Sukses

Lakukan 5 Tips Ini untuk Mengontrol Keinginan Makan Makanan Manis Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Bisa Dicoba, 5 Tips Mengatasi Keinginan Makan Makanan Manis saat Libur Natal dan Tahun Baru

Liputan6.com, Jakarta - Libur Nataru alias Natal dan Tahun Baru seringkali dijadikan kesempatan bagi mereka yang sedang diet untuk mengonsumsi makanan berkalori tinggi. Mulai dari permen, cokelat, hingga makanan besar yang kerap ada di hari spesial itu.

Menurut Senior Director Worlwide Nutrition Education and Training Herbalife, Susan Bowerman, tidak apa-apa mengonsumsi semua itu, selama tidak berlebihan.

Di sisi lain, juga harus tahu bahwa mengonsumsi makanan Natal berkalori tinggi dapat memengaruhi tingkat energi seseorang.

Susan, mengatakan, mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula dapat memengaruhi gula darah melonjak naik, dan turun dengan cepat. Akibatnya, keinginan menyantap lebih banyak kue, permen, dan lain-lainnya kian besar.

"Jadi, penting bagi Anda mengatur kebiasaan sehat selama musim libur akhir tahun guna membantu mengendalikan keinginan makan dan minum yang manis-manis secara berlebihan," katanya dalam keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Kamis, 21 Desember 2023.

Berikut tips yang bisa kamu lakukan biar lebih tenang dan mampu mengontrol keinginan mengongumsi camilan, makanan, atau minuman tinggi gula di libur akhir tahun.

Puaskan Keinginan Makan Makanan Manis dengan Buah

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat (CDC) merekomendasikan memilih buah segar atau sayuran daripada permen. Cobalah buah segar dengan yogurt yang mengandung tinggi protein, atau kacang dan buah kering.

"Buah berry juga merupakan pengganti gula yang baik, karena mereka manis, lezat, dan mudah dimakan. Mengisi perut dengan makanan bergizi ini sebelum menghadiri suatu acara juga dapat membantu menghindari konsumsi berlebihan seperti permen dan camilan mengandung banyak gula, lemak, dan kalori yang dapat menyebabkan penambahan berat badan," kata Susan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makan dengan Penuh Kesadaran

Susan berpesan agar makan dengan lambat dan sadar. Dijelaskannya, butuh setidaknya 20 menit bagi otak kamu untuk memberi tahu bahwa kamu sudah kenyang. Oleh sebab itu, luangkan waktu untuk memikirkan apa yang kamu makan.

Kemudian tanyakan pada diri sendiri 'Apakah saya lapar untuk permen ketiga ini atau apakah buah atau segelas air menjadi pilihan yang lebih baik?'.

"Mendengarkan apa yang diinginkan dan dibutuhkan tubuh kamu dapat membantu pilihan makanan apa yang terbaik waktu itu," ujar Susan.

Meluangkan Waktu untuk Berolahraga

Pagi dan sore hari adalah 'waktu lengah' dalam sehari kamu ketika mudah untuk menginginkan camilan tidak sehat untuk mendapatkan tambahan gula.

Alih-alih mengambil permen untuk dicamil, cobalah untuk mengalihkan perhatian kamu dengan pergi ke luar untuk udara segar yang menyegarkan dan sedikit kardio.

"Olahraga mengirimkan oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh dan membantu sistem kardiovaskular bekerja lebih efisien. Dan, kemungkinan besar, kamu akan melupakan semua keinginan gula itu," ujarnya.

 

 

3 dari 4 halaman

Pertahankan Pola Makan Sehari-Hari

Pertimbangkan pola harian yang biasa, dan kapan biasanya Anda makan makanan ringan. Jika makanan ringan di pagi hari bukan bagian dari rutinitas harian, seharusnya kamu tidak mencari permen pada pukul 10 pagi.

Pastikan makanan dan camilan kamu mengandung banyak protein yang dapat mengurangi rasa lapar, dan jangan biarkan diri menjadi dehidrasi.

Utamakan Tidur

Menghadiri banyak di Natal dan Tahun Baru seringkali membuat siapa saja kehilangan waktu tidur dan istirahat.

Menurut Susan, kehilangan tidur dapat membuat lebih sulit untuk mengatur gula darah, dan ketika kamu kurang tidur, mungkin cenderung makan lebih banyak dan lebih suka makanan tinggi lemak dan tinggi gula.

"Upayakan setidaknya tujuh jam setiap malam untuk melindungi diri dari makan secara tidak sadar," katanya.

 

4 dari 4 halaman

Jangan Jadikan Ini Kebiasaan

Beberapa potongan kue atau makanan manis saat liburan pada satu atau dua pesta bukanlah akhir dunia. Namun, jangan biarkan itu menjadi kebiasaan.

Mengonsumsi 100 kalori ekstra sehari di atas kebutuhan Anda dapat berarti penambahan berat badan sepuluh pon selama setahun. Tetaplah berada dalam kendali dan kamu akan memiliki musim liburan yang lebih bahagia dan sehat!

"Meskipun kelebihan makanan manis bisa menjadi tantangan bagi kebanyakan orang selama musim liburan, membekali diri dengan beberapa strategi pasti akan membantu kamu mempertahankan kendali dan mencegah penambahan berat badan," katanya.

"Selain itu, menerapkan strategi ini sepanjang tahun dapat mengarah pada hubungan yang lebih baik dengan gula dan kesehatan secara keseluruhan," ujar Susan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini