Sukses

Kanker Rongga Mulut yang Telah Menyebar ke Area Lain Bisa Menurunkan Ketahanan Hidup

Kanker rongga mulut memiliki kemungkinan untuk menyebar ke bagian tubuh lainnya, terutama ke daerah leher.

Liputan6.com, Jakarta - Dokter spesialis bedah onkologi, dr. I Gusti Ngurah Gunawan Wibisana, Sp.B(K) Onk, menjelaskan bahwa penyakit kanker rongga mulut memiliki kemungkinan untuk menyebar ke bagian tubuh lainnya, terutama ke daerah leher.

Ini karena kanker rongga mulut bisa tumbuh tak terkendali sehingga menyebar ke area lain tubuh. 

"Kanker rongga mulut seperti halnya kanker pada umumnya, dia bisa melakukan pertumbuhan yang tidak terkendali pada rongga mulut dan juga dia dapat melakukan penyebaran ke tempat-tempat lainnya, yaitu bisa ke kelenjar-kelenjar yang ada di dalam leher," katanya dalam diskusi daring beberapa waktu lalu, dilansir Antara.

Dokter yang berasal dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini menambahkan bahwa kanker rongga mulut bahkan bisa menyebar ke bagian tubuh yang jauh dari rongga mulut, seperti paru-paru dan tulang.

Ia juga menjelaskan bahwa kanker pada rongga mulut bisa mengganggu fungsi mulut dalam berbicara dan mengunyah makanan. Bahkan, kanker rongga mulut dapat menyebabkan penurunan pada angka ketahanan hidup jika sel kanker telah menyebar ke bagian lain selain mulut. 

"Kemudian juga dia bisa menyebabkan penurunan pada angka ketahanan hidup kalau sudah terjadi penyebaran ke tempat-tempat lain di luar rongga mulut," kata dokter yang berpraktik di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Deteksi Dini Kanker Rongga Mulut

Gunawan menganjurkan deteksi dini dengan memeriksakan rongga mulut ke ahli medis sekali dalam sebulan untuk mengecek adanya luka dan bercak pada bagian rongga mulut.

"Jadi, secara berkala satu bulan sekali atau setiap tanggal ulang tahun setiap bulan kita memeriksa kondisi di dalam rongga mulut kita, ada atau tidak misalkan luka atau sariawan yang tidak sembuh. Kemudian, ada atau tidak bercak keputihan yang sebelumnya tidak ada sekarang ada dan kemudian meluas," katanya.

3 dari 3 halaman

Gejala Lain Kanker Rongga Mulut

Selain luka dan bercak putih di rongga mulut, ia mengatakan bahwa gejala penyakit ini bisa berupa benjolan pada area leher.

"Banyak masyarakat yang datang karena benjolan di lehernya, tapi ternyata setelah diperiksa ada lesi atau sesuatu di rongga mulutnya," katanya.

Gunawan juga menekankan pentingnya menghindari kebiasaan merokok, mengunyah sirih, dan mengonsumsi alkohol secara berlebihan sebagai langkah pencegahan terhadap kanker rongga mulut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.