tidak ada sperma yang membuahi sel telur, rahim akan melepaskan lapisan ini, dan siklusnya dimulai lagi.

Lamanya menstruasi dan hari ovulasi bervariasi pada setiap orang dan bisa berbeda dari satu siklus ke siklus berikutnya.

4 dari 4 halaman

Siklus Menstruasi Dihitung Dari Kapan?

Siklus menstruasi dimulai pada hari pertama haid. Haid pertama seseorang, yang menandakan dimulainya siklus menstruasi, disebut menarche. Bagi sebagian besar wanita, menarche terjadi antara usia 9–15 tahun, dengan rata-rata pada usia 12,4 tahun.

Menstruasi adalah salah satu tanda pubertas, yang menandai awal perjalanan menuju kematangan seksual. Ini berarti seorang perempuan sudah mulai memiliki potensi untuk hamil.

Namun, seseorang bisa hamil sejak pertama kali berovulasi, yang artinya ada kemungkinan untuk hamil sebelum menstruasi pertama.

Tanda-tanda pubertas lainnya meliputi:

  • Lonjakan pertumbuhan badan.
  • Peningkatan lemak di pinggul, paha, dan bokong.
  • Pertumbuhan rambut di tubuh, terutama di kaki dan di bawah lengan.
  • Pertumbuhan rambut kemaluan.
  • Kebanyakan remaja mengembangkan payudara sekitar 2,5 tahun sebelum menarche.

Jika seseorang tidak mendapatkan menstruasi pertama dalam waktu 5 tahun setelah perkembangan payudara, dokter menganggap ini sebagai menarche yang tertunda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.