Sukses

Flu Menstruasi, Mitos atau Fakta?

Seperti PMS tradisional, flu menstruasi cenderung muncul setelah ovulasi dan sebelum menstruasi

Liputan6.com, Jakarta - Merasa pegal dan lesu sebelum menstruasi adalah hal yang wajar. Faktanya, lebih dari 90 persen wanita mengalami gejala sindrom pramenstruasi (PMS), menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Medicine. Namun bagi sebagian orang, kelelahan dan gejala PMS lainnya dapat mencapai intensitas yang mirip dengan flu setiap siklusnya.

Meskipun "flu menstruasi" bukan merupakan diagnosis medis resmi (dan tidak terkait dengan influenza, virusnya), banyak wanita yang mengalami menstruasi mengalami serangan gejala tipe malaise, termasuk kelelahan, nyeri tubuh, dan sakit kepala di pertengahan siklus menstruasi, kata Taraneh Shirazian, M.D., dokter kandungan bersertifikat di NYU Langone Health, dilansir Shape.

Dengan kata lain, seperti PMS tradisional, flu menstruasi cenderung muncul setelah ovulasi dan sebelum menstruasi. Namun, jumlah hari pasti sebelum menstruasi bervariasi dari orang ke orang. Dan gejala flu menstruasi biasanya mereda beberapa hari setelah menstruasi Anda dimulai, kata Christine Greves, M.D., dokter kandungan bersertifikat di Rumah Sakit Ibu dan Anak Winnie Palmer di Orlando, Florida.

Perbedaan Antara Flu Menstruasi dan PMS

Lalu apa sebenarnya perbedaan antara PMS dan flu menstruasi? Karena belum diteliti dengan baik, sulit untuk mengatakan bagaimana, jika memang ada, flu menstruasi berbeda dari PMS atau bahkan kondisi terkait menstruasi lainnya seperti gangguan dismorfik pramenstruasi (PMDD), kata Dr. Greves. Meskipun demikian, kedua ahli menggambarkannya sebagai bentuk PMS yang berlebihan (pikirkan: lebih intens, lebih mirip flu). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Penyebab Flu Menstruasi?

Anda mungkin dapat menebaknya: Hormon Anda kemungkinan besar menjadi penyebab perasaan buruk Anda secara keseluruhan.

Meskipun penyebab pasti dari flu menstruasi masih perlu penelitian lebih lanjut, penyebab yang paling mungkin adalah penurunan drastis kadar hormon selama fase luteal dari siklus menstruasi (alias waktu antara ovulasi dan ovulasi). menstruasi Anda), kata Dr. Shirazian.

Selama fase ovulasi (biasanya sekitar hari ke 14 siklus Anda), terjadi peningkatan dramatis dalam hormon luteinizing (LH), yang menyebabkan ovarium melepaskan sel telur. (Tepat sebelum ovulasi, kadar hormon estrogen juga berada pada titik tertinggi.) Kemudian tibalah fase luteal, saat sel telur bergerak melalui saluran tuba menuju rahim. Pada masa ini, kadar hormon progesteron meningkat untuk membantu mempersiapkan lapisan rahim menghadapi kehamilan. Jika Anda tidak hamil (yaitu sel telur tidak dibuahi), kadar estrogen, progesteron, dan LH Anda turun, dan Anda mulai melepaskan lapisan rahim saat menstruasi dimulai.

“Penurunan hormon LH dan progesteron menyebabkan beberapa wanita merasakan berbagai gejala,” kata Dr. Shirazian.

“Beberapa orang menggambarkan gejala-gejala ini sebagai diare dan mual karena ada hipermobilitas usus, lesu, kram, dan nyeri punggung bagian bawah. Saya menyebutnya malaise keseluruhan, yang merupakan perasaan umum orang-orang di sekitar flu, jadi masuk akal jika orang-orang sebut saja 'flu menstruasi.'"

Penelitian juga menunjukkan bahwa progesteron mungkin mempengaruhi neurotransmiter di otak, termasuk serotonin (yang berperan dalam suasana hati dan energi). Jadi pemikirannya adalah ketika progesteron berfluktuasi, maka kadar serotonin juga akan berfluktuasi, yang berpotensi menyebabkan, misalnya, peningkatan perasaan lelah yang menyertai flu menstruasi.

 

3 dari 4 halaman

Peningkatan Prostaglandin

Selain perubahan hormon ini, peningkatan kadar prostaglandin dapat menyebabkan beberapa wanita mengalami gejala PMS yang berlebihan, catat Dr. Greves. Prostaglandin merupakan zat mirip hormon dalam tubuh yang memicu otot rahim Anda berkontraksi sehingga rahim melepaskan lapisannya saat menstruasi.

Tingkat prostaglandin yang tinggi dikaitkan dengan kram yang lebih menyakitkan, dan juga dapat menyebabkan kram perut dan diare, menurut Mayo Clinic. Karena merupakan senyawa inflamasi, prostaglandin juga dapat meningkatkan peradangan di tubuh menjelang menstruasi, yang pada gilirannya dapat memicu gejala mirip flu, tambah Dr. Greves.

Namun setelah beberapa hari menstruasi, kadar prostaglandin menurun sehingga nyeri flu menstruasi Anda (seharusnya) mereda.

Apakah beberapa wanita lebih rentan terhadap flu menstruasi dibandingkan wanita lainnya?

“Tidak ada tipe pasien tertentu yang membuat Anda lebih rentan terhadap 'flu menstruasi', namun yang pasti, beberapa wanita lebih rentan merasakan gejala PMS selama menstruasi. Beberapa wanita memiliki kondisi yang mendasarinya, seperti endometriosis dan sindrom ovarium polikistik ( PCOS), dapat mengalami gejala PMS yang lebih jelas dibandingkan gejala lainnya, namun gejala tersebut tidak spesifik untuk 'flu menstruasi',” jelas Dr. Shirazian.

4 dari 4 halaman

Gejala Flu Menstruasi

Gejala flu menstruasi mirip dengan kondisi PMS dan meliputi:

  • Kelelahan
  • Mual
  • Diare
  • Sakit kepala
  • Nyeri sendi
  • Nyeri otot
  • Sakit punggung bagian bawah
  • Kram parah
  • Payudara yang lembut
  • Kembung

Namun, penting untuk dicatat bahwa gejala flu menstruasi yang umum terjadi tidak termasuk demam, sakit tenggorokan, dan hidung tersumbat – tanda-tanda yang menunjukkan Anda mungkin benar-benar menderita pilek atau virus flu. Jadi, jika Anda mengalami gejala-gejala ini, itu pertanda bahwa itu bukan sekadar PMS yang meningkat.

“Gejala saluran pernapasan bagian atas biasanya tidak menyertai menstruasi Anda. Jika Anda mengalami batuk, demam, nyeri dada, atau kesulitan bernapas, kecil kemungkinannya Anda terkena 'flu menstruasi',” kata Dr. Shirazian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.