Sukses

Arti Warna Kemeja Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka yang Selalu Biru

Alasan Prabowo dan Gibran yang selalu kompak pakai kemeja warna biru

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka kembali memilih baju warna biru saat menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta pada Kamis pagi, 26 Oktober 2023.

Pagi tadi, Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka mendatangi RSPAD Gatot Soebroto dengan kemeja biru dongker.

Prabowo pilih lengan pendek dipadukan dengan celana hitam. Sementara, Gibran mengenakan kemeja biru dongker lengan panjang yang digulung dengan celana hitam. 

Kemarin, keduanya memakai baju kembaran warna biru langit atau biru muda.

Prabowo sempat menyebutkan ke awak media alasan memilih warna biru muda di hari mendaftarkan dirinya bersama Gibran ke KPU pada Rabu, 25 Oktober 2023.

"Sejuk, tenang, damai, gembira," kata Prabowo di Jalan Kertanegara Jakarta.

Makna Warna Biru

Warna biru dekat dengan keseharian manusia, seperti langit, kolam renang, dan lautan. Sehingga, orang-orang kerap mendeskripsikan warna biru identik memberikan ketenangan dan ketentraman. 

Sebuah survei pernah dilakukan di 10 negara, hasilnya menyebutkan bahwa biru menjadi warna favorit banyak orang. Meski lebih banyak pria menyukai warna ini ketimbang wanita. Sekitar 40 persen pria menyukai warna tersebut ketimbang wanita yang 20 persen.

Bila ditilik dari sisi psikologi warna, berikut beberapa pandangan soal biru mengutip Verywell Mind pada Kamis, 23 Oktober 2023.

Konservatif

Biru adalah warna favorit banyak orang, sehingga diasosiakan dengan warna yang tidak mengancam dan terkesan konservatif serta tradisional.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Warna Biru Menggambarkan Rileks dan Produktif

Warna biru mengingatkan pada perasaan tenang dan rileks. Hal ini diketahui dari penelitian Aseel Al-Ayash dan kawan-kawan dari Gulf University Bahrain pada 2015.

"Biru meningkatkan perasaan relaksasi dan ketenangan peserta dibandingkan dengan warna lainnya," tulis Aseel dalam studi yang ditilik laman onlinelibrary.wiley diakses pada Kamis, 26 Oktober 2023.

Produktif

Warna biru kerap menjadi warna dekorasi rumah lantaran riset menunjukkan orang cenderung lebih produktif dan kreatif ketika ruangan didesain dengan warna biru. Hal ini menurut studi yang dipublikasikan dalam Asian Journal Behaviour Study di 2018.

Faktor Budaya Pengaruhi Makna Terhadap Warna Biru

 

 

Seseorang bisa mengasosiasikan sebuah warna juga terkait dengan beberapa faktor. Salah satunya budaya.

Budaya memiliki peran dalam cara seseorang memandang suatu warna. Berikut pandangan orang di beberapa negara akan biru:

- India

Biru melambangkan kebenaran, belas kasih dan cinta.

- Amerika Latin

Biru melangkan dengan duka tapi juga dikaitkan dengan keyakinan dan ketenangan

3 dari 3 halaman

Makna Biru bagi Warga Amerika Utara

Biru itu menenangkan dan menandakan orang atau pekerjaan yang dijalani dapat dipercaya

- Inggris Raya

Biru melambangkan ketenangan, martabat, dan kesopanan.

- Eropa Barat

Negara-negara di Eropa Barat mengasosiasikan biru dengan warna yang lekat dengan kebenaran, ketenangan, keandalan, tanggung jawab dan kesetiaan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini