Sukses

Pesan Menteri Bintang Puspayoga di Festival Mooncake atau Kue Bulan untuk Para Perempuan

Menteri PPPA Bintang Puspayoga memberikan pesan di Festival Mooncake atau Kue Bulan 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga membuka Festival Mooncake, yang digelar oleh Perempuan Perhimpunan Tionghoa Indonesia (PINTI) dari Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) di Old Shanghai Sedayu City, Kelapa Gading, Jakarta Timur.

Dalam sambutannya, Bintang Puspayoga mengapresiasi PINTI atas terselenggaranya Festival Kue Bulan 2023. Ia juga menyampaikan bahwa peran perempuan sangat penting dalam melestarikan budaya.

"Festival Mooncake yang sarat nuansa budaya ini mengingatkan kita semua bahwa kebudayaan sesungguhnya adalah produk dari keuletan dan kerja keras perempuan," ujarnya pada Jumat, 29 September 2023.

"Oleh karenanya, festival semacam ini sangatlah penting untuk melibatkan perempuan baik itu pada proses perencanaan, pelaksanaan, dan mengawal jalannya festival ini."

Pererat Silaturahmi dan Pertahankan Etnis Budaya

Menurut Bintang, Festival Mooncake dapat mempererat silaturahmi serta mempertahankan etnis dan budaya. Apalagi Indonesia memiliki multi etnis dan budaya yang harus dipertahankan kebhinekaannya.

"Apresiasi setinggi-tingginya saya sampaikan kepada Perhimpunan Perempuan Indonesia Tionghoa, atas terselenggaranya kegiatan Festival Mooncake 2023," ucapnya.

"Ini sebagai salah satu upaya Perempuan Perhimpunan Indonesia Tionghoa dalam melestarikan dan mempromosikan warisan budaya turun temurun dalam tradisi Tionghoa."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menjadi Kegembiraan Bersama

Menteri PPPA Bintang Puspayoga berharap Festival Mooncake ini terus dilestarikan dan dapat menjadi kegembiraan bersama.

“Semoga pelaksanaan Festival Mooncake hari ini dapat menjadi kegembiraan bersama, dan harus dirasakan manfaatnya bersama-sama," harapnya.

"Adanya peran penuh perempuan, saya yakin bahwa festival ini akan berkembang mampu semakin menguatkan rasa persaudaraan, kekompakan, kerja sama dan gotong royong."

3 dari 3 halaman

Kontribusi Jaga Berbagai Etnis

Sementara itu, Asisten Pemerintahan Sekko Administrasi Jakarta Timur, Eka Darmawan juga mengapresiasi event tahunan Festival Mooncake sebagai tradisi masyarakat Tionghoa di Jakarta.

“Jakarta adalah rumah dari berbagai etis, agama dan budaya. Saya menyampaikan apresiasi dan juga terima kasih kepada seluruh warga Jakarta, khususnya Jakarta Timur yang sudah berkontribusi dalam menjaga berbagai etnis, keberagaman ini membuat Jakarta menjadi kota yang dinamis dan unik,” katanya.

Ada Bazar Kuliner sampai Talkshow Kebudayaan Tionghoa

Festival Mooncake 2023 akan berlangsung 29 September - 1 Oktober. Dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, antara lain bazar kuliner, pertunjukan seni dan budaya Tionghoa, serta talkshow tentang kebudayaan Tionghoa.

Festival ini dihadiri oleh ratusan orang, termasuk perwakilan dari pemerintah, organisasi masyarakat, dan masyarakat umum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.