Sukses

Olahraga Favorit Ungkap Kepribadian, Suka Lari dan Bersepeda Apa Iya Sosok Tertutup?

Berikut jenis-jenis olahraga yang bisa mengungkapkan kepribadian seseorang.

Liputan6.com, Jakarta - Olahraga sudah menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Banyak yang berusaha menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya dengan rutin berolahraga. Selain bermanfaat bagi kesehatan, olahraga juga dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Olahraga dapat mencerminkan aspek kepribadian seseorang karena seseorang cenderung terlibat dalam apa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka, kata Julia Kim, PhD, seorang psikolog klinis.

Berikut jenis-jenis olahraga yang bisa mengungkapkan kepribadian seseorang seperti dikutip dari The Healthy pada Rabu, (13/12/2023).

1. Lari

 "Orang yang suka lari itu ternyata ada sisi kompetitif," kata Julia.  

Para penyuka olahraga lari biasanya adalah orang-orang yang cukup santai namun cenderung tertutup. Orang-orang ini tidak suka berada di keramaian jika memang itu tidak diperlukan. Berlari di alam yang masih asri lebih menyenangkan baginya daripada di perkotaan.

Tracy Morgan, seorang psikoanalis yang berbasis di New York City juga melihat kecintaan seseorang pada lari sebagai tanda bahwa ia mungkin tidak mau bergantung pada siapa pun kecuali dirinya sendiri.

2. Bersepeda

Jika rutinitas latihan seseorang adalah bersepeda, Kim mengatakan, kemungkinan besar ia suka menghabiskan waktu berjam-jam untuk diri sendiri, dan dia memiliki motivasi yang dalam.

Seseorang dapat menerima risiko dalam jumlah sedang, dan ia cenderung fokus, spontanitas, suka bersaing, dan agresivitas.

Orang-orang ini sangat menyenangkan untuk dijadikan sebagai teman ngobrol. Selain itu, ia juga memiliki rasa peduli yang tinggi pada sekitarnya. Bersepeda bersama teman-teman baginya lebih menyenangkan daripada hanya seorang diri.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Mendaki

Tipe kepribadian yang menyukai luar ruangan cenderung kurang hubungan sosial yang melibatkan banyak orang, kata Kim.

Seseorang yang menyukai jenis olahraga luar ruangan ini juga cenderung disukai oleh orang-orang yang suka sosok yang bertanggung jawab, menurut Morgan.

3 dari 4 halaman

4. Renang

Menurut Morgan, perenang secara psikologis bebas konflik. "Mereka tahu bagaimana menyendiri dan bagaimana berada dalam kelompok. Kapasitas mereka untuk berbagi ruang patut dicontoh."

Kim setuju bahwa perenang bisa bersosialisasi. Orang yang mengejar olahraga seperti ini cenderung sangat kompetitif dan fokus.

Penyuka olahraga enak dikenal tidak suka menjadi pribadi yang terlalu kaku. Hal itu membuat ia mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. 

 

 

4 dari 4 halaman

5. Tenis dan Bulu Tangkis

Orang-orang yang suka dengan olahraga tenis atau bulu tangkis biasanya adalah sosok yang pemberani dan suka bersaing. Namun, ia juga memiliki kepribadian yang fleksibel dan mudah menyesuaikan diri dalam berbagai situasi maupun lingkungan sosial.

Orang-orang ini adalah pribadi yang menyenangkan dan punya semangat tinggi. Ia bisa bekerja secara pribadi maupun kelompok. Orang-orang ini juga dapat diandalkan dalam berbagai situasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini