Sukses

Bersendawa Berlebihan Tanda Masuk Angin? Ini Penyebab Sebenarnya

Bersendawa secara berlebihan mungkin disebabkan oleh kebiasaan makan, pilihan makanan, atau kondisi pencernaan seperti IBS

Direview oleh:
dr Ainni saat ini adalah dokter umum di Rumah Sakit Bakti Timah, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Jakarta - - Bersendawa adalah bagian dari proses pencernaan, bersendawa berlebihan mungkin disebabkan oleh kebiasaan makan, pilihan makanan, atau kondisi pencernaan seperti IBS.

Apa itu bersendawa?

Saat seseorang bersendawa, itu adalah cara gas keluar dari saluran pencernaan dari perutnya melalui mulut. Dilansir dari Health pada Sabtu. 30 September 2023.

Ada dua jenis sendawa:

  • Lambung: Bersendawa sebagai reaksi tubuh mengeluarkan udara dari perut. Jenis bersendawa ini membuat perut tidak kenyang karena terlalu banyak udara yang tertelan.
  • Supragastrik: Bersendawa setelah menghisap atau menelan udara untuk mengeluarkannya. Seseorang mungkin secara tidak sengaja dan terbiasa melakukan sendawa jenis ini sebagai respons terhadap perasaan tidak enak di perut, di belakang tulang dada, atau keduanya.

Selain bersendawa, indikasi adanya gas pada sistem pencernaan antara lain:

  • Kembung: Perut terasa penuh atau bengkak
  • Distensi: Kembung yang menyebabkan perut membesar
  • Perut kembung, atau kentut: Gas yang keluar dari saluran pencernaan melalui anus

Apa yang Dianggap Bersendawa Berlebihan?

Bersendawa adalah hal yang normal; hal ini bisa terjadi hampir 30 kali sehari. Terkadang, bersendawa bisa mengganggu dan dapat membuat malu jika seseorang bersendawa lebih dari itu dalam sehari. 

Bersendawa dapat dianggap berlebihan jika:

  • Mempengaruhi kualitas hidup seseorang
  • Terjadi secara berulang-ulang
  • Mengganggu aktivitas sehari-hari masyarakat

Alasan Seseorang Sendawa Secara Berlebihan

1. Refluks Asam

Jika bersendawa terjadi bersamaan dengan mulas, refluks asam mungkin penyebabnya. Refluks terjadi ketika isi lambung kembali naik ke kerongkongan.

2. Minuman Bergelembung

Jika seseorang meminum minuman berkarbonasi seperti soda, seltzer, dan bir, ia mungkin bersendawa hanya karena minuman bersoda tersebut. 

Gelembung pada minuman tersebut dapat meningkatkan udara di perut.

3. Sayuran Tertentu

Beberapa sayuran bisa menghasilkan gas saat pencernaan dan bisa membuat banyak bersendawa, seperti asparagus, brokoli, kubis, wortel, kembang kol, seledri, sawi, timun, kubis, daun bawang, lobak dan kentang.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Asupan Udara Menyebabkan Sendawa Berlebihan

4. Asupan Udara Berlebih

Seseorang mungkin menelan udara berlebih sehingga menyebabkan seseorang banyak bersendawa. Istilah medis untuk kembung dan sendawa jenis ini adalah aerophagia. Beberapa alasan seseorang mungkin menelan udara adalah karena mengunyah permen karet atau merokok.

5. Makan Cepat

Menelan udara saat makan dan bersendawa adalah hal yang normal. Lebih banyak bersendawa bisa terjadi jika seseorang menelan lebih banyak udara dari biasanya. Makan terlalu cepat, atau makan dan berbicara secara bersamaan, juga dapat meningkatkan jumlah udara yang ditelan.

6. Radang perut

Bersendawa juga bisa menjadi gejala maag, yaitu peradangan pada lapisan lambung.

 

3 dari 4 halaman

Waspada Sindrom Iritasi Usus Besar

 7. Sindrom Iritasi Usus Besar

Jika seseorang bersendawa bersamaan dengan gejala GI lainnya seperti kembung, sakit perut, sembelit, diare, atau kombinasi dari gejala tersebut, bisa jadi itu adalah sindrom iritasi usus besar (IBS). 

Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa bersendawa berulang kali merupakan gejala umum dari kondisi ini.

8. Makan Besar

Ada kemungkinan makan banyak sekaligus bisa menyebabkan bersendawa berlebihan. Makan dalam porsi besar dapat berkontribusi terhadap gas di saluran pencernaan.

9. Sindrom Ruminasi

Seseorang bisa menderita sindrom ruminasi jika bersendawa dan memuntahkan makanan yang tidak tercerna ke dalam mulut. 

Hal ini dianggap sebagai kebiasaan tidak disadari yang melibatkan kontraksi otot di sekitar perut.

 

4 dari 4 halaman

Cara Berhenti Bersendawa

10. Pertumbuhan Berlebihan Bakteri Usus Kecil

Penyebab potensial lain dari bersendawa berlebihan adalah pertumbuhan bakteri usus kecil yang berlebihan (SIBO). Kondisi ini disebabkan oleh jumlah bakteri yang tidak biasa di usus kecil dan gejala saluran cerna, termasuk gejala yang berhubungan dengan gas seperti bersendawa, kembung, dan perut kembung.

Cara Berhenti Bersendawa

Ketika bersendawa menjadi terlalu sulit untuk ditangani, ada cara untuk mengobatinya. Metode untuk membantu menghentikan atau mengurangi episode bersendawa berlebihan mungkin termasuk obat-obatan, terapi, atau perubahan gaya hidup yang berhubungan dengan makan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini