Sukses

Cara Meredakan Gejala Flu Menstruasi

Durasi dan tingkat keparahan gejala flu menstruasi dapat bervariasi pada setiap orang.

Liputan6.com, Jakarta - Pada sebagian perempuan, kelelahan dan gejala PMS lainnya dapat mencapai intensitas yang mirip dengan flu setiap siklusnya.

Meskipun "flu menstruasi" bukan merupakan diagnosis medis resmi (dan tidak terkait dengan virus influenza), banyak wanita yang mengalami menstruasi mengalami serangan gejala tipe malaise, termasuk kelelahan, nyeri tubuh, dan sakit kepala di pertengahan siklus menstruasi.

Gejala flu menstruasi meliputi:

  • Kelelahan
  • Mual
  • Diare
  • Sakit kepala
  • Nyeri sendi
  • Nyeri otot
  • Sakit punggung bagian bawah
  • Kram parah
  • Payudara yang lembut
  • Kembung

Namun, penting untuk dicatat bahwa gejala flu menstruasi yang umum terjadi tidak termasuk demam, sakit tenggorokan, dan hidung tersumbat – tanda-tanda yang menunjukkan Anda mungkin benar-benar menderita pilek atau virus flu. Jadi, jika Anda mengalami gejala-gejala ini, itu pertanda bahwa itu bukan sekadar PMS yang meningkat.

Durasi dan tingkat keparahan gejala dapat bervariasi pada setiap orang. Para peneliti juga mencatat bahwa tidak ada konsensus mengenai bagaimana tingkat keparahan gejala PMS harus dinilai, yang berarti dampak PMS dan flu menstruasi masih belum diketahui.

Menurut ulasan yang dipublikasikan di BMJ Clinical Evidence, sekitar lima persen orang yang mengalami PMS memiliki gejala yang parah dan melemahkan. Ini mungkin termasuk kelelahan dan nyeri yang parah. Penelitian menunjukkan bahwa penyedia layanan kesehatan mungkin juga mengabaikan tingkat keparahan nyeri yang dilaporkan oleh penderita flu menstruasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meredakan Gejala Flu Menstruasi

Untungnya, Anda tidak perlu hidup dalam penderitaan ketika waktu tersebut tiba. Perawatan untuk flu menstruasi serupa dengan perawatan untuk PMS. Berikut beberapa cara untuk meredakan gejala flu menstruasi Anda.

Makan Diet Sehat Seimbang

Penelitian tentang dampak makanan dan nutrisi tertentu pada gejala PMS menunjukkan bahwa pola makan sehat yang terutama terdiri dari makanan yang tidak diolah adalah salah satu cara terbaik untuk menangkal kondisi tidak nyaman terkait menstruasi. 

Dr Christine Greves, M.D., dokter kandungan bersertifikat di Rumah Sakit Ibu dan Anak Winnie Palmer di Orlando, Florida, merekomendasikan makan banyak makanan antiperadangan, seperti buah-buahan dan sayuran, untuk membantu melawan rasa sakit yang terkait dengan peningkatan kadar prostaglandin.

Penelitian juga menunjukkan efek positif dari peningkatan jumlah kalsium, magnesium, dan vitamin B6 pada gejala pramenstruasi.

Tetap Terhidrasi

Sebuah studi di BMC Women's Health menemukan bahwa peningkatan hidrasi dikaitkan dengan pengurangan rasa sakit bagi mereka yang menderita dismenore.

Selain itu, jika salah satu gejala flu menstruasi Anda adalah diare, hal ini dapat menyebabkan dehidrasi, jadi pastikan Anda mendapatkan cukup air sepanjang hari, kata Dr. Greves.

Minum air, teh, atau kaldu dapat membantu menggantikan hilangnya cairan dan elektrolit, menurut Mayo Clinic.

Terus bergerak

Olahraga memberikan pelepasan alami endorfin yang membuat Anda merasa nyaman dan membantu peradangan yang disebabkan oleh prostaglandin, jelas Dr. Greves.

Jadi kenakan sepatu kets Anda dan jalan-jalan, lakukan yoga, atau angkat beban berat — apa pun yang cocok untuk Anda.

3 dari 4 halaman

Konsumsi Antiperadangan

Suplemen kunyit bisa dikonsumsi, tentunya setelah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda - atau obat pereda nyeri, seperti obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) dapat membantu meredakan nyeri. kram dan nyeri punggung bagian bawah, tambah Dr. Taraneh Shirazian, M.D., dokter kandungan bersertifikat di NYU Langone.

Pastikan untuk meminum obat bersama makanan untuk menghindari sakit perut dan, yang lebih buruk lagi, maag.

Setelah menstruasi Anda dimulai, ukur gejala Anda untuk mengetahui apakah perlu terus meminumnya. 

“Beberapa kompres hangat juga dapat membantu mengatasi sakit punggung,” tambahnya.

4 dari 4 halaman

Perbanyak Istirahat

Peningkatan kelelahan dan kesulitan tidur sering dikaitkan dengan fluktuasi progesteron dan penurunan kadar melatonin selama siklus menstruasi. Jika Anda menderita gejala flu menstruasi, penting untuk mendapatkan istirahat yang cukup untuk membantu meringankan gejala tersebut.

Kapan Harus Menemui Dokter?

Secara umum, "flu menstruasi" bukanlah sesuatu yang harus terlalu dikhawatirkan, terutama jika Anda memperhatikan pola bulanan dari gejala-gejalanya. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan melacak gejala dengan menggunakan aplikasi pelacak menstruasi atau bahkan jurnal, dan jika ada gejala baru yang muncul atau ada yang tidak beres, segera kosultasikan dengan dokter.

“Semua gejala ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Kalau bicara nyeri panggul, mual, dan muntah, bisa jadi itu adalah kista ovarium, penyakit radang panggul (PID), dan bahkan kehamilan, jadi tergantung pada gejala spesifiknya,” jelas Dr. Shirazian.

"Tetapi jika gejala Anda berkurang seiring dengan menstruasi atau jika gejala tersebut bersifat siklus, maka hal tersebut tidak terlalu mengkhawatirkan."

Namun, jika "flu menstruasi" memengaruhi kualitas hidup Anda (pikirkan: tinggal di rumah, tidak bekerja, memaksa Anda melewatkan aktivitas sosial), sama sekali tidak ada alasan untuk terus menderita penyakit tersebut. Bicaralah dengan dokter Anda tentang kemungkinan perubahan gaya hidup dan pilihan pencegahan seperti kontrasepsi hormonal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.