Sukses

Jatuh Cinta pada Teman Bikin Dilema, Jangan Salah Langkah dan Dengarkan 5 Saran Berikut

Jatuh cinta kepada teman terkadang akan menjadi menyulitkan bahkan membuat dilema. Cari tahu apa yang harus kamu lakukan saat terjebak pada situasi tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah kamu merasakan jatuh cinta dengan teman sendiri? Perasaan ini bisa membingungkan dan penuh dilema.

Di satu sisi, kamu ingin mengungkapkan perasaanmu dan menjalin hubungan romantis dengannya. Di sisi lain, kamu takut kehilangan persahabatan yang telah kalian bangun.

Jika kamu sedang mengalami situasi ini, jangan khawatir! Berikut beberapa tips untuk melangkah maju.

Tanda Kamu Menyukai si Dia

Jatuh cinta pada teman sering digambarkan dalam film romantis. Memang, ketertarikan fisik dan minat yang sama dapat menjadi awal hubungan yang indah. Namun, untuk membangun hubungan romantis yang sehat dan berkembang, diperlukan lebih dari itu.

Pertama-tama, lakukan refleksi diri dan pertimbangkan semua kemungkinan yang bisa terjadi. Pertanyaan-pertanyaan seperti "Apakah saya benar-benar mencintainya?" dan "Apakah hubungan ini dapat berkembang menjadi sesuatu yang lebih?" perlu dijawab dengan jujur.

Dilansir dari MBG Relationships, terapis pernikahan dan keluarga Farah Zerehi, LMFT, dan Madison McCullough, LCSW, menyarankan dua cara untuk membantu memproses perasaan:

1. Berbagi dengan orang yang dipercayai: Curhatlah kepada sahabat, keluarga, atau terapis tentang apa yang Anda rasakan. Mendapatkan perspektif dari luar dapat membantu memahami situasi dengan lebih baik.

2. Menulis jurnal: Tuangkan perasaan di atas kertas. Jurnal dapat menjadi tempat yang aman untuk mengekspresikan diri dan membantu menemukan kejelasan.

Selain itu, Zerehi dan seorang psikiater, Madison McCullough juga membagikan tanda-tanda yang dapat menjelaskan bahwa kamu memiliki perasaan yang lebih untuk sahabat.

1. Ketertarikan Fisik:

  • Merasa tertarik secara fisik.
  • Mengalami gejala fisiologis seperti gemetaran, keringat, atau perasaan berdebar di perut ketika bersama dia.

2. Pikiran dan Perhatian:

  • Sering memikirkan dia, bahkan ketika tidak bersama dia.
  • Selalu ingin membuat diri hadir jika mereka ingin membuat rencana.
  • Mencari alasan untuk membicarakan dia.

3. Prioritas dan Kedekatan:

  • Menghabiskan waktu luang dengan dia lebih dari teman lainnya.
  • Berusaha keras setiap kali membutuhkan sesuatu, jauh lebih dari yang dilakukan untuk teman lain.
  • Merasa cemburu terhadap hubungan romantisnya.
  • Ketika dia berada di dekat, ada perasaan ingin mendekatkan diri.

4. Interaksi dan Perilaku:

  • Sering menggodanya.
  • Menganalisis komunikasi dan pesan teks kamu dengan dia.
  • Tampil maksimal bila bakal bertemu dengannya.

5. Keinginan dan Impian:

  • Mengajak dia pergi berlibur, lebih baik secara solo sehingga hanya kalian berdua.
  • Memberikan banyak perhatian dia.

Jika kamu merasakan banyak dari tanda-tanda ini, mungkin ada baiknya untuk merenungkan perasaanmu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apa yang Harus Dilakukan Saat Jatuh Cinta Pada Teman

Jatuh cinta pada teman sendiri pasti akan menimbulkan perasaan bimbang dan dilema. Berikut merupakan beberapa hal yang dapat Kamu pertimbangkan jika berada dalam situasi ini:

1. Jangan Menyangkal Perasaan

Meskipun mungkin ingin menghindari, menolak, atau menyangkal perasaan yang tumbuh terhadap teman Anda, McCollough, seorang pakar hubungan, menyarankan untuk bersikap jujur ​​pada diri sendiri. 

"Menyadari perasaan ini tidak berarti Anda harus bertindak atasnya, tetapi penting untuk mengakui secara internal bahwa perasaan tersebut ada sehingga Anda dapat mencari dukungan emosional yang Anda butuhkan," katanya. 

Dengan mengakui perasaan maka dapat mulai memprosesnya dan mencari cara terbaik untuk mengatasinya, baik dengan bertindak atas perasaan tersebut atau mengelola perasaan tersebut sebagai teman.

2. Ketahui Bahwa Ada Banyak Risiko

Jatuh cinta pada teman bisa menjadi situasi rumit yang penuh risiko. Mengungkapkan perasaan dapat membahayakan persahabatan yang berharga, dan penting untuk mempertimbangkan kemungkinan bahwa cinta tidak berbalas.

Risiko ditolak dan kehilangan persahabatan memang nyata, dan harus dihadapi dengan hati-hati dan penuh pertimbangan. Kegagalan untuk mengungkapkan perasaan Anda juga bisa menyakitkan, dan harus menemukan cara terbaik untuk berkomunikasi dengan teman dengan rasa hormat dan terbuka, apa pun hasilnya.

3. Jujurlah Tentang Apa yang Kamu Inginkan di Balik Perasaan Itu

Saat jatuh cinta dengan seorang teman, penting untuk introspeksi dan memahami faktor-faktor yang mendorong perasaan tersebut.

Apakah Anda merasa kesepian dan mereka mengisi kekosongan? Apakah pertengkaran dengan pasangan memicu ketertarikan Anda? Atau, apakah Anda ingin menunjukkan rasa cinta setelah mereka putus cinta? Sadarilah apakah benar-benar jatuh cinta atau mereka hanya pelarian dari masalah pribadi.

Menguraikan ketertarikan dan harapan Anda akan membantu Anda memahami perasaan Anda dengan lebih baik.

4. Perhatikan Tanda-Tanda Saat si Dia Jatuh Cinta

Sebelum mengungkapkan perasaan kepada teman, penting untuk memahami bagaimana mereka berperilaku saat menyukai seseorang. Perhatikan cara dia bertindak, baik secara halus maupun jelas. Jika mereka tertarik, mereka mungkin menunjukkan keceriaan dan sedikit gugup.

Namun, jika mereka tidak tertarik, mereka mungkin tidak tertarik membangun momen intim dan genit, dan mungkin tidak cemburu dengan kehidupan asmara. 

McCullough, seorang peneliti psikologi, mengatakan: "Ada spektrum risiko yang dihadapi dengan memulai percakapan terkait stabilitas persahabatan ke depannya. Jika ada sejarah menggoda dalam hubungan, pengakuan saling tertarik, atau perasaan dalam hati Anda bahwa orang ini juga mungkin jatuh cinta pada Anda, risikonya lebih rendah."

Penting untuk diingat bahwa terkadang orang takut mengungkapkan perasaan karena khawatir merusak persahabatan. Jika Anda yakin mereka tertarik, risikonya mungkin lebih rendah.

5. Pertimbangkan Untuk Mengikhlaskan Perasaanmu

Jika telah memutuskan bahwa persahabatan lebih penting daripada kemungkinan hubungan romantis, langkah selanjutnya adalah melepaskan perasaan cinta. Ini mungkin sulit, tetapi penting untuk diingat bahwa tidak sendirian.

"Mungkin bisa atau tidak bisa untuk menghentikan perasaan romantis setelah mereka berkembang," kata Zerehi, seorang terapis pernikahan dan keluarga.

"Beberapa hal yang mungkin membantu meredakan perasaan adalah memberi sedikit ruang dalam hubungan tersebut, menghabiskan waktu dengan teman lain atau orang yang nikmati, atau terlibat dalam hobi dan aktivitas lain yang tidak melibatkan teman yang kembangkan perasaan padanya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini