Sukses

Jerawat pada Wajah Tidak Kunjung Hilang, Jangan Sering Ganti Produk Perawatan

Cara mengatasi jerawat pada wajah yang tidak bisa hilang-hilang.

Direview oleh:
dr Ainni saat ini adalah dokter umum di Rumah Sakit Bakti Timah, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya mengganggu penampilan, jerawat pada wajah juga bisa membuat kamu merasa tidak percaya diri. Bahkan walau sudah ditutupi dengan penggunaan makeup, terkadang jerawat juga masih saja terlihat.

Anda mungkin merasa kesal lantaran mencoba segala cara untuk menghilangkan jerawat, tetapi masih saja muncul noda. Jangan putus asa, untuk mendapatkan kulit yang lebih bersih, Anda hanya perlu melakukan beberapa perubahan.

Tips dari dokter spesialis kulit, sebagaimana dikutip dari situs American Academy of Dermatology (AAD) Association pada 26 Oktober 2023, berikut ini dapat membantu Anda untuk memulainya:

1. Perawatan jerawat setidaknya 4 minggu untuk bekerja

Gunakan produk jerawat baru setiap beberapa hari mungkin tampak berguna, tetapi pendekatan itu dapat memperburuk jerawat. Perawatan jerawat membutuhkan waktu untuk bekerja.

Menggunakan produk yang berbeda setiap beberapa hari malah dapat mengiritasi kulit Anda, mengakibatkan munculnya jerawat baru.

Jika suatu perawatan berhasil untuk Anda, Anda akan melihat beberapa perbaikan dalam 4 hingga 6 minggu. Diperlukan waktu dua hingga tiga bulan atau lebih untuk melihat hasilnya.

Jika Anda melihat adanya perbaikan, teruslah menggunakan perawatan tersebut.

Bahkan ketika Anda melihat hasil yang lebih baik, Anda harus tetap menggunakan perawatan jerawat tersebut. Hal ini membantu mencegah timbulnya jerawat baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pilihan Produk Mengatasi Penyebab Jerawat

2. Atasi berbagai penyebab jerawat

Jika Anda tidak melihat perbaikan setelah 4 hingga 6 minggu, tambahkan produk jerawat kedua ke dalam rencana perawatan Anda.Pendekatan ini dapat membantu mengatasi berbagai penyebab jerawat. Bakteri, pori-pori yang tersumbat, minyak, dan peradangan dapat menyebabkan jerawat.

Perawatan kedua harus menyerang penyebab jerawat yang berbeda. Misalnya, jika Anda menggunakan perawatan jerawat yang mengandung benzoil peroksida, perawatan jerawat kedua harus mengandung bahan pelawan jerawat lainnya.

Untuk membantu Anda memilih produk lain, inilah cara kerja bahan aktif yang berbeda:

  • Benzoil peroksida mengurangi bakteri P. acnes
  • Retinoid, seperti gel adapalene, membuka pori-pori yang tersumbat dan mengurangi sifat  berminyak
  • Asam salisilat meredakan peradangan dan membuka pori-pori yang tersumbat

Cobalah 1 atau 2 produk pengobatan jerawat, dan beri mereka waktu untuk bekerja. Mencoba terlalu banyak produk dapat membuat kulit Anda stres hingga memperburuk jerawat. Salah satu contoh, kandungan salicylic acid yang terdapat di produk khusus jerawat ternyata tidak selalu bekerja pada semua jenis jerawat.

Jika jerawat Anda tidak kunjung hilang setelah memakainya, cobalah alternatif lain dengan fungsi serupa seperti retinol, sulfur, atau tea tree oil.

Kemungkinan lainnya, produk skincare tersebut tidak mengandung bahan aktif yang cukup, sehingga kulit Anda tidak menunjukkan reaksi apa pun selama pemakaian.

3. Ikuti petunjuknya

Meskipun menggunakan perawatan jerawat dapat terlihat sangat mudah, seberapa banyak Anda menggunakan dan seberapa sering menggunakannya dapat membuat perbedaan besar. Pastikan untuk mengikuti petunjuknya.Jika dokter kulit membuat rencana perawatan Anda, ikuti petunjuk dokter dan gunakan semua yang dokter kulit Anda sertakan dalam rencana perawatan.

3 dari 4 halaman

Waktu Tepat untuk Cuci Wajah

4. Cuci wajah Anda dua kali sehari dan setelah berkeringat

Kulit berjerawat adalah kulit yang sensitif. Mencuci wajah lebih dari dua kali sehari dapat mengiritasi kulit Anda, sehingga membuat jerawat semakin parah.

Untuk hasil terbaik, dokter kulit menyarankan untuk mencuci wajah saat Anda:

  • Bangun tidur
  • Siap untuk tidur
  • Wajah yang berkeringat

5. Berhentilah menggosok wajah Anda dan kulit berjerawat lainnya

Jika kulit Anda terasa berminyak, kotor, atau kotor, Anda mungkin tergoda untuk menggosoknya hingga bersih. Jangan! Menggosok dapat mengiritasi kulit yang berjerawat, yang dapat memperburuk jerawat.

6. Gunakan produk perawatan kulit dan kosmetik yang tidak menyebabkan jerawat

Produk-produk ini diberi label. Pada kemasannya, Anda mungkin melihat salah satu dari kalimat pada label, yakni:

  • Tidak akan menyumbat pori-pori
  • Non-komedogenik
  • Tidak menyebabkan jerawat
  • Bebas minyak

Sejumlah produk perawatan kulit ini mungkin masih menyebabkan jerawat pada beberapa orang, Anda mungkin perlu mencoba produk yang berbeda, sebelum menemukan produk yang tidak menyebabkan jerawat.

4 dari 4 halaman

Hindari Memencet Jerawat

7. Hindari menyentuh, memencet, dan memencet jerawat

Memencet jerawat mungkin terlihat seperti cara tercepat untuk menghilangkannya, tetapi hal ini justru dapat memperburuk keadaan. Setiap kali Anda menyentuh, memencet, atau memencet jerawat, Anda dapat memperburuk jerawat.

8. Oleskan obat jerawat pada seluruh kulit yang berjerawat, bukan hanya pada bagian yang berjerawat

Mengoleskan lapisan tipis pada kulit yang berjerawat dapat membantu mengobati jerawat yang sudah ada dan mencegah timbulnya jerawat baru.

9. Mintalah bantuan dokter kulit

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.