Sukses

Krim Berbahan Nanas Ternyata Ampuh Atasi Luka Bakar dalam 4 Jam

Dokter mengatakan, dengan obat topikal baru – yang mengandung enzim yang disebut bromelain yang berasal dari batang nanas – pasien jauh lebih kecil kemungkinannya untuk memerlukan prosedur pembedahan akibat luka bar.

Liputan6.com, Jakarta - Krim obat baru berbahan nanas membawa perubahan bagi pasien luka bakar.

Di pusat luka bakar Stony Brook Medicine di New York, baru-baru ini dokter mulai menggunakan NexoBrid, yang tersedia secara komersial pada 20 September, untuk mengobati luka bakar yang dalam.

Menurut Dr. Adam Singer, dokter pengobatan darurat di Stony Brook, hal ini berbeda dengan bedah pencangkokan kulit yang telah menjadi pengobatan utama selama beberapa dekade terakhir,

“Sejak tahun 1970, standar perawatan untuk luka bakar dalam memerlukan ruang operasi dan ahli bedah untuk menghentikannya,” katanya kepada Fox News Digital.

Singer membandingkan perawatan bedah dengan mengiris keju - “di mana Anda memotong irisan jaringan yang terbakar secara berurutan sampai menjadi jaringan normal dan sehat yang mengeluarkan darah, lalu Anda meletakkan cangkok kulit di atasnya."

Dokter mengatakan, dengan obat topikal baru dari MediWound – yang mengandung enzim yang disebut bromelain yang berasal dari batang nanas – pasien jauh lebih kecil kemungkinannya untuk memerlukan prosedur pembedahan.

“Anda mengoleskannya pada luka bakar, dan dalam waktu empat jam, jaringan luka bakar akan larut,” kata Singer.

“Ini sangat selektif – jadi begitu ia mengenai jaringan normal yang tidak terbakar, ia akan berhenti larut.”

Dengan pencangkokan, jaringan sehat sering kali secara tidak sengaja tercabut bersamaan dengan jaringan yang terbakar, jelas Singer.

“Hal ini menunjukkan bahwa kita tidak pandai membedakan antara luka bakar tingkat tiga dan tingkat dua,” katanya, dilansir New York Post

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kurangi Jaringan Luka Bakar dalam 4 Jam

NexoBrid menghilangkan seluruh jaringan luka bakar dalam waktu empat jam — memungkinkan dokter melihat seberapa dalam luka bakar dan apakah pasien memerlukan cangkok kulit.

“Dalam banyak kasus selama uji coba, setelah kami mengoleskan krim, kami menemukan bahwa luka bakarnya tidak terlalu dalam, yang kemudian memungkinkan pasien untuk sembuh secara spontan tanpa memerlukan donor kulit,” kata Singer.

Krim ini juga memungkinkan dokter mendiagnosis kedalaman luka bakar lebih cepat.

Biasanya, mereka harus menunggu hingga seminggu untuk mengambil keputusan tersebut, sehingga meningkatkan risiko infeksi.

“Jika kita mengoleskan krim luka bakar tepat setelah luka terjadi, kita akan langsung tahu seberapa dalam luka tersebut,” kata Singer.

Dalam uji klinis, peneliti menemukan bahwa penggunaan krim mengurangi kejadian operasi dari 72% pasien menjadi hanya 4%.

“Ini pada dasarnya mengubah penyakit bedah menjadi penyakit medis yang diobati di tempat tidur dibandingkan di ruang operasi,” kata Singer.

Jumlah pendarahan juga jauh lebih sedikit dibandingkan saat pisau digunakan untuk mengangkat jaringan, karena ini merupakan pengobatan invasif minimal.

 

3 dari 4 halaman

Dapat Mengurangi Rawat Inap

Di Stony Brook, para dokter telah merawat banyak pasien dengan NexoBrid selama uji klinis, namun bulan ini menandai pertama kalinya mereka menggunakan obat tersebut pada pasien “biasa”, setelah obat tersebut tersedia secara komersial.

Pasien pertama, seorang pria New York berusia 53 tahun, terlibat dalam kecelakaan dengan lubang api yang menyebabkan luka bakar tingkat dua dan tiga di kakinya.

“Biasanya kami memerlukan waktu beberapa hari untuk melihat apa yang tetap sehat dan apa yang menyebabkan luka bakar lebih parah,” kata Dr. Steven Sandoval, ahli bedah luka bakar di Stony Brook Medicine, kepada Fox News Digital.

Namun dalam kasus ini, dokter menerapkan obat baru yang tersedia.

Empat jam setelah menggunakan NexoBrid, para dokter dapat melihat dengan tepat seberapa dalam lukanya.

“Gel nanas menggerogoti jaringan mati apa pun,” kata Sandoval. “Kami mampu mengurangi hari-hari rawat inap.”

Hanya dalam waktu dua minggu, pasien sudah pulih dengan cukup baik dan bisa dipulangkan.

Pasien kedua yang menerima NexoBrid terlibat dalam kebakaran akibat listrik, yang biasanya menimbulkan luka bakar yang lebih parah daripada cedera akibat api.

“Sekali lagi, dalam waktu empat jam, ia mengangkat jaringan mati dan membiarkan jaringan sehat berkembang,” kata Sandoval.

Kedua pasien mampu menghindari operasi.

 

4 dari 4 halaman

Bukan Hal Baru

Marc Siegel, profesor kedokteran klinis di NYU Langone Medical Center dan kontributor medis Fox News, menyatakan bahwa krim “debridement enzimatik” bukanlah hal baru.

“Mereka telah ada setidaknya sejak tahun 2008 dan telah digunakan secara luas, termasuk oleh [dokter] Israel, yang memiliki pengalaman luas dalam mengobati luka bakar dari korban pertempuran,” katanya kepada Fox News Digital.

“Krim khusus ini mungkin lebih efektif dibandingkan versi sebelumnya,” tambah Siegel, merujuk pada NexoBrid.

Namun, hal ini mungkin tidak mencegah perlunya pembedahan pada semua kasus.

“Ketika terdapat terlalu banyak jaringan mati di area penting, cangkok kulit menjadi diperlukan,” kata Siegel. “Krim ini tidak membangun kembali jaringan baru dan tidak mencegah perlunya pencangkokan kulit pada pasien dengan luka bakar paling parah.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini