Sukses

Serupa tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Kimbab dengan Sushi

Sama-sama nasi digulung dengan isian. Apa perbedaan kimbap dan sushi?

Liputan6.com, Jakarta - - Penggemar sushi di luar sana mungkin sudah sering mendengar tentang kimbap atau gimbap makanan asal Korea. Nama gimbap secara harfiah berarti lembaran rumput laut (gim) dan nasi (bap). 

Kelihatannya kimbap sangat mirip dengan sushi tradisional Jepang ya, tetapi memiliki beberapa perbedaan utama.

Apa Perbedaan Sushi dan Kimbap?

Pada kimbap, nasi yang digunakan tak cuma putih tapi bisa juga coklat atau hitam. Lalu, dicampur dengan minyak wijen. Sementara itu, nasi pada sushi diberi cuka seperti mengutip dari Mashed, Senin (16/10/2023).

“Nasi kimbap dibumbui dengan minyak wijen dan lebih gurih, sedangkan nasi sushi berbahan dasar cuka," kata Eunjo Park, koki eksekutif di Momofuku Ssäm Bar mengutip laman Taste Cooking. 

Kimbap juga sebagian besar menggunakan bahan-bahan yang sudah dimasak untuk dimasukkan ke dalam gulungannya, seperti ham dan keju, tuna kaleng, bulgogi (daging sapi panggang yang diasinkan), dan kimchi.

Sementara, isian atau pelengkap sushi Jepang lebih menyukai ikan mentah meski ada juga yang sudah dimasak masuk ke dalam gulungan sushi.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Kimbap

Biasanya ada tiga jenis kimbap utama yang ditawarkan di menu restoran Korea, menurut NDTV Food:

  • Chungmu Kimbap, yaitu nasi gulung tipis yang hanya diisi nasi.
  • Mayak Kimbap, kimbap kecil berisi sayuran yang disajikan dengan mustard dan kecap.
  • Samgak Kimbap, kimbap berbentuk segitiga yang bentuknya mirip seperti onigiri Jepang. 

Selain jenis yang sudah disebutkan di atas, ada juga kimbap nude. Ini adalah kimbap dengan nasi di luar dan rumput laut di dalam. Lalu, ada kimbap Chamchi, yaitu sejenis salad tuna yang digulung di dalam nasi.

 

3 dari 4 halaman

Lebih Enak Kimbap atau Sushi?

Kimbap biasanya disajikan tanpa saus, semua bentuk kimbap gulung Korea cocok untuk dimakan secara cepat.

Jika seseorang  benar-benar tidak menyukai ikan, kemungkinan besar kimbap akan lebih cocok untuknya. Namun, sushi juga tidak selalu berisi ikan mentah banyak variasi sushi lainnya. 

Bagi yang sangat menyukai ikan, sushi asli Jepang yang biasanya hanya berisi ikan mentah bisa sangat dinikmati dengan baik.

 

4 dari 4 halaman

Mana yang Lebih Sehat?

Kimbap yang sehat tergantung jenis apa yang dikonsumsi. Lantaran ada kimbap dengan isian sayur atau hanya kimch. Ada juga kimbap dengan isian telur dan daging sapi. 

Namun, sulit merasa kenyang setelah hanya makan satu gulung kimbap daging sapi dan telur sehingga jika ada makanan lain di meja mungkin akan mudah untuk makan berlebihan. 

Jika di dalam kimbap terdiri dari nasi, sayur, dan protein hewani, itu termasuk ke dalam salah satu makanan seimbang. 

"Kimbap adalah makanan seimbang yang tidak hanya menawarkan karbohidrat kompleks tetapi juga sumber protein tanpa lemak, asam lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung (dari minyak wijen), dan sayuran,” kata ahli nutrisi bersertifikat Julie Upton.

Lalu, bagaimana dengan sushi?

Ahli nutrisi bersertifikat Abbie Gellman mengatakan bahwa sushi juga mengandung protein, lemak sehat, karbohidrat dan juga ada sayur sehingga termasuk dalam diet yang sehat

"Namun, seperti semua makanan lainnya perhatikan porsi ukuran," kata Abbie mengutip laman USA Today. 

Pada sushi, ikan yang digunakan biasanya salmon, tuna dan makarel. Ikan-ikan tersebut mengandung asam lemak omeg-3 yang baik untuk jantung juga otak seperti disampaikan ahli nutrisi Karen Collins.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini