Sukses

Viral Ibu Diduga Baby Blues Nyaris Buang Bayi ke Rel, Erick Thohir Apresiasi Satpam KAI dalam Menenangkannya

Erick Thohir soal kasus ibu yang nyaris buang bayi ke rel akibat alami baby blues

Liputan6.com, Jakarta - Viral sebuah video soal kesigapan satpam KAI dalam menenangkan seorang ibu yang diduga mengalami baby blues nyaris buang bayinya di rel kereta.

Video berdurasi 22 detik pertama kali diunggah oleh akun TikTok @akaross_ pada Senin 4 September 2023.

Video TikTok 'ibu nyaris buang bayi di Stasiun Pasar Minggu' kemudian diunggah ulang akun Twitter @zoelfick dan viral hingga Selasa pagi 5 September 2023.

Satpam Menenangkan Ibu yang Diduga Baby Blues

Dari video yang viral, sesudah mengamankan sang ibu dan berhasil menyelamatkan bayinya, tampak satu orang satpam berperawakan tinggi dan kurus langsung menenangkan ibu tersebut.

Namun, wanita yang mengenakan daster kuning dan jilbab panjang berwarna biru sempat mengamuk dan seolah menolak dibantu.

"Biarin, Bapak," kata sang ibu mengutip unggahan video TikTok @akaross_.

"Kok, biarin, ibu? Kenapa ibu, kenapa? Kan bisa diomongin baik-baik," jawab petugas keamanan tersebut.

Sementara satpam satunya lagi menggendong bayi yang nyaris dibuang oleh ibunya.

Erick Thohir Apresiasi Satpam KAI

Tidak lama setelah akun @zoelfick memviralkan video tersebut, Menteri BUMN RI, Erick Thohir, mengunggah video yang sama di akun Instagram pribadinya, @erickthohir.

Dalam keterangan yang ditulisnya, Erick Thohir mengapresiasi kesigapan satpam KAI dalam membantu menenangkan ibu diduga mengalami baby blues yang berniat membuang bayinya.

"Apresiasi untuk para petugas keamanan KAI yang sigap menenangkan sang ibu. Semoga situasi semakin membaik untuk ibu dan bayi," katanya dikutip Health Liputan6.com pada Selasa pagi.

"Mari kita bangun kesadaran tentang pentingnya kesehatan mental, baik bagi diri sendiri maupun orang lain di sekitar kita. Saling rangkul dan jaga, tanpa rasa menghakimi," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ibu Diduga Alami Baby Blues Disebut Ditemani Suaminya

Usai mengunggah video soal ibu yang nyaris buang bayi ke rel diduga akibat mengalami baby blues, akun @zoelfick memberikan keterangan lanjutan mengenai kejadian tersebut. 

"Seorang ibu diduga ngalamin baby blues syndrome nyaris membuang bayinya di Stasiun Ps. Minggu. Syukurlah petugas keamanan sigap menggagalkan rencana sang ibu. Respek untuk kesigapan petugas," tulisnya.

Zulfikar mengungkapkan bahwa sang ibu sebenarnya ditemani oleh suaminya. Namun, pada saat kejadian, suaminya tengah membeli minuman.

"Saat kejadian, suaminya sebenarnya menemani ibu tersebut. Hanya saja saat itu kebetulan sang suami sedang membeli minuman. Saat sedang sendiri itulah ibu tersebut menunjukkan gelagat menjurus ke upaya mencelakakan diri sendiri," kata Zulfikar.

Menurut Zulfikar dalam cuitan selanjutnya pada video yang sama, ibu yang hendak membuang bayinya ini mengakui punya niat ingin melompat ke rel kereta api.

"Ibu tersebut pun mengakui kepada petugas punya niat melompat ke rel," ujar Zulfikar.

3 dari 3 halaman

Komentar Warganet Soal Peristiwa Ibu Diduga Baby Blues Nyaris Buang Bayi

Warganet turut memberikan komentar. Kebanyakan dari mereka justru mengomentari sikap penumpang wanita yang mengenakan baju merah, yang terdengar seperti tak mengerti kondisi ibu yang mengalami baby blues tersebut.

"Ibu, ibu kenapa bu? Ibu enggak boleh gitu, bu. Dosa, bu," kata penumpang berbaju merah yang berada di tempat kejadian bersama petugas.

"Tolong itu yang baju merah diem dulu. Daripada gerung gerung nunjuk-nunjuk si ibu dan ngomong ini itu, better peluk. Plis peluk si ibu bayi. Kita enggak tahu dia sedang mengalami apa, plis sebelum menghakimi berusaha empati dan enggak judgemental," tulis seorang warganet melihat tindakan penumpang berbaju merah.

Komentar serupa juga terjadi di unggahan Erick Thohir.

"Buset ibu baju merah bukannya bantuin petugas buat nenangin si ibu baju kuning atau sesama wanita seenggaknya kasih pelukan dan tanya masalahnya apa, malah nge-judge mental sampai ngatain 'Ibu percuma pake jilbab'. Bukannya woman support woman tapi malah ngatain dan lebih respect ke bapak-bapak petugas keamanan yang sigap buat pegangin, ibu baju merah butuh edukasi soal baby blues," tulis warganet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini