Sukses

Meringkuk atau Tengkurap, Ini 5 Fakta Kepribadian di Balik Posisi Tidur

Orang yang tidur meringkuk cenderung cukup ramah, meskipun mereka terlihat pemalu saat pertama kali bertemu.

Liputan6.com, Jakarta - Posisi tidur dapat mengungkapkan aspek tersembunyi dari kepribadian seseorang. Beberapa ahli bahkan mengungkap posisi tidur dapat menggambarkan sifat-sifat unik mulai dari keramahan, tingkat sensitifitas, hingga rasa percaya diri seseorang.  

“Kebanyakan orang menghabiskan enam jam atau lebih setiap hari untuk tidur, jadi tentu saja posisinya menunjukkan banyak hal tentang diri mereka," ungkap seorang pengamat, David Greuner, MD, FACS, FICS dari NYC.

Lebih lanjut tentang ini, berikut lima posisi tidur yang mengungkap kepribadian dilansir dari Readers Digest pada Minggu, 19 November 2023.

1. Meingkuk Seperti Bayi

Banyak orang berpendapat, posisi miring dan meringkuk memberi mereka rasa aman saat tertidur. Tentu saja ini merupakan posisi paling umum seseorang ketika tidur.

“Mereka yang menyukai posisi meringkuk cenderung sensitif, namun mungkin menunjukkan sisi luar yang keras,” jelas pemimpin Sleep Assessment and Advisory Service, Chris Idzikowski, Ph.D.

Idzikowski pun menambahkan, orang yang tidur meringkuk cenderung cukup ramah, meskipun mereka terlihat pemalu saat pertama kali bertemu.

Konon perempuan dua kali lebih banyak menggunakan posisi ini dibandingkan laki-laki.

2. Tidur Miring Seperti Batang Kayu

Idzikowski menjelaskan, tidur seperti batang kayu adalah posisi dengan berbaring miring dan tangan di samping.

Posisi tidur seperti ini mencerminkan seseorang adalah pribadi yang santai, suka bersosialisasi, dan relatif percaya pada orang asing.

Mudah percaya dengan orang lain terutama untuk yang baru dikenal, membuat mereka yang posisi tidur seperti ini cenderung gampang tertipu. 

Bagi kalian yang tidur dengan posisi miring seperti batang kayu, ada baiknya lebih berhati-hati dalam mempercayai orang lain atau sesuatu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Tidur Miring Seperti Batang Kayu tapi dengan Lengan Lurus di Depan

Menurut Idzikowski, posisi tidur berbaring miring seperti batang kayu denga tangan berada di depan, seakan sedang menjangkau seseorang. Selain itu menurutnya menggambarkan kerinduan terhadap seseorang, lalu menunjukkan orang dengan posisi ini memiliki sifat terbuka.

Orang dengan posisi tidur ini merupakan sosok yang memikirkan sesuatu dengan matang, meski ini membuatnya seakan lamban dalam mengambil keputusan. Tapi, ini justru baik, karena mereka tidak akan mudah untuk ditipu.

Mereka juga merupakan orang yang cenderung konsisten dengan keputusan yang telah dibuat.

3 dari 4 halaman

4. Tidur Tengkurap

Tidur tengkurap tidak direkomendasikan untuk wanita hamil atau memiliki payudara yang sedikit besar. Ini juga tidak baik untuk yang pernah mengalami cedera leher dan punggung, atau memiliki kasur yang sangat empuk.

Selain itu, posisi tidur ini juga dapat membuat punggung melengkung. Ketika seseorang bangun tidur, ia akan merasakan sakit leher dan mengalami kejang otot serta nyeri kronis.

Menurut penelitian survei di Inggris, orang yang tidur dengan posisi tengkurap cenderung bekerja di bidang pertanian dengan usia antara 45 sampai 54 tahun. Selain itu, biasanya orang dengan posisi tidur ini merupakan peminum alkohol berat.

Namun Idzikowski, jika posisi tidur tengkurap dengan kepala menghadap ke samping, orang tersebut merupakan sosok yang cenderung suka berteman. Selain itu, mereka juga tidak suka dikritik dan sering melakukan apa pun untuk menghindari situasi ekstrem.

4 dari 4 halaman

5. Tidur Telentang

Masih menurut survei penelitian dari Inggris, orang yang tidur dengan posisi telentang cenderung bekerja di bidang transportasi dan logistik. Kemungkinan besar ketika bangun dengan perasaan segar.

"Saat tidur dengan posisi telentang, tenggorokan lebih sempit. Ini yang membuat seseorang bisa mendengkur lebih keras dan sering," jelas Anggota Dewan Penasihat SleepScore, Michael Breus, MD.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini