Sukses

Mulai Musim Mangga, Kamu Wajib Tahu Manfaat Makan Buah Berdaging Kuning Ini

Pedagang buah mangga mulai banyak terlihat, ini berarti musim panen sudah datang. Simak, keunggulan nutrisi buah satu ini, termasuk kaya vitamin A dan C.

Liputan6.com, Jakarta - Musim mangga sudah tiba, dilihat dari banyaknya pedagang yang menjual buah berdaging kuning ini di pinggir jalan. Pada beberapa varian, daging buah ini terasa manis dan segar, sehingga membuat siapapun yang melihat ingin membelinya.

Mangga atau yang memiliki nama ilmiah Mangifera indica L, adalah buah tropis yang telah dinobatkan sebagai raja buah-buahan. Mangga memiliki rasa yang lezat, manis, dan harum, serta kaya akan nutrisi seperti vitamin A dan C.

Buah ini juga berpotensi memberikan manfaat kesehatan seperti menunjang kesehatan jantung dan mata. Terlebih lagi, mangga adalah buah yang serbaguna karena dapat digunakan saat sarapan, sebagai camilan, dan sebagai makanan penutup. Menurut Cynthia Sass, MPH, RD seorang ahli gizi dan ahli diet lulusan Syracuse University. 

Manfaat Mangga

Sama seperti buah lainnya, mangga juga memiliki beberapa manfaat kesehatan yang tidak terduga, lho! Simak beberapa manfaat buah mangga berikut ini dilansir dari laman Health pada Kamis , 12 Oktober 2023.

1. Melindungi dari Beberapa Penyakit

Buah ini mengandung banyak polifenol, yang dapat ditemukan di kulit, daging, dan inti biji buahnya. "Senyawa tanaman ini memiliki aktivitas antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan DNA yang dapat menyebabkan penyakit degeneratif, termasuk diabetes tipe 2 dan kanker," tulis Cynthia

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Makan mangga baik untuk jantung dalam hal mengatur kolesterol yang ada dalam darah. Cynthia menuturkan, mangga mengandung polifenol spesifik yang disebut mangiferin, yang dapat ditemukan pada tumbuhan dan obat-obatan alami. Mengonsumsi mangiferin telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung melalui penurunan kadar lipid dan peradangan.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mangga adalah sumber karotenoid yang baik. Karotenoid adalah sekelompok senyawa yang memberi warna pada buah kuning. Salah satu manfaat mengonsumsi makanan yang mengandung karotenoid adalah meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Senyawa tersebut juga memiliki sifat antioksidan.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Mangga mengandung vitamin C tingkat tinggi. Nutrisi ini diperlukan untuk memproduksi kolagen, sejenis jaringan yang memberikan elastisitas kulit dan membantu mencegah kerutan dan kendur.

5. Cegah Sembelit

Kaya serat, buah satu ini juga salah satu makanan yang membantu pencernaan lebih lancar. Termasuk, makan mangga bisa mencegah sembelit. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6. Mendukung Kesehatan Mata

"Selain mengandung antioksidan vitamin C, mangga juga mengandung beta karoten antioksidan lain yang membantu meningkatkan kesehatan mata,"

Selain itu, antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang merupakan karotenoid yang ditemukan dalam mangga, membantu mata dalam beberapa cara diantaranya meliputi:

  • Meningkatkan jangkauan visual
  • Mengurangi ketidaknyamanan akibat silau
  • Tingkatkan kontras visual
  • Mengurangi waktu yang dibutuhkan mata untuk pulih dari tekanan cahaya terang 

 

3 dari 4 halaman

Nutrisi Mangga

Sepiring potongan mangga mengandung kandungan sebagai berikut:

  • Kalori: 99 kalori
  • Lemak: <1 gram
  • Natrium: 1,65 miligram
  • Karbohidrat: 24,8 gram
  • Serat: 2,64 gram
  • Protein: 1,35 gram
  • Vitamin A: 1.780 unit internasional (IU)
  • Vitamin C: 60,1 miligram
  • Folat: 71 mikrogram

 

4 dari 4 halaman

Nutrisi Mangga

Beberapa nutrisi penting yang dimiliki mangga adalah vitamin A dan C serta folat. Vitamin A sangat penting untuk mengembangkan dan memelihara berbagai jenis jaringan (misalnya jaringan epitel seperti kulit dan rambut) dan organ lainnya.

"Selain sebagai antioksidan dan membantu produksi kolagen, vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi. Folat adalah vitamin B. Tubuh perlu membuat materi genetik seperti DNA dan pembelahan sel," jelas Cynthia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.