Sukses

14 Manfaat Teratur Latihan Yoga, Mulai dari Bikin Pikiran Tenang hingga Jiwa Bahagia (1)

Yoga merupakan salah satu olahraga yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah hiruk pikuk kehidupan modern mudah membuat merasa stres, cemas, dan terbebani. Pikiran yang terus menerus berputar dan jiwa yang resah dapat menghambat kebahagiaan dan kualitas hidup. Salah satu manfaat yang bisa dilakukan selain membuat fisik sehat tapi juga tenang dan bahagia adalah dengan melakukan yoga.

Yoga bukan hanya tentang gerakan fisik yang melenturkan tubuh, tetapi juga tentang latihan mental dan spiritual yang membawa kedamaian dan keseimbangan. Melalui kombinasi pose, teknik pernapasan, dan meditasi, yoga membantu kita untuk mengelola stres, meningkatkan fokus, dan menumbuhkan rasa cinta diri.

Latihan yoga yang teratur dapat membantu kita untuk melepaskan ketegangan, menenangkan pikiran yang kacau, dan menemukan kedamaian batin. Selain itu, yoga juga dapat meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan energi, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana yoga dapat membantu Anda mencapai ketenangan dan kebahagiaan? Mari selami lebih dalam manfaat yoga bagi kesehatan mental dan jiwa mengutip Women's Health:

1. Meredakan Stres dan Menguatkan Ketahanan Stres

Penelitian dari Coventry University, Inggris menunjukkan bahwa yoga dapat "membalik" reaksi DNA yang menyebabkan stres. Yoga juga terbukti menurunkan kadar senyawa peradangan (cytokine interleukin-6 (IL-6)) dalam darah.

Anna de Sousa, instruktur MoreYoga, menjelaskan bahwa stres membuat tubuh tegang secara fisik dan mental. Respons "melarikan diri atau berkelahi" diaktifkan, memicu lonjakan adrenalin dan kortisol yang meningkatkan detak jantung dan aliran darah ke otot-otot.

"Yoga membantu kita mengaktifkan sistem saraf "istirahat dan pencernaan". Tubuh mulai fokus pada pemulihan, pemulihan, dan perbaikan," kata de Sousa. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Mengurangi Gejala Kecemasan dan Depresi

Di tengah meningkatnya kasus kecemasan dan depresi, yoga menawarkan solusi alami untuk menghadapinya. Sebuah penelitian oleh Boston University Medical Centre, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa yoga lebih efektif daripada olahraga lain dalam meningkatkan mood atau suasana hati.

Hal ini terkait dengan peningkatan GABA, neurotransmitter yang berperan dalam mengatur kecemasan dan depresi.

Para ahli merekomendasikan latihan yoga dua kali seminggu untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Manfaat yoga untuk kecemasan dan depresi pun akan semakin terasa seiring waktu, seperti yang ditunjukkan dalam penelitian yang diterbitkan dalam Psychological Medicine.

Nahid de Belgeonne, guru yoga dan pendiri The Human Method, menjelaskan bahwa yoga membantu menenangkan sistem saraf dengan menggabungkan teknik pernapasan dan gerakan. Di tengah kesibukan modern, banyak orang mengalami hiperarousal, sehingga yoga membantu menyeimbangkan keadaan aktif dengan istirahat dan mencapai kondisi optimal.

3. Menjaga Respons Sistem Saraf Tetap Seimbang

Sistem saraf manusia terbagi sistem saraf simpatetik dan parasimpatetik? Kedua sistem ini bekerja sama untuk menjaga tubuh tetap hidup dan sehat.

Dr. Nitasha Buldeo, instruktur yoga dan pendiri Organic Apoteke dan I-Yogaa, menjelaskan bahwa salah satu manfaat terbesar dari yoga adalah membantu menyeimbangkan kedua sistem saraf ini. Yoga membantu mengatur sistem saraf simpatetik yang bertanggung jawab untuk memberi energi pada tubuh, dan sistem saraf parasimpatetik yang membantu menyembuhkan tubuh.

Dengan menyeimbangkan kedua sistem saraf ini, yoga membantu mencapai kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

3 dari 4 halaman

4. Membantu Mengembangkan Kesadaran Diri

Kesadaran diri merupakan aspek fundamental dalam yoga. Pelatih yoga Gabriella Espinosa menekankan bahwa yoga bukan hanya tentang latihan fisik.

"Yoga melatih kesadaran akan keadaan fisik, mental, emosional, dan spiritual Anda," kata Espinosa.

Hal ini dapat meningkatkan mood dan membantu Anda merasa lebih baik dalam tubuh Anda, sehingga Anda lebih siap untuk membuat pilihan yang lebih sehat.

Yoga juga mengingatkan kita untuk selalu bersyukur dan menerapkan "sikap rasa syukur" dalam kehidupan sehari-hari. Menurut de Sousa, yoga mendorong kita untuk menjalani hidup yang lebih sadar, teguh, dan hadir, serta menemukan rasa syukur dalam semua hal baik dalam hidup.

5. Dapat Dimulai Hanya dengan Latihan Pernapasan

Bagi pemula yang belum siap mencoba pose fisik (asanas), menguasai teknik pernapasan adalah langkah awal yang penting. Pernapasan juga merupakan aspek fundamental dalam semua latihan fisik, baik bagi pemula maupun praktisi yoga berpengalaman.

"Bernapas dalam dengan menggunakan diafragma, otot pernapasan utama kita, hingga mencapai kapasitas penuh, merupakan salah satu latihan yoga terbaik untuk pemula," kata instruktur yoga Indaba, Sabina Ahmadov, yang dilansir dari Women's Health.

Melalui latihan ini, Anda belajar menghindari penggunaan otot leher, dada atas, dan rahang. Menguasai teknik pernapasan yang benar sebelum memulai latihan fisik sangatlah penting karena membangun fondasi yang sehat untuk praktik yoga yang kokoh dan menyehatkan.

4 dari 4 halaman

6. Membangun Kekuatan Tubuh Secara Keseluruhan

Banyak orang beranggapan bahwa membangun kekuatan tubuh hanya bisa dilakukan dengan latihan di gym atau sesi pelatihan khusus. Namun, anggapan ini keliru. Membangun kekuatan bisa dengan menggunakan berat badan sendiri, dan yoga merupakan salah satu cara yang efektif dan gratis untuk mencapainya.

Beberapa pose yoga, seperti Chaturanga dan Warrior, dirancang untuk membangun kekuatan di berbagai bagian tubuh. Chaturanga, transisi aliran kunci dalam yoga, dapat melatih kekuatan pada bagian atas tubuh dan inti. Sementara pose Warrior melatih bagian bawah tubuh, seperti hamstring, quadriceps, dan gluteus.

7. Mengurangi Gangguan Tidur

Penelitian oleh Harvard Medical School menemukan bahwa yoga dapat meningkatkan durasi dan kualitas tidur. Sebuah studi lain menunjukkan bahwa orang yang berlatih yoga secara teratur lebih mungkin mendapatkan tidur 7-8 jam per malam.

Cobalah Yin Yoga yang menenangkan atau aliran yoga pendek sebelum tidur untuk membantu Anda rileks dan mendapatkan tidur yang berkualitas.

Bagi yang mencari kedamaian di tengah kesibukan dan tekanan hidup, yoga bisa menjadi jawabannya. Latihan yoga yang teratur dapat membantu untuk melepaskan ketegangan, menenangkan pikiran yang kacau, dan menemukan kedamaian batin.

Mulailah perjalanan dengan langkah kecil. Luangkan waktu untuk mengikuti kelas yoga, mempelajari teknik pernapasan sederhana, atau meditasi singkat di rumah. Rasakan sendiri manfaat yoga bagi kesehatan mental dan jiwa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini