Sukses

Mimpi Diselingkuhi, Mungkinkah Pertanda Masalah Dalam Hubungan?

Mimpi diselingkuhi pasangan terkadang dapat membuat perasaan gelisah.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda terbangun dengan perasaan cemas dan sedih setelah bermimpi diselingkuhi pasangan? Mimpi ini bisa sangat mengganggu dan menimbulkan pertanyaan tentang arti dan dampaknya bagi hubungan Anda.

Apakah mimpi ini benar-benar pertanda adanya masalah dalam hubungan, atau hanya refleksi dari ketakutan dan kecemasan Anda sendiri?

Dilansir dari Metro, menurut Lee Chambers, pakar mimpi dan konsultan kesejahteraan, mimpi ini tidak selalu berarti pertanda buruk.

"Mimpi diselingkuhi pasangan bisa menjadi refleksi dari ketidakseimbangan emosional Anda sendiri," jelas Chambers. "Jika Anda merasa tidak aman, cemas, atau frustrasi, mimpi ini bisa menjadi cara alam bawah sadar Anda untuk mengkomunikasikannya."

Chambers menambahkan bahwa mimpi ini juga bisa dipicu oleh trauma masa lalu, seperti pernah diselingkuhi di hubungan sebelumnya. "Atau, bisa jadi mimpi ini menandakan bahwa Anda tidak merasa puas secara seksual dalam hubungan saat ini," ujarnya.

Kondisi yang membuat banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu bersama pasangan di rumah juga bisa berkontribusi pada peningkatan mimpi diselingkuhi. "Ketegangan dan kecemasan yang meningkat saat berada dirumah dapat memicu mimpi-mimpi seperti ini," kata Chambers.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Amerisleep, 21% orang mengaku pernah bermimpi berselingkuh dari pasangannya dalam setahun terakhir, dan 23% lainnya bermimpi diselingkuhi.

Mimpi-mimpi ini seringkali dianggap normal dan bahkan sehat, meskipun Anda mungkin merasa ingin marah setelahnya.

Penting untuk diingat bahwa mimpi adalah refleksi dari alam bawah sadar kita, dan tidak selalu mencerminkan realitas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mimpi yang Didasari Rasa Cemas

Menurut psikolog klinis dan terapis hubungan yang dilansir dari In Style, Dr. Keleher-Andrews, mimpi tentang berselingkuh sering kali merupakan metafora untuk berbagai macam perasaan dan kecemasan yang mendasarinya.

"Mimpi ini bisa menjadi tanda ketidakamanan dalam diri Anda, ketidakamanan dalam hubungan Anda, atau ketakutan tersembunyi akan rasa ditinggalkan," jelas Kelleher-Andrews. "Bisa juga menunjukkan perselisihan yang sedang terjadi antara Anda dan pasangan, atau keraguan terhadap diri sendiri atau pasangan Anda, terlepas dari apakah ada perselingkuhan yang benar-benar terjadi."

Mimpi tentang berselingkuh bisa menjadi cara alam bawah sadar untuk mengkomunikasikan berbagai emosi dan kekhawatiran yang mungkin tidak Anda sadari.

Jika Anda sering bermimpi berselingkuh dan hal ini membuat Anda cemas, penting untuk berbicara dengan pasangan Anda atau mencari bantuan profesional untuk memahami akar permasalahan mimpi tersebut.

3 dari 3 halaman

Manifestasi Ketakukan

Menurut pakar mimpi lainnya, Gail Bronstein, mimpi tentang berselingkuh seringkali merupakan manifestasi dari kecemasan, baik dalam hubungan Anda maupun dalam aspek lain kehidupan Anda.

"Saat kita tidur, semua kekhawatiran dan kecemasan kita muncul," jelas Bronstein. "Penting untuk memperhatikan mimpi dan mencoba memahami maknanya alih-alih mengabaikannya. Mimpi tidak selalu mencerminkan realitas dan bisa menjadi metafora untuk berbagai hal."

Namun, Bronstein mendorong orang untuk memperhatikan pesan yang disampaikan alam bawah sadar mereka melalui mimpi. "Ketika ada kecemasan dalam hubungan, mimpi berselingkuh bisa muncul karena ketakutan akan perpisahan," ujarnya. "Sebagai manusia, ketakutan kita muncul saat kita tertidur, ketika pikiran rasional kita tidak lagi mampu menyensor atau menekan perasaan dan pikiran."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini