Sukses

Setop Makan Selepas Pukul 20.00, Studi Ungkap Waktu Ideal untuk Makan Malam

Makan terlambat menimbulkan risiko karena mencerna makanan di kemudian hari akan meningkatkan gula darah dan tekanan darah.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah studi dari Universitas Sorbonne di Paris, Prancis menemukan bahwa orang yang makan malam setelah jam 21.00 malam. berpotensi peningkatan risiko mengalami stroke atau stroke ringan.

Penelitian terhadap 100.000 orang, yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications ini dilakukan selama tujuh tahun. Masing-masing peserta mencatat waktu makan mereka pada hari kerja dan akhir pekan. Dari catatan tersebut, peneliti memantau risiko penyakit kardiovaskular pada peserta.

Selama tujuh tahun, sepertiga peserta makan malam sebelum pukul 20.00 malam. dan sepertiga lainnya setelah jam 21.00 malam. Dalam jangka waktu tersebut, 2.000 orang menderita komplikasi penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke.

Mereka yang makan setelah jam 21.00 malam. 28 persen lebih mungkin menderita stroke. Faktanya, untuk setiap jam setelah pukul 20.00 malam akan meningkatkan peluang terkena stroke atau serangan iskemik transien (TIA) meningkat 8 persen jika seseorang makan malam. TIA ini menyebabkan suplai darah ke otak terhenti sebentar.

TIA adalah periode beberapa menit di mana orang mengalami gejala yang mirip dengan stroke, namun tidak menyebabkan kerusakan permanen. Sekitar 1 dari 3 orang yang menderita TIA akan mengalami stroke total, menurut Mayo Clinic.

Makan terlambat menimbulkan risiko karena mencerna makanan di kemudian hari akan meningkatkan gula darah dan tekanan darah, jelas para peneliti.

Tekanan darah yang lebih tinggi pada malam hari berpotensi merusak pembuluh darah seiring berjalannya waktu dan meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke, dilansir New York Post.

Konon, orang yang makan malam setelah jam 21.00 malam. tidak melihat risiko jantung koroner yang sama dengan stroke. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perempuan Lebih Terpengaruh

Para peneliti menemukan bahwa perempuan lebih terpengaruh oleh jam makan malam yang terlambat dibandingkan laki-laki, dan 80 persen dari kelompok penelitian juga mencakup perempuan.

“Seperti kebanyakan orang, nenek saya sering memperingatkan saya untuk tidak makan malam terlalu larut, dan penelitian ini menunjukkan bahwa saran tersebut mungkin masuk akal,” kata Bernard Dour, penulis senior studi tersebut.

“Sekarang kita adalah masyarakat 24/7, di mana orang-orang merasa tidak punya cukup waktu, banyak dari kita yang sering makan larut malam,” tambah Dour.

“Tetapi orang yang makan malam terlambat karena merasa terlalu sibuk untuk melakukannya lebih awal dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan, meskipun hal ini lebih banyak terjadi pada wanita, dan kami memerlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi temuan ini.”

Di sisi lain, kesehatan pria tampaknya lebih terkait erat dengan aktivitas di pagi hari. Untuk setiap jam yang terlewatkan untuk sarapan pagi akan meningkatkan risiko kesehatan pada pria, khususnya risiko penyakit jantung koroner yang meningkat sebesar 11 persen. Sedangkan risiko penyakit jantung koroner pada semua jenis kelamin meningkat 6 persen untuk setiap jam yang terlewatkan tanpa sarapan. 

3 dari 4 halaman

Waktu yang Tepat untuk Makan Malam

Studi tersebut juga menemukan bahwa puasa semalaman memiliki manfaat kesehatan, terutama bagi mereka yang makan malam lebih awal. Untuk setiap jam perpanjangan berpuasa di malam hari, risiko terkena stroke atau TIA menurun sebesar 7 persen.

Jadi apakah ada waktu yang tepat untuk makan? Beberapa orang tampaknya berpikir demikian.

“Makan [makanan terakhir Anda] antara jam 17.00 sampai jam 19.00 malam. akan ideal,” Dr. Dana Cohen, spesialis pengobatan integratif dan salah satu penulis “Quench,” mengatakan kepada Prevention.

“Namun, semakin lama ia mendapat asupan makanan maka semakin sedikit makanan yang harus Anda konsumsi.”

Sebuah penelitian yang diterbitkan tahun lalu di Cell Metabolism mengetahui bahwa orang yang makan pada jam 17.00 sore. membakar lebih banyak kalori dibandingkan orang yang makan malam nanti.

 

4 dari 4 halaman

Makanan Berdampak pda Sirkadian Tubuh

Namun, tampaknya jeda waktu istirahat antara makan malam dan tidur merupakan faktor kuncinya. Menurut para ahli, apa yang dimakan orang juga sama pentingnya dengan waktu makan.

Kayla Kopp, ahli gizi terdaftar di Center for Human Nutrition Cleveland Clinic, mengatakan kepada Fortune bahwa orang yang rentan terhadap refluks asam atau mulas atau menderita diabetes tipe 2 mungkin ingin makan malam lebih awal. Sebagai aturan praktis, orang harus makan empat jam sebelum tidur dan tidak boleh lebih dari tiga atau empat jam dalam sehari tanpa makan.

“Jam tidak menentukan bagaimana tubuh kita memanfaatkan atau menyimpan makanan,” kata Kopp.

Dia mengatakan makanan berdampak pada ritme sirkadian tubuh dan tidur. Tidur yang optimal penting untuk kesehatan.

“Ritme sirkadian Anda memainkan peran besar dalam hal isyarat lapar,” jelas Kopp.

"Oleh karena itu, sebaiknya usahakan untuk mengonsumsi sarapan, makan siang, dan makan malam secara konsisten dan teratur setiap hari tanpa melewatkan waktu makan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini