Sukses

Studi Baru: Lebih dari 1 Miliar Orang Hidup dengan Obesitas

Angka obesitas dunia di kalangan orang dewasa meningkat dua kali lipat sejak tahun 1990.

Liputan6.com, Jakarta - Studi yang baru dirilis oleh Lancet menunjukkan bahwa pada 2022 lebih dari 1 miliar orang di dunia hidup dengan obesitas.

Angka obesitas dunia di kalangan orang dewasa meningkat dua kali lipat sejak tahun 1990. Dan meningkat empat kali lipat di kalangan anak-anak dan remaja (usia 5 hingga 19 tahun).

Data juga menunjukkan bahwa 43 persen orang dewasa mengalami kelebihan berat badan pada tahun 2022.

Studi ini juga menunjukkan bahwa meskipun tingkat kekurangan gizi telah menurun, hal ini masih menjadi tantangan kesehatan masyarakat di banyak tempat, khususnya di Asia Tenggara dan Afrika Sub-Sahara.

Negara-negara dengan gabungan angka kekurangan berat badan dan obesitas tertinggi pada tahun 2022 adalah negara kepulauan di Pasifik dan Karibia. Serta negara-negara di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Gabungan angka ini terdiri dari berbagai bentuk malnutrisi, termasuk:

  • Gizi buruk (wasting, stunting, underweight)
  • Kekurangan vitamin atau mineral
  • Kelebihan berat badan dan obesitas.

“Kekurangan gizi bertanggung jawab atas separuh kematian anak di bawah lima tahun. Dan obesitas dapat menyebabkan penyakit tidak menular seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, dan beberapa jenis kanker,” mengutip keterangan pers Organisasi Kesehatan Dunia (WHO, Kamis (29/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Soroti Pentingnya Mencegah dan Mengelola Obesitas

Dalam penelitian ini, WHO telah berkontribusi dari aspek pengumpulan data dan analisis. Kumpulan data lengkap kini juga disebarluaskan melalui Global Health Observatory.

“Studi baru ini menyoroti pentingnya mencegah dan mengelola obesitas sejak awal hingga dewasa, melalui pola makan, aktivitas fisik, dan perawatan yang memadai, sesuai kebutuhan,” kata Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO.

“Untuk kembali ke jalur yang benar untuk memenuhi target global dalam mengekang obesitas memerlukan upaya pemerintah dan masyarakat, didukung oleh kebijakan berbasis bukti dari WHO dan badan kesehatan masyarakat nasional.”

Yang terpenting, lanjut Tedros, hal ini memerlukan kerja sama dari sektor swasta, yang harus bertanggung jawab atas dampak kesehatan dari produk mereka.

3 dari 4 halaman

Obesitas adalah Penyakit Kronis yang Kompleks

Obesitas merupakan penyakit kronis yang kompleks. Penyebabnya sudah dipahami dengan baik, begitu pula intervensi yang diperlukan untuk mengatasi krisis ini. Banyak pula bukti yang kuat tentang bahaya obesitas.

Namun, hal-hal tersebut seakan tak dihiraukan. Dalam Majelis Kesehatan Dunia 2022, negara-negara anggota mengadopsi rencana Percepatan WHO untuk menghentikan obesitas. Ini mendukung tindakan di tingkat negara hingga tahun 2030.

Hingga saat ini, 31 pemerintah kini memimpin upaya untuk mengekang epidemi obesitas dengan menerapkan rencana tersebut.

4 dari 4 halaman

Intervensi Inti Rencana Percepatan Penghentian Obesitas

Adapun intervensi inti rencana Percepatan WHO untuk menghentikan obesitas adalah:

  • Tindakan untuk mendukung praktik kesehatan sejak hari pertama (lahir), termasuk promosi, perlindungan, dan dukungan menyusui
  • Peraturan mengenai pemasaran makanan dan minuman yang berbahaya bagi anak-anak
  • Kebijakan pangan dan gizi sekolah, termasuk inisiatif untuk mengatur penjualan produk-produk tinggi lemak, gula dan garam di dekat sekolah
  • Kebijakan fiskal dan penetapan harga untuk mendorong pola makan sehat
  • Kebijakan pelabelan nutrisi
  • Pendidikan masyarakat dan kampanye kesadaran mengenai pola makan sehat dan olahraga
  • Standar aktivitas fisik di sekolah
  • Integrasi layanan pencegahan dan pengelolaan obesitas ke dalam layanan kesehatan primer.

Hingga kini, masih ada tantangan yang signifikan dalam menerapkan kebijakan yang bertujuan memastikan akses terjangkau terhadap pola makan sehat bagi semua orang. Tantangan dirasakan pula ketika berbagai pihak berupaya menciptakan lingkungan yang mendukung aktivitas fisik dan gaya hidup sehat secara keseluruhan bagi semua orang.

Maka dari itu, negara-negara harus memastikan bahwa sistem kesehatan mengintegrasikan pencegahan dan pengelolaan obesitas ke dalam paket layanan dasar. Ini disampaikan oleh Direktur Departemen Nutrisi dan Keamanan Pangan WHO dan salah satu anggota dari Departemen Nutrisi dan Keamanan Pangan WHO, Dr Francesco Branca.

“Mengatasi kekurangan gizi memerlukan tindakan multisektoral di bidang pertanian, perlindungan sosial dan kesehatan. Untuk mengurangi kerawanan pangan, meningkatkan akses terhadap air bersih dan sanitasi dan memastikan akses universal terhadap intervensi gizi penting,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.