Sukses

Studi Ungkap, Pola Makan Seperti Puasa Bisa Bikin Awet Muda 2,5 Tahun

Pola makan yang menyerupai puasa ini juga disebut dapat membuat awet muda.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah penelitian yang diterbitkan Selasa di jurnal Nature Communications menemukan bahwa pola makan yang meniru puasa atau fasting-mimicking diet (FMD) dapat menurunkan usia biologis seseorang rata-rata 2½ tahun.

FMD lima hari kaya akan lemak tak jenuh dan rendah kalori, protein, dan karbohidrat – ini dirancang untuk meniru efek puasa hanya fokus air sambil tetap menyediakan nutrisi yang diperlukan. Pola makan ini juga disebut dapat membuat awet muda.

“Ini adalah studi pertama yang menunjukkan bahwa intervensi berbasis makanan yang tidak memerlukan pola makan kronis atau perubahan gaya hidup lainnya dapat membuat orang lebih muda secara biologis,” kata penulis senior dan profesor Universitas Southern California Valter Longo dalam sebuah pernyataan.

“Hal ini didasarkan pada perubahan faktor risiko penuaan dan penyakit, serta metode tervalidasi yang dikembangkan untuk menilai usia biologis,” tambah Longo.

Dilansir New York Post, peneliti USC menganalisis dampak pola makan FMD dalam dua uji klinis – masing-masing terhadap pria dan wanita berusia antara 18 dan 70 tahun.

Peserta menjalani siklus FMD selama tiga hingga empat bulanan, mengikuti diet selama lima hari sebelum beralih kembali ke diet “normal” atau gaya Mediterania selama 25 hari.

Meskipun terbatas pada FMD, para peserta riset mengisi piring mereka dengan makanan seperti sup nabati, energy bar, keripik, minuman energi, dan teh. Mereka juga diberi suplemen dengan kandungan mineral, vitamin, dan asam lemak esensial yang tinggi. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Turunkan Faktor Risiko Diabetes

Studi tersebut menemukan bahwa FMD menurunkan faktor risiko diabetes (termasuk berkurangnya resistensi insulin dan hasil HbA1c yang lebih rendah), mengurangi lemak hati, memperlambat penuaan sistem kekebalan tubuh, dan menurunkan risiko penyakit terkait usia, sehingga menghasilkan usia biologis yang lebih rendah.

“Usia biologis” adalah ukuran fungsi sel dan jaringan seseorang, bukan usia kronologis.

“Studi kami juga memberikan lebih banyak dukungan terhadap potensi FMD sebagai intervensi pola makan jangka pendek, berkala, dan dapat dicapai yang dapat membantu orang mengurangi risiko penyakit dan meningkatkan kesehatan mereka tanpa perubahan gaya hidup yang ekstensif,” kata penulis studi pertama Sebastian Brandhorst.

 

3 dari 3 halaman

Dorong Regenerasi Sel Induk

Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Longo menunjukkan bahwa siklus FMD yang singkat dan berkala dapat mendorong regenerasi sel induk dan mengurangi efek samping kemoterapi. Uji coba lain menemukan bahwa FMD mungkin dapat mengurangi tanda-tanda demensia.

Penelitian ini muncul ketika semakin banyak orang yang beralih ke rutinitas olahraga dan bahkan sengatan listrik dalam upaya mereka membalikkan penuaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.