Sukses

Manfaat Keramas dengan Air Dingin untuk Kesehatan Rambut, Bisa Bikin Halus dan Berkilau

Simak manfaat keramas pakai air dingin yang memberikan kesehatan pada rambut

Liputan6.com, Jakarta - Ternyata, keramas dengan air dingin dapat membantu Anda mendapatkan rambut yang lebih berkilau. Ini karena air dingin membantu menutup kutikula rambut, sehingga mengurangi kerusakan.

“Air dingin membantu menutup kutikula rambut, mengunci kelembapan dan nutrisi sekaligus mencegah kotoran dan bakteri. Hal ini menghasilkan rambut yang lebih lembut, halus, berkilau dan tidak mudah patah atau kusut,” kata seorang dokter kulit bersertifikat, kepala medis ClinicSpots, dan pendiri Redefine Clinic, Harikiran Chekuri, MBBS, MS, menjelaskan kepada Shape.

Keramas dengan air dingin juga dapat meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan dengan meningkatkan pengiriman oksigen (melalui sirkulasi darah di kulit kepala),” tambahnya.

Hasil keseluruhannya bukan hanya meningkatkan kesehatan rambut tetapi juga membuat rambut lebih mudah diatur dan lebih mudah ditata dalam jangka panjang .

Chekuri menunjukkan bahwa air dingin dapat mengurangi peradangan, iritasi, dan gatal-gatal. Air dingin juga dapat menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala, mencegah masalah seperti ketombe dan infeksi. Selain itu, juga bisa menenangkan kulit kepala dari efek panas, bahan kimia, dan produk penataan rambut.

Bagi Anda yang memiliki rambut cenderung berminyak, membilas rambut dengan air dingin juga dapat membantu mengatur produksi sebum (minyak alami). Selain itu, jika Anda mewarnai rambut, keramas dengan air dingin juga dapat membantu memperpanjang daya tahan warna pada rambut.

Chekuri juga mencatat banyak ahli percaya bahwa air dingin membantu menstimulasi aliran darah ke kulit kepala yang mengarah pada nutrisi folikel dan pertumbuhan rambut, serta meningkatkan elastisitas pembuluh darah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Air Dingin Membuat Kutikula Rambut Menutup

Air dingin dapat membantu membuat rambut  lebih berkilau. Tapi untuk memahami cara kerjanya, Anda perlu mengetahui beberapa fakta mengenai struktur rambut, seperti dilansir dari Shape, pada Jumat 8 Maret 2024.

Helai rambut terdiri dari tiga bagian, menurut PeerJ Journal. Medula adalah bagian tengah dan ditutupi oleh korteks, yang merupakan lapisan yang terbuat dari protein keratin (protein yang membentuk rambut). Kemudian, kutikula membungkus korteks dan merupakan lapisan pelindung terluar dari helai rambut.

Kutikula terdiri dari sel-sel datar dan tumpang tindih yang terlihat seperti sisik dan dapat membuka dan menutup. Kutikula yang terbuka atau tertutup memiliki dampak langsung pada tampilan dan nuansa rambut Anda. Banyak faktor yang dapat memicu pembukaan atau penutupan kutikula, termasuk genetika dan faktor eksternal, seperti suhu air.

“Rambut tidak dapat mempertahankan kelembapan dengan baik ketika kutikula terbuka, sehingga dapat menyebabkan helaian rambut tampak kusut,” jelas penata rambut profesional dan duta Redken, Rodney Cutler, penata rambut profesional.

3 dari 4 halaman

Air Dingin Membuat Rambut Lebih Berkilau

Sementara keramas dengan air hangat menyebabkan kutikula terbuka, keramas dengan air dingin justru memberikan efek sebaliknya.

"Membilas rambut dengan air dingin akan membantu menghaluskan dan menutup kutikula," kata Cutler.

Ketika kutikula rambut tertutup, hal ini akan membuat rambut terlihat lebih lembut dan berkilau karena sel-selnya rata dan halus.

“Air dingin bekerja untuk meratakan sel-sel yang seperti sisik, yang membuat cahaya memantul lebih mudah sehingga membuat rambut terlihat berkilau,” kata seorang penata rambut selebriti, Ona Diaz-Santin.

Alasan lain mengapa air dingin membantu meningkatkan kilau rambut adalah karena air yang terlalu panas dapat "mengganggu keseimbangan pH" pada rambut dan menyebabkan kutikula rambut terbuka, jelas Santin.

4 dari 4 halaman

Cara Terbaik untuk Mancuci Rambut

Santin memberikan langkah-langkah terbaiknya dengan menyesuaikan suhu air saat mencuci rambut. Pertama-tama gunakan air hangat untuk membuka kutikula agar sampo Anda dapat membersihkan dan menembus serat-serat rambut secara mendalam.

"Gunakan air hangat untuk menghilangkan segala jenis kotoran, satu hingga dua sampo, tergantung pada berapa lama Anda tidak keramas. Lanjutkan dengan menambahkan kondisioner (dari akar hingga ujung)," kata Santin.

Kemudian, bilas rambut dengan air dingin. Supaya menutup kutikula dan mengunci kelembapan serta semua bahan yang bermanfaat bagi rambut dari perawatan rambut Anda.

"Pijat bagian kepala dengan baik, gunakan jari-jari Anda untuk mengurai kusut, dan bilas dengan air dingin untuk mengunci kelembapannya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini