Sukses

Susul Jin dan J-Hope, Agensi Umumkan Tanggal Wamil Suga BTS

Suga BTS akan memulai wajib militer pada tanggal 22 September.

Liputan6.com, Jakarta - Suga BTS bakal memulai wajib militer (wamil) dalam hitungan hari. Agensi yang menanungi Suga yakni BIGHIT MUSIC mengumumkan bahwa Suga akan memulai wajib militer (wamil) pada tanggal 22 September mendatang. 

Ini artinya, Suga bakal menyusul Jin yang merupakan member BTS pertama yang masuk wamil pada akhir 2022. Disusul J-Hope yang memulai wamil pada 18 April 2023.

Menurut hukum di Korea Selatan, wajib militer adalah suatu kegiatan yang wajib dilakukan oleh pria yang  berusia 18 tahun ke atas. Wajib militer dilakukan selama dua tahun sesuai dengan Undang-Undang Dinas Militer Tahun 2020. 

Berikut adalah pernyataan lengkap dari agensi: 

"Halo, ini adalah BIGHIT MUSIC.

Terima kasih atas dukungan yang berkelanjutan untuk BTS. Kami memiliki informasi lebih lanjut mengenai wajib militer Suga. 

Suga akan memulai wajib militernya pada 22 September.

Tidak akan ada acara resmi apa pun yang diadakan pada hari dia memulai dinasnya atau pada hari dia memasuki kamp pelatihan. 

Kami dengan hormat meminta para penggemar untuk tidak mengunjungi Suga di tempat kerjanya selama masa wajib militernya.  

Mohon sampaikan salam hangat dan dukungan dalam hati saja.

Selain itu, harap berhati-hati untuk menghindari dampak buruk dari tur yang tidak sah atau produk paket yang menggunakan kekayaan intelektual artis secara ilegal. 

Perusahaan kami akan mengambil tindakan yang sesuai terhadap upaya aktivitas komersial apa pun yang menggunakan kekayaan intelektual artis secara tidak sah.

Kami meminta cinta dan dukungan kalian yang berkelanjutan untuk Suga hingga dia menyelesaikan pengabdiannya dan kembali. Perusahaan kami juga akan berusaha memberikan semua dukungan yang dia butuhkan selama ini.

Terima kasih."

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Suga Anggota Ketiga BTS yang Ikut Wamil

Suga menjadi anggota ketiga BTS yang memenuhi wajib militernya, setelah rekan satu grupnya Jin dan J-Hope.

Anggota pertama yaitu Jin memulai wajib militernya sejak 13 Desember 2022. Sedangkan J-Hope baru menjalani wamil sejak 18 April 2023. 

Sebelumnya dikabarkan bahwa BTS mendapatkan 'hak istimewa' untuk tidak mengikuti wajib militer dikarenakan telah mengharumkan nama bangsa ke kancah Internasional.

Pernyataan tersebut sempat menimbulkan kontroversi. Namun agensi mengungkapkan bahwa anggota BTS tetap melakukan kewajiban wajib militernya. 

 

 

3 dari 4 halaman

Tentang Suga

Min Yoongi atau yang akrab dikenal sebagai Suga, adalah seorang rapper, penulis lagu, dan produser musik dibawah naungan Bighit Entertainment yang sekarang sudah berganti sebagai BIGHIT MUSIC atau HYBE LABELS. 

Suga memulai debutnya sebagai rapper utama di grup BTS pada tahun 2013. 

Ia lahir di Daegu, Korea Selatan pada tahun 1993. Suga memulai awal yang sederhana sebagai seorang rapper yang tidak berpengalaman dengan nama panggung Gloss. 

Akhirnya, selain nge-rap, Suga juga mulai memproduksi musik pada usia 13 tahun. Pada tahun 2016 ia merilis mixtape solo pertamanya, "Agust D," dengan nama Agust D.

 

4 dari 4 halaman

Proyek Solo Suga

Sejauh ini, Suga telah menghasilkan dua mixtape solo. 

Mixtape pertama adalah "Agust D" yang dirilis pada 16 Agustus 2016. Kedua, yakni D-2, dirilis 22 Mei 2020.

Pria berusia 30 tahun ini juga cukup produktif menghasilkan single sendiri atau kolaborasi dengan musisi lainnya.

Di platform Spotify, Suga memiliki dua profil. Profil pertama dengan nama panggungnya yang lain, Agust D, memuat mixtape tersebut. Di bagian ini juga lebih banyak lagu nuansa rap. Setidaknya, ada 5 lagu teratas yang mendapat streaming terbanyak.

Pada tanggal 26 April 2023, Suga memulai tur dunia D-DAY dengan nama Agust D. Tur tersebut berakhir pada 6 Agustus 2023.

Suga juga sempat menyambangi Indonesia, bahkan Suga konser selama 3 hari pada tanggal 26-28 Mei 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini